Biografi Nike Ardilla: Bintang dengan Segudang Talenta

Biografi Nike Ardilla: Bintang dengan Segudang Talenta
Nike Ardilla

Kecelakaan tragis harus merenggut nyawa Nike Ardilla di puncak ketenaran. Namun hal itu tak lantas membuatnya dilupakan oleh para penggemar

Kepergian Nike Ardilla justru membuat namanya semakin dikenal banyak orang dari lintas generasi. Ia bahkan menjadi satu-satunya artis yang selalu dirayakan hari lahir dan kematiannya. Untuk mengenang sosok multitalenta tersebut, mari kita simak profil singkatnya ini.

Biografi Nike Ardilla

Awal karir di dunia musik

Nike Ardilla lahir di Bandung pada 27 Desember 1975 dengan nama Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi.

Bakat menyanyi Nike mulai tampak ketika usianya 5 tahun. Darah seninya mengalir dari kakek buyutnya dari pihak ayah yang merupakan seorang penyanyi keroncong dan nenek buyutnya dari pihak ibu. 

Menyadari bakat menyanyi putrinya, sang ibu memasukkannya ke Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia (HAPMI) asuhan Djadjat Paramor. Ia kemudian bergabung dengan manajemen Denny Sabri, seorang wartawan musik senior populer saat itu.

Artis dengan segudang talenta

Nike Ardilla
Nike Ardilla

Tahun 1986, ia meluncurkan sebuah singel berjudul, Lupa Diri, yang kemudian masuk dalam album kompilasinya yang bertajuk Bandung Rock Power (1987). Pada Oktober 1989, Nike berhasil merilis album perdananya bertajuk, Seberkas Sinar, yang diproduseri Deddy Dores.

Nama panggungnya pun berganti dari Nike Astrina menjadi Nike AR (Astrina dan Ratnadilla), tapi penggunaan nama ini tidak begitu lama, dan akhirnya berganti menjadi Nike Ardilla yang digunakannya hingga ia tutup usia.

Deni Sabri Management yang menaungi Nike Ardilla, mempersiapkannya menjadi seorang artis multitalenta, untuk menggantikan Cut Irna yang dikenal sebagai model, Meriam Bellina yang seorang bintang film, dan diva rock Nicky Astria.

Baca juga: Raisa, Dari Backing Vocal Hingga Suara Kelas Dunia

Era kejayaan Nike Ardilla

Nike Ardilla
Nike Ardilla

Era 90an bisa dibilang adalah masa-masa kejayaan dan dominasi Nike Ardilla di dunia hiburan setelah album Bintang Kehidupan (1990) sukses terjual hingga 2 juta keping. Tak hanya itu,  terpilihnya ia sebagai GADIS Sampul Favorit juga membuat kariernya di industri hiburan terus melesat.

Sebagai penyanyi rock, ia dijuluki sebagai Ratu Rock Indonesia (Queen of Indonesian Rock) atau lady rocker. Nike Ardilla merupakan penyanyi, bintang film, model, bintang iklan dan seniman paling sukses di semua bidang entertainment. Apapun yang dipakai olehnya menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda, seperti potongan rambut Nike Ardilla, gaya berpakaian Nike Ardilla, tas Nike Ardilla, dsb.