Bangga! Remaja Indonesia Sukses Menjuarai Ajang The Voice of Germany

Claudia Emmanuela Santoso Sukses Juarai The Voice Jerman
Claudia Emmanuela Santoso (dw.com)

Remaja asal Indonesia, Claudia Emmanuela Santoso sukses membanggakan tanah air dengan menjadi pemenang ajang The Voice of Germany.

Kabar membanggakan datang dari salah satu talenta asal Indonesia yang bersinar di luar negeri. Claudia Emmanuela Santoso, penyanyi berusia 19 tahun dari kota pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, terpilih sebagai pemenang The Voice of Germany musim ke sembilan.

Dilatih oleh penyanyi Alice Merton, Claudia mengalahkan empat finalis lain di babak final lewat lantunan I Have Nothing milik Whitney Houston. Mengumpulkan suara tertinggi sebanyak 46,39 persen, Claudia menjadi pemenang Asia pertama di ajang pencarian bakat tersebut.

Keberhasilan Claudia tentu tak terjadi dalam semalam, ia sempat gagal sebelum akhirnya berhasil meraih mimpinya itu. Bergabung dengan kursus menyanyi di usia muda, Claudia sempat mengikuti beberapa ajang pencarian bakat di Indonesia. 

Ia pernah mencoba audisi di Akademi Fantasi Indonesia (AFI) Junior pada 2008, Idola Cilik pada 2011, dan Mamamia Show pada 2014. Selain pencarian bakat yang disiarkan televisi, Claudia juga mencoba peruntungan di kompetisi menyanyi lain dan mengunggah cover lagunya secara online.

Baca juga: Biografi Rossa, Diva Indonesia dengan Prestasi Mendunia

Claudia telah tinggal di Jerman sejak 2018, dan saat ini terdaftar di Ludwig Maximillian University of Munich, salah satu universitas terkemuka di negara itu. Pada awal tahun ini, dia menemukan iklan The Voice of Germany dan memutuskan untuk mengikuti audisi di Munich, sebelum akhirnya berangkat ke Berlin untuk Blind Audition.

Pada babak Blind Audition, Claudia menyanyikan Never Enough dari film musikal, The Greatest Showman (2017). Secara tak terduga, suara merdunya mampu membuat keempat juri memutar kursi untuk memilihnya.

Sepanjang kompetisi, perjalanan yang dilalui Claudia bisa terbilang cukup mulus. Dia terus memukau para juri dan penonton hingga akhirnya sukses melaju ke babak final. Di akhir musim, Claudia melakukan duet dengan penyanyi Inggris, Freya Ridings dan Alice Merton. Dan tentu saja pada puncaknya, ia menyanyikan lagu berjudul Goodbye, yang ditulis oleh pelatih sendiri.

Sekali lagi selamat untuk Claudia, semoga perjalanan karirnya sebagai penyanyi bisa semakin bersinar. Good luck!

Selanjutnya: Emma Watson menyebutkan istilah baru yang menggambarkan status hubungan para wanita tanpa pasangan. Apa itu?

Loading Facebook Comment ...