6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Wajah

6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Wajah
ISTOCK

Bersembunyi di balik payung tidak berarti wajah terlindungi sinar matahari. Ayo tinggalkan kebiasaan buruk, meskipun sepele.

WOOP.ID - Apakah suka memakai masker? Malah bisa jadi kamu sedang memakainya saat sedang membaca artikel ini. Berapa kali kamu melaksanakan rutinitas perawatan ini?

Menurut sebuah artikel di Oprah.com, terlalu sering melakukannya ternyata bisa merusak wajah! Yep, tidak hanya itu, ada hal-hal "terlalu" lainnya yang alih-alih membuat wajah mulus, malah membuatnya hancur.

Kebiasaan Sepele yang Harus Dihindari Demi Kulit Sehat

1. Membalas Pesan di Luar Ruangan

Hindari cahaya matahari
Hindari cahaya matahari

Sebuah studi menemukan bahwa sinar UV pada layar termasuk ponsel, iPad, Kindle dan laptop bisa langsung berefleksi ke wajah. Terlalu sering bisa berkontribusi pada bercak-bercak hitam dan keriput.

Baca: Kulit Wajah Kering? Jangan Sembarangan Pilih Skincare

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan kulit, ada baiknya membalas pesan atau email saat sudah di luar ruangan. 

2. Makeup Terlalu Banyak dan Tebal

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Rachel Nazarian, MD, seorang dermatolog, mengatakan kepada Oprah.com bahwa kulit merupakan sebuah organ dan membutuhkan interaksi dengan lingkungan luar untuk berfungsi dengan baik.

Nah, makeup terlalu tebal akan mengganggu siklus normal sel-sel kulit dan memperlambat kemampuan memperbaharui diri.

Menurutnya definisi terlalu tebal adalah ketika kita tidak bisa lagi melihat kulit saat memakai berbagai produk. Disarankan untuk mencuci wajah setiap malam untuk menjaga siklus kulit. 

3. Terlalu Sering Eksfoliasi

Manfaat Sabun Pepaya - Eksfoliasi
 Eksfoliasi

Terlalu sering eksfoliasi, kulit akan memproduksi protein berlebihan yang bisa mengakibatkan pori-pori tersumbat dan kusam.

Baca: Kebiasaan Pagi yang Merusak Kulit Wajahmu