Tren Kecantikan Baru: Lendir Siput yang Bisa Melawan Penuaan

Tren Kecantikan Baru: Lendir Siput yang Bisa Melawan Penuaan
ISTOCK
Tren Kecantikan Baru: Lendir Siput yang Bisa Melawan Penuaan

Jangan takut dan jijik dulu, karena ternyata lendir siput bisa membuatmu awet muda! Penasaran seperti apa?

Tidak hanya tren fashion saja yang terus berubah, tapi tren kecantikan juga mengikutinya. Beberapa tahun belakangan ini, Korea Selatan menjadi kiblat dari tren kecantikan dunia. Sebut saja tren dewy skin, glass skin, jamsu, dan layering skincare yang sudah banyak digandrungi oleh para perempuan. Kali ini, Korea kembali dengan tren kecantikan terbarunya yaitu menggunakan lendir siput sebagai skincare.

Yep, siput telah bertransformasi dari sebuah hewan penghuni taman, makanan pembuka di Perancis, dan sekarang menjadi bahan untuk perawatan kulit. Meskipun lendir siput dipopulerkan oleh label-label skincare asal Korea, tapi ternyata lendir siput sudah digunakan sebagai perawatan kulit sejak zaman Yunani Kuno. Awalnya, lendir siput pertama kali digunakan sebagai obat untuk mengurangi peradangan kulit. Kemudian, tahun demi tahun hal ini makin berkembang pesat. Tren mengenakan lendir siput sebagai perawatan kulit pun telah diakui keberhasilannya oleh UNESCO. Lembaga ini menyatakan bahwa lendir siput bisa menjadi salah satu warisan dunia yang wajib untuk dikembangkan.

Rata-rata lendir siput yang digunakan untuk perawatan kulit dihasilkan oleh spesies cryptomphalus yaitu siput yang biasanya ditemukan di taman. Lendirnya menganding glycoproteins, hyaluronic acid, dan glycolic acid yang memang telah terbukti memiliki banyak manfaat baik untuk kulit. Lendir siput menyegel kelembapan dan membiarkan zat aktif untuk meresap ke dalam kulit. Selain itu, lendir siput juga mencegah kekeringan dan membuat kulit terlihat bercahaya, tanpa memicu alergi layaknya beberapa produk anti aging lainnya. Dengan kata lain, lendir siput memiliki manfaat yang bahkan lebih baik dari zat aktif seperti glycolic acid atau retinoid. 

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Baca: 4 Bahan Alami Agar Kulit Cantik dan Sehat

Sebuah riset membuktikan bahwa lendir siput juga memiliki khasiat anti aging. Lendir siput mengandung kadar hyaluronic acid yang tinggi, antioksidan, menstimulasi produksi kolagen, dan mempercepat proses penyembuhan luka, di mana hal itu juga bisa melawan kerutan, bintik-bintik gelap di wajah.

Melakukan perawatan wajah menggunakan lendir siput memang terlihat menjijikkan, akan tetapi sudah ada banyak negara yang memakai lendir siput. Misalnya di Jepang, ada sebuah salon kecantikan yang menerapkan Celebrity Escargot Course. Treatment ini menggunakan siput hidup yang diletakkan ke wajah. Kemudian, siput dibiarkan bergerak ke sekeliling area wajah untuk mendapatkan lendirnya. Untuk harga perawatan lendir siput ini memang tidak murah, maka tak heran jika banyak produsen produk kecantikan yang berlomba-lomba mengeluarkan skincare dengan kandungan lendir siput.

Selanjutnya: Sedang mencari foundation terbaik yang pas untuk kulit wajahmu? Woop punya rekomendasi foundation terbaik yang bisa kamu pilih.