Biografi Rossa, Diva Indonesia dengan Prestasi Mendunia

Biografi Rossa, Diva Indonesia dengan Prestasi Mendunia
Rossa

Seolah tak puas dengan prestasinya, kini Rossa juga akan bekarir di industri musik Korea Selatan.

Pencinta musik Indonesia tentunya sudah nggak asing dengan nama Rossa. Lama berkarir di industri musik, hampir semua lagu diva Indonesia itu sukses menjadi hits dan memuncaki tangga lagu nasional.

Karir cemerlang yang dimiliki Rossa tidak dibangun dalam waktu singkat, tentu saja ada banyak hal yang dilaluinya demi bisa meraih kesuksesan seperti saat ini. Mari ikuti perjalanan karir Rossa berikut ini!

Biografi Rossa

Bernyanyi cianjuran bersama sang bunda

Rossa
Rossa

Putri sulung dari tiga bersaudara pasangan Ukas Hermawan dan Eni Kusmiani ini tercatat mengawali karier menyanyi di usia yang sangat belia.

Saat usianya 10 tahun, Rossa kerap menemani sang bunda yang berprofesi sebagai penyanyi cianjuran untuk menyanyi.

Kala itu, ibunya mengajak Rossa melakukan tes vokal di sebuah label rekaman, Dian Records. Tak disangka, suara emasnya membuat pemilik label terpukau, hingga mengontraknya masuk ke dalam label.

Album pertamanya adalah, Untuk Sahabatku, yang rilis pada 1988 dan berisi lagu anak-anak. Sayangnya, album perdana Rossa di masa anak-anak itu gagal menyedot perhatian publik.

Baca juga: Maudy Ayunda, Artis Berprestasi yang Mahir 3 Bahasa

Meraih Diamond Award

Kegagalan pada album perdananya tak membuat Rossa patah semangat. Pada tahun 1996, ia merilis album dewasa pertama, Nada-nada Cinta, yang menjadi titik balik kebangkitan karirnya.

Album yang mengusung singel dengan judul yang sama, Nada Nada Cinta tersebut meraih kesuksesan luar biasa dengan penjualan mencapai 750 ribu copy. Hal ini membuat, Nada Nada Cinta, disemati Diamond Award yang setara dengan 10 kali Platinum Award.

Selang 3 tahun kemudian, Rossa pun kembali merilis album bertajuk, Tegar, yang berhasil terjual hingga 300 ribu copy serta mendapatkan Quadruple Platinum Award. Nggak hanya itu, Tegar juga membuat Rossa meraih penghargaan, Most Favorite Female Artist, di ajang MTV Indonesia Awards pada tahun 2000.

Ayat-Ayat Cinta yang fenomenal

Rossa
Rossa