Ivanka Trump Bahas Masalah Perempuan Saat Temu Jokowi di KTT G20

Ivanka Trump Bahas Masalah Perempuan Saat Temu Jokowi
Momen kebersamaan Ivanka Trump bersama Presiden RI Jokowi. Dok. Instagram @jokowi
Ivanka Trump Bahas Masalah Perempuan Saat Temu Jokowi

Ivanka Trump diketahui membahas masalah perempuan saat bertemu Presiden RI Joko Widodo di KTT G20. Ini momen pertemuan mereka.

Akhir pekan ini, Jokowi dijadwalkan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di INTEX Osaka, Jepang. Jokowi bertemu dengan para pemimpin negara dari berbagai belahan dunia termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Donald Trump datang bersama putrinya Ivanka Trump di KTT G20. Pada momen tersebut, Ivanka Trump juga sempat berbincang dengan Jokowi.

Momen kebersamaan Jokowi bareng Ivanka Trump pun menjadi sorotan di media massa. Jokowi duduk di samping Donald Trump yang bersebelahan dengan Ivanka Trump. Ada pula momen ketika mereka dalam potret bersama dengan para perempuan ‘hebat’ lainnya.

Momen kebersamaan Ivanka Trump dan Jokowi di KTT G20
Momen kebersamaan Ivanka Trump dan Jokowi di KTT G20 (Dok. Instagram @jokowi)

Dalam momen pertemuan di KTT G20, Ivanka Trump membahas soal masalah pemberdayaan perempuan. Serupa dengan yang disampaikan Jokowi dalam forum tersebut.

Ivanka Trump membahas bagaimana manfaat dari partisipasi perempuan dalam dunia kerja terhadap ekonomi secara global. “Kami percaya bahwa dimasukkan perempuan dalam bidang ekonomi tidak semata-mata masalah keadilan tapi juga menjadi kebijakan yang cerdas,” ujar Ivanka Trump saar berbicara di KTT G20.

Baca: Mengenal Ade Ayu, Supir Traktor Perempuan yang Diakui Jokowi

Ivanka Trump menambahkan, talenta, ambisi, serta kecerdasan perempuan menjadi sumber yang tak ternilai di dunia. Perempuan bisa mengubah dunia dengan cara mereka.

“Kita harus memprioritaskan pemberdayaan ekonomi perempuan di puncak agenda G20. Ini warisan yang layak diperjuangkan dan masa depan yang bisa kita banggakan kelak kepada anak-anak kita,” tambahnya.

Senada dengan Ivanka Trump, Jokowi pun mengangkat isu perempuan di KTT G20. Ia mengatakan perlunya ada peran perempuan dalam untuk memajukan ekonomi dan dunia digital.

“Perempuan itu lebih rajin, lebih tekun, lebih detail, lebih sabar daripada kita. Karena e-commerce dan teknologi membutuhkan karakter seperti itu sehingga penting meningkatkan partisipasi perempuan dalam bisnis, ekonomi dan politik yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing di era digital,” kata Jokowi di KTT G20.


Selanjutnya: ingat, perempuan tak hanya bermodalkan cantik kalau mau sukses. Ini yang perlu dilakukan. Baca di sini ulasannya.