20 Film Jepang Romantis Terbaik, Jamin Bikin Baper

20 Film Jepang Romantis Terbaik, Jamin Bikin Baper
Film Jepang Romantis

Inilah daftar film Jepang Romantis! Nggak kalah dengan film Korea, ternyata Jepang juga punya film yang romantis yang bagus lho.

Siapa bilang di Jepang cuma manga dan anime-nya doang yang bagus? Buktinya, Jepang juga punya film romantis yang nggak kalah dari drama-drama Korea lho.

Emang sih, beberapa film Jepang romantis itu ada yang diangkat dari manga dan juga anime. Walaupun begitu, film yang diangkat dari manga atau anime kalo nggak digarap dengan serius, pasti hasilnya bakal nggak memuaskan para penonton. Soalnya para penonton sudah mentakar kualitasnya dari versi manga atau anime-nya.

Buktinya, dari list film romantis terbaik dari Jepang yang Woop berikan di bawah ini, beberapa malah diadaptasi dari manga dan anime lho. Penasaran?

Film Jepang Romantis Jepang Terbaik

1. I Give My First Love to You (2009)

Mengisahkan lika-liku romansa antara Mayu dan Takuma dimana Takuma memiliki penyakit parah yang membuatnya didiagnosa mempunyai umur nggak akan lama lagi. Sadar akan hal itu, Takuma berusaha menjauhi Mayu agar nggak membuat Mayu sedih.

Akhirnya Mayu pun didekati oleh seorang pria yang membuat hatinya goyah. Begitu pula Takuma yang juga dipertemukan dengan seorang gadis yang mempunyai penderitaan yang sama dengannya. Akankah mereka berdua bersatu?

IMDb: 7.2

Awards (Source IMDb): 

  • Awards of the Japanese Academy: Masaki Okada (New Comer of the Year Winner)
  • Blue Ribbon Awards: Masaki Okada (Best New Talent Winner)
  • Nikkan Sports Film Awards: Masaki Okada (Best New Talent Winner)
  • Yokohama Film Festival: Masaki Okada (Best New Talent Winner)

2. Strobe Edge (2015)

Film Jepang romantis 2015 yang satu ini memiliki cerita yang cukup unik yang berfokus pada tokoh wanita bernama Ninako Kinoshita. Dia ngebet banget mau mendapatkan cinta pertamanya yang bernama Ren Ichinose yang sangat populer dan sudah memiliki pacar. Wah, bisa jadi pelakor dong nih?

IMDb: 6.3

Award (Source IMDb):

  • Blue Ribbon Awards: Kasumi Arimura (Best Actress Winner)

3. Ishuukan Friends (One Week Friends) (2018)

Salah satu film Jepang 2018 yang diangkat dari seri manga dan anime karya Matcha Hazuki yang memiliki cerita nggak biasa. Menceritakan kisah pertemanan dan percintaan antara Yuki Hase dan Kaori Fujiyama dimana Kaori mengidap penyakit langka yang membuatnya akan melupakan segala hal mengenai teman-temannya setiap hari Senin.

Disinilah tantangan Yuki untuk mendapatkan hati Kaori yang untuk usaha PDKT aja susah. Mirip cerita di film 50 First Date ya?

IMDb: 7.1

Baca Juga: 12 Situs Nonton Drama Korea Terlengkap

4. Orange (2015)

Film Jepang 2015 ini berawal ketika Naho Takamiya mendapatkan surat misterius dari masa depan yang menceritakan dirinya, segala yang tertulis benar terjadi karena yang menulis surat itu memang dirinya dari masa depan. Surat tersebut menceritakan kisah cintanya dengan Kakeru Nanuse, seorang siswa pindahan yang misetrius.

Namun, di surat itu Naho seperti diarahkan akan kejadian besar di masa depan dimana dia bisa menyesal jika nggak melakukan apa yang tertulis di surat tersebut.

IMDb: 7.1

Awards (Source IMDb):

  • Awards of the Japanese Academy: Kento Yamazaki (Newcomer of Year Winner)
  • Awards of the Japanese Academy: Tao Tsuchiya (Newcomer of Year Winner)

5. Be With You (2004)

Berbeda dari film-film sebelumnya yang menceritakan tentang kisah asmara masa remaja, film Jepang 2004 Be With You malah mengisahkan kisah cinta keluarga. Seorang anak laki-laki bernama Yuji yang tinggal berdua bersama ayahnya merasa bersalah karena ibunya meninggal ketika dia dilahirkan.

Suatu hari, Yuji dan ayahnya bertemu dengan seorang wanita yang sangat mirip dengan ibunya namun wanita itu kehilangan semua memorinya. Siapa sebenarnya wanita tersebut?

IMDb: 7.9

Award (Source IMDb):

  • Nikkan Sports Film Awards: Shidô Nakamura (Best Supporting Actor Winner)

6. Hanamizuki (2010)

Dalam film Jepang 2010 ini Sae dan Kohei yang menjalin cinta ketika SMA akhirnya lulus dan harus berpisah karena Sae melanjutkan studi di kota. Ketika di kota, Sae menjalin hubungan dekat dengan seorang pria dan Kohei pun akhirnya mengetahuinya.

Pada akhirnya mereka menjalin hubungan kembali sampai pada akhirnya 4 tahun kemudia Sae mendapat tawaran untuk bekerja di luar negeri, dan mereka pun putus. Kohei pun menikah dan Sae pun menjadi dekat kembali dengan Junichi. Namun, cerita nggak selesai sampai disini aja. Bagaimana akhir kisah cinta mereka?

IMDb: 6.9

7. The Liar and His Lover (2013)

Film Jepang 2013 ini mengangkat kisah tentang seorang anak band yang keluar dari bandnya karena dia nggak suka musik yang hanya dijadikan ladang bisnis. Akhirnya dia memiliki pekerjaan untuk menulis lirik untuk sebuah band dengan merahasiakan identitasnya, bahkan pada wanita yang dia cintai.

Namun gairah musiknya kembali memuncak ketika mengetahui bahwa pacarnya memiliki bakat bernyanyi yang luar biasa.

IMDb: 7.0

8. Shigatsu wa Kimi No Uso (2016)

Film Jepang 2016 ini berawal dari manga dan anime yang sukses, akhirnya kisah seorang pianis berbakat bernama Arima Kousei dengan pemain biola bernama Kaori Miyazono. Kisah kedua anak remaja ini sukses membuat pembaca dan penonton manga dan anime-nya serasa hatinya diiris-iris dan akhirnya dibuatlah versi live action-nya.

Berkisah tentang Arima yang memutuskan berhenti mengejar cita-citanya sebagai pianis dan dipertemukan dengan Kaori. Melihat Arima dengan kondisi mental terus menurun karna harus meninggalkan dunia piano, Kaori pun terus mendorongnya. Sampai sesuatu pun terjadi.

IMDb: 7.0

9. Let Me Eat Your Pancreas (2017)

Mungkin buat kamu pecinta anime udah nggak asing lagi dengan film Jepang 2017 berjudul yang satu ini karena baru-baru ini anime movie-nya baru saja keluar di Indonesia. Film ini akhirnya diadaptasi menjadi live action dengan cerita yang mirip.

Mengisahkan tentang percintaan antara Sakura Yamauchi dan I yang pada akhirnya berakhir karena Sakura meninggal karena penyakit pankreas yang dia derita. I pun depresi dan nggak bisa melupakan Sakura selama bertahun-tahun. Bisakan I move on?

IMDb: 7.2

Baca Juga: Rekomendasi Film Inspiratif yang Bisa Memotivasimu Menjadi Pribadi Lebih Baik

10. ReLife (2017)

Film Jepang 2017 yang satu ini menceritakan tentang seorang pria pengangguran berusia 27 tahun yang memiliki kehidupan yang berantakan. Tiba-tiba seorang pria menghampirinya dan menawarkan proyek ReLife.

Setelah menyetujuinya, tubuh dia pun kembali ke usia 17 tahun dan harus menjalani hidupnya sesuai dengan keadaan tubuhnya sekarang. Gimana keseruannya berusaha beradaptasi kembali dengan teman-teman usia 17 tahunnya saat ini?

IMDb: 7.0

11. My Tomorrow, Your Yesterday (2016)

Film Jepang 2016 ini menceritakan tentang seorang mahasiswa yang jatuh cinta pada seorang perempuan saat sedang dalam perjalanan ke kampusnya. Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya dia menyadari bahwa mereka berdua berada di dimensi waktu yang berbeda.

Kisahnya sih cukup membingungkan, dan kamu harus ekstra teliti ya ketika menonton filmnya. Oiya, film ini sendiri diangkat dari manga berjudul Tomorrow I Will Date with Yesterday You.

IMDb: 7.5

12. Koizora (2007)

Diadaptasi dari kisah nyata, film Jepang 2007 dengan judul Koizora berkisah tentang kisah percintaan mengharukan antara Mika dengan Hiro semasa SMA. Mika, anak SMA polos jatuh cinta dengan Hiro yang berandalan dan akhirnya menjalin cerita asmara.

Mika yang akhirnya hamil harus berjuang bersama Hiro untuk mendapatkan restu dari orang tua Mika. Pada akhirnya Hiro pun menghilang ketika Mika keguguran dengan alasan yang sangat menyedihkan.

IMDb: 7.0

Awards (Source IMDb):

  • Blue Ribbon Awards: Yui Aragaki (Best New Talent Winner)
  • Mainichi Film Concours: Best Film Winner
  • Nikkan Sports Film Awards: Yui Aragaki (Best New Talent Winner)
  • Yokohama Film Festival: Yui Aragaki (Best New Talent Winner)

13. Norwegian Wood (2010)

Film Jepang 2010 satu ini mungkin akan terdengar familiar bila kamu merupakan penggemar dari penulis legendaris, Haruki Murakami. Ya, film ini merupakan adaptasi dari salah satu novel karya pria kelahiran Kyoto yang memiliki tajuk yang sama. Film yang bertemakan suasana Jepang tahun 1960an ini menceritakan tentang hubungan seorang mahasiswa bernama Toru Watanabe dengan dua orang perempuan, yakni Naoko dan Midori. Film ini akan menggabungkan tentang masa muda, kehilangan, dan semi romantis. Film ini secara umum menceritakan mengenai perbincangan saat proses perpisahan dengan kekasih.

IMDb: 6.4

14. Jinx!!! (2013)

Secara umum, film drama Jepang 2013 ini memiliki genre romance. Namun nyatanya, film ini juga dipadukan dengan perpaduan budaya Jepang dengan Korea. Salah satu anggota dari girlband T-ara, yakni Hyomin menampilkan keahliannya dalam berakting sebagai seorang pertukaran pelajar yang menciba untuk mendekati seorang teman berkebangsaan Jepang sekelasnya.

IMDb: 6.9

15. From Me to You (2010)

Film Jepang 2010 satu ini memiliki alur yang diadaptasi dari salah satu film horror Jepang yang legendaris, yakni "The Ring". Meskipun mengambil alur cerita dari film horror tersebut, nyatanya film ini bukanlah film yang menakutkan. Film romance ini menceritakan tentang teman sekelas Sawako yang menghindari dirinya, kecuali seorang pria bernama Shota Kazehaya yang terpincut dengan kebaikan dari Shota. Film ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyaksikan film romantis yang ringan dan mudah untuk dinikmati.

IMDb: 7.1

16. One Week Friends (2017)

Film Jepang 2017 romance satu ini merupakan film yang diadaptasi dari manga. Melansir laman Kaori Nusantara, film ini mengisahkan tentang seorang anak SMA bernama Yuuki Hase yang juga diperankan oleh Kento Yamazaki yang bertemu dengan seorang gadis bernama Kaori Fujiyima yang diperankan oleh Haruna Kawaguchi di perpustakaan. Sikap Kaori yang tertutup menyebabkan kedua lovebirds itu harus mengutarakan perasaannya melalui sebuah buku harian.

IMDb: 7.1

17. Heavenly Forest (2006)

Film Jepang 2006 satu ini diadaptasi dari sebuah novel ternama yang memiliki tajuk yang sama. Film ini mengisahkan tentang sebuah film romance yang diambil dengan sudut yang artistik. Film ini juga memiliki cerita yang hampir serupa dengan film Norwegian Wood, di mana menceritakan hubungan seorang mahasiswa bernama Makoto yang memiliki hubungan dengan dua perempuan, bernama Shizuru dan Miyuki.

IMDb: 7.5

18. Crying Out Love in the Center of the World (2004)

Film drama Jepang 2004 satu ini kerap disebut dengan film romance Jepang terpopuler yang ada. Film ini diadaptasi dari sebuah novel bertajuk "Socrates in Love" yang kabarnya laris terjual melebihi dari penjualan novel karya Haruki Murakami yang bertajuk "Norwegian Wood". Jika kamu ingin dihibur dengan sebuah tema yang melodrama, maka film ini wajib untuk kamu saksikan.

IMDb: 8.2

19. Midnight Sun (2006)

Cerita dari film Jepang romantis ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Kaoru yang memiliki penyakit yang membuatnya harus terhindar dari sinar matahari. Terlepas dari penyakitnya yang terbilang langka, ia jatuh cinta dengan seorang lelaki bernama Koji. Dirinya mempertaruhkan kehidupannya lantaran jatuh cinta pada Koji.

IMDb : 7.2 

20. We Were There: First Love (2012)

Film Jepang romantis ini cukup terdengar umum seperti film romance Jepang pada umumnya. Film ini mengisahkan tentang kronologi hubungan spesial antara seorang lelaki bernama Motoharu Yano dengan seorang gadis bernama Nanami Takahasi yang berawal sejak usia remajanya hingga di usia 20 tahunan.

IMDb: 6.9

Itulah beberapa film Jepang romantis yang tentunya bakal bikin kamu baper. Adakah drama yang udah kamu tonton, Woop Ladies?

Selanjutnya: