Tanya Dermatolog: Apakah Vaseline Krim Wajah yang Terbaik?

Tanya Dermatolog: Apakah Vaseline Krim Wajah yang Terbaik?
ISTOCK

Vaseline berfungsi sebagai moisturizer untuk kulit yang sangat kering, mengurangi pecah-pecah di tumit kaki dan bibir. 

Ini bukan promo atau iklan, tapi pengikut setia Vaseline... buanyaaak (jumlahnya mungkin bersaing ketat dengan pengikut Instagram Taylor Swift). Di Reddit contohnya, banyak kolom yang didedikasikan untuk membahas dan mengagung-agungkan keajaiban jeli tersebut. (Mungkin kamu akan kesulitan membukanya, karena yep... diblokir—gunakan proxy). 

Mari bertanya kepada ahlinya.

Ketahui Semua Tentang Petroleum Jelly

Apa itu Petroleum Jelly?

Vaseline Petroleum Jelly - Tesktur
Vaseline Petroleum Jelly - Tesktur

Petroleum jelly (atau juga disebut petrolatum) adalah campuran dari minyak mineral dan wax, yang membentuk zat semipadat seperti jelly. Sebenarnya produk ini belum banyak berubah dari tahun 1859, yaitu saat ditemukan oleh Robert Augustus Chesebrough.

Dia melihat pekerja tambang minyak menggunakan petorleum jelly untuk menyembuhkan luka-luka yang diakibatkan saat bekerja. Akhirnya dia mengemasnya memberikan nama Vaseline dan dijual secara umum.

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly untuk Kulit / Wajah?

Vaseline Petroleum Jelly Sebagai Moisturizer

“Vaseline (petroleum jelly) bekerja sebagai moisturizer bila digunakan di kulit. Jadi ya, memang ada manfaat baik terutama bila digunakan pada kondisi kulit yang sangat kering,” kata dr. Ruri D. Pamela, Sp.Kk., seorang dermatolog dari Departemen kulit RS dr. Suyoto, Jakarta. Menurutnya, Vaseline berfungsi sebagai moisturizer untuk kulit yang sangat kering, mengurangi pecah-pecah di tumit kaki dan bibir. 

Ah, syukurlah. Tidak sia-sia perjuangan melewati berbagai pop-up ads saat menggunakan proxy, dan akhirnya berhasil mendarat di Reddit. 

Cara Kerja Vaseline Petroleum Jelly

Untuk yang penasaran dengan sains: “Petroleum jelly bekerja secara oklusif,” ujarnya. Artinya, “membuat lapisan penutup di permukaan kulit sehingga penguapan kulit (trans epidermal waterloss) akan berkurang, udara hangat terperangkap di dalamnya sehingga kulit menjadi lebih lembap,” sambungnya.

Pelembap. Mengurangi kulit pecah-pecah. Tidak heran jika produk ini menjadi penghuni wajib meja rias dan tas banyak orang. Belum lagi harganya yang super duper terjangkau. 

Vaseline Petroleum Jelly untuk Acne Prone Skin

ISTOCK
ISTOCK

Namun, Dokter Ruri mengingatkan: "Harus hati-hati bila digunakan pada kulit yang super berminyak atau yang mudah berjerawat (acne prone) karena sifatnya yang oklusi tadi dapat memicu timbulnya sumbatan di folikel rambut kulit sehingga bisa menyebabkan jerawat muncul." 

Hal yang hampir senada juga dikemukan oleh Kenneth Arndt, M.D., seorang ilmuwan kulit dari Harvard, bahwa meski white petrolatum (Vaseline terbuat 100% dari bahan ini) oklusif yang sangat efektif, substansinya bisa menyumbat evaporasi dan membantu kulit lembut dan, tapi, "saya pribadi tidak merekomendasikannya sebagai krim wajah karena bisa menyumbat pori-pori."