Stop! Lakukan Kebiasaan Ini Pada Wajahmu

Stop! Lakukan Kebiasaan Ini Pada Wajahmu
Stop! Lakukan Kebiasaan Ini Pada Wajahmu

Kalau wajah bisa bicara, dia pasti melarang kamu melakukan ini. Karena bisa merusak wajah. Don't dare to do it!?

Bagi perempuan, wajah menjadi ‘aset’ terpenting dalam hidupnya. Karena dengan memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih dari segala masalah bisa membuat kita lebih percaya diri untuk tampil di depan banyak orang, salah satunya gebetan. Sementara itu, kita semua pernah bersalah lupa untuk mencuci wajah sebelum tidur, tapi hal ini tidak akan menyebabkan kulitmu langsung rusak. Tidak hanya itu saja, mungkin banyak kesalahan yang sering kita perbuat kepada wajah kita. Maka dari itu, mulailah untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk kepada wajahmu! Berikut beberapa hal lain yang tidak boleh kamu lakukan pada wajah, bagaimanapun keadaan kulitmu.    

                                                                                                                

  • Memecahkan jerawat sendiri

img

This is a very bad idea. Satu: kulit jauh lebih mungkin untuk mendapat bekas luka setelah muncul jerawat, dan bekas luka sulit sekali memudar. Dua: jari-jari kita adalah sarang banyak bakteri, dan jerawat adalah infeksi lokal. Hasilnya: jerawat akan muncul kembali, dan tak hanya satu. Jadi ketika dorongan untuk bermain dengan jerawat muncul, tahan tanganmu. Jika masalah jerawatmu tak kunjung selesai, pergilah ke dermatologis atau dokter kulit.

  • Mencoba untuk memecah jerawat batu

img

Jerawat batu atau cystic acne memiliki kelasnya sendiri. Dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK, MHA, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, mengatakan bahwa jerawat batu adalah jerawat yang sudah sangat parah terinfeksi, jauh di lapisan kulit bawah, jadi mereka tak akan matang seperti jerawat biasa. Juga, jerawat batu menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, sehingga mencoba untuk memecahkannya hanya memperburuk masalah.

  • Terlalu sering exfoliating atau peeling wajah

img

Exfoliating membuat pori-pori terbuka dan kulit tampak segar, tapi terlalu sering melakukan facial wajah dapat menyebabkan iritasi yang tidak perlu. Kulit akan kehilangan lapisan pelindungnya, dan tanpa lapisan tersebut, kulit dapat terkena racun dari lingkungan sekitar, dan kerusakan akibat sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini.

  • Tidur dengan makeup

img

Celebrities might do that, but it’s still a bad idea. Tidur dengan makeup secara teratur dapat mengakibatkan jerawat, kulit kering, dan iritasi mata.

  • Tidak cukup tidur