Kumpulan Film Korea yang Menguras Air Mata, Sedih Banget!

Kumpulan Film Korea yang Menguras Air Mata, Sedih Banget!
ilustrasi menonton film sedih

Rekomendasi film Korea yang menguras air mata, bisa kamu tonton kalau kamu sedang ingin menangis. Jangan lupa siapkan tissue!

WOOP.ID - Selain terkenal dengan drama serial dan KPop, Korea Selatan juga banyak menghasilkan film-film berkualitas setiap tahunnya. Salah satu ciri khasnya, ada banyak sekali film Korea sedih yang sampai saat ini berhasil menarik perhatian. Tema yang diangkat juga beragam. Dari mulai keluarga, persahabatan, kisah hidup, hingga romance atau cinta.

Biasanya orang-orang kerap kali menghindari film-film yang bisa menguras air mata dan lebih memilih untuk menonton film yang bisa mengundang tawa untuk menguapkan beban mereka, namun ternyata banyak juga sebagian orang yang lebih senang untuk menonton tayangan emosional dan memancing kesedihan.

Bagi beberapa orang, menonton film melodrama dijadikan sebagai sarana untuk meluapkan emosi yang terpendam di dalam hati. Para pelaku industri hiburan di Negeri ginseng ini pun selalu berhasil membuat karya yang dapat mempengaruhi emosi penontonnya. Nah, dilansir dalam berbagai sumber, berikut ini beberapa rekomendasi film Korea sedih yang dapat menguras air mata kamu!

Ini Dia 15 Rekomendasi Film Korea Yang Bikin Baper, Siap-siap Tissue! 

1. ODE TO MY FATHER (2014) 

Selama Perang Korea pada tahun 1950, Deok-Soo dan keluarganya dipisahkan dari ayahnya saat mereka melarikan diri ke Busan. Sebagai kepala rumah tangga, Deok-Soo sekarang harus menempatkan keluarganya di atas dirinya sendiri, karena dia berjanji kepada ayahnya sebelum perpisahan mereka bahwa dia akan mengambil peran ayahnya. Deok-Soo, ibunya, dan saudara-saudaranya tiba di toko bibinya, "Pot Bunga," di Pasar Internasional Busan, dan kisah kesulitan mereka dimulai.

Dari pergi ke Jerman untuk bekerja sebagai pekerja tambang untuk membayar biaya kuliah saudara laki-lakinya, hingga bepergian ke Vietnam untuk bekerja untuk membayar pernikahan saudara perempuannya, kehidupan Deok-Soo dipenuhi dengan kesulitan dan kemalangan. 

Deok Su melakukan semua yang ia bisa untuk melindungi keluarganya meskipun dalam kondisi yang keras, dia harus melarikan diri dari peristiwa paling mengerikan. Bagian paling emosional dari semua itu adalah ketika dia pada akhirnya bertemu dengan sang adik di hari tuanya.

2. HELLO GHOST (2010)

Sang-Man Cha Tae-Hyun mencoba bunuh diri dengan melompat dari jembatan dan masuk ke sungai. Dia gagal, tetapi hasil akhirnya adalah dia mulai melihat hantu. Sang-Man kemudian pergi ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan. Apakah dia menjadi gila?

Sementara itu, Sang-Man bertemu perawat Jung Yun-Soo Gang Ye-Won di rumah sakit dan dengan cepat jatuh cinta. Tapi hantu-hantu sial itu masih menghantui Sang-Man kemanapun dia pergi. Sang-Man kemudian mencoba membantu para hantu memenuhi impian mereka yang belum terwujud untuk membuat mereka meninggalkannya sendirian sekali dan untuk selamanya.

3. MIRACLE IN CELL NO. 7 (2013) 

Seorang ayah (Ryoo Seung-Ryong), yang cacat mental, tetapi sangat mencintai putrinya, dituduh melakukan kejahatan dan dikirim ke penjara. Kemudian, putrinya Ye-Seung (Park Shin-Hye, yang merupakan siswa sekolah hukum, bekerja untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah.

Kembali pada tahun 1997, Yong-Goo hidup bahagia dengan putrinya Ye-Seung (Kal So-Won), meskipun ia memiliki kecerdasan seorang anak. Mereka mampir ke toko setiap hari untuk melihat ransel Sailor Moon kuning yang dia harap bisa dibelikan putrinya. Suatu hari, mereka melihat bahwa ransel Sailor Moon kuning terakhir sedang dijual. Yong-Goo masuk ke dalam toko untuk membela kasusnya, tetapi ayah yang membeli ransel itu akhirnya menampar Yong-Goo.

Keesokan harinya, gadis yang membeli ransel Sailor Moon kuning melihat Yong-Goo bekerja di tempat parkir toko kelontong. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia tahu toko lain yang menjual backback kuning yang sama. Yong-Goo mengikuti gadis itu ke pasar luar ruangan tradisional. Beberapa saat kemudian, gadis itu terbaring di tanah tak sadarkan diri dan Yong-Goo sedang mencoba melakukan CPR. Seorang wanita lewat dan memanggil polisi.

Yong-Goo dituduh melakukan penculikan dan pembunuhan. Ayah dari gadis yang meninggal itu juga adalah Kepala Badan Kepolisian Nasional. Yong-Goo diberikan hukuman mati dan dipenjara. Di penjara, Yong-Goo berbagi sel penjara dengan lima narapidana lainnya. Suatu hari, Yong-Goo menyelamatkan nyawa teman satu selnya So Yang-Ho (Oh Dal-Su) dari pemimpin geng penjara saingan. Jadi Yang-Ho kemudian menawarkan untuk membantu Yong-Goo dengan cara apa pun yang dia bisa untuk membalas budi. Yong-Goo memberi tahu So Yang-Ho bahwa dia ingin melihat putrinya Ye-Seung. Kelima narapidana itu kemudian berencana untuk membuat keajaiban terjadi.

4. A TAXI DRIVER (2017) 

Pada bulan Mei 1980, reporter Jerman Peter (Thomas Kretschmann) mengerjakan tugas di Tokyo, tetapi beritanya lambat di sana. Dia mendengar dari seorang rekan bahwa sesuatu yang tidak menyenangkan sedang terjadi di Gwangju, Koea Selatan. Saluran telepon telah benar-benar terputus ke kota. Peter memutuskan untuk pergi ke sana.

Di Seoul, Korea Selatan, Kim Man-Seob (Song Kang-Ho) berjuang untuk memenuhi kebutuhan sebagai sopir taksi, sementara juga merawat putrinya. Dia membutuhkan uang untuk membayar sewanya. Di sebuah restoran, Kim Man-Seob sengaja mendengar bahwa orang asing menawarkan untuk membayar banyak uang untuk diantar ke Gwangju. Perjalanan itu akan menutupi uang sewa Kim Man-Seob. Dia berlari keluar dari restoran untuk menjemput orang asing itu.

Segera, Peter dan Kim Man-Seob menuju Gwangju dari Seoul. Mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi di sana atau banyak nyawa yang akan segera hilang.

5. ONE WAY TRIP (2015)

Yong-Bi (Ji Soo), Sang-Woo (Suho), Ji-Gong (Ryoo Joon-Yeol) dan Doo-Man (Kim Hee-Chan) adalah empat teman berusia 20 tahun. Mereka melakukan perjalanan ke Pohang selama satu malam dan 2 hari untuk Sang-Woo yang akan mendaftar di militer. Pada malam hari, mereka minum di pantai dan menyaksikan pemandangan laut di malam hari. Saat itu, teman-teman melihat seorang wanita dipukuli oleh seorang pria. Mereka lari untuk menyelamatkannya.

Memiliki maksud untuk menolong, mereka justru terjerat dengan masalah hukum dan dikejar oleh polisi. Dalam aksi kejar-kejaran tersebut, Sang Woo mengalami kecelakaan dan yang lainnya berhasil tertangkap. Pada bagian akhir film, kamu pasti akan dibuat menangis karena berfikir sebagai hal yang tidak adil. 

6. LAST CHILD (2017)

Menceritakan tentang pasangan suami-istri yang ditinggal mati oleh anaknya. Sang anak meninggal karena menyelamatkan temanya. Lalu, pada suatu hari pasangan ini bertemu dengan anak tersebut dan memutuskan untuk mengasuhnya. Namun, ketika kebenaran terungkap di balik kematian putra mereka, pasangan tersebut menjadi bingung.

7. CANOLA (2016)

Film ini menceritakan tentang seorang nenek dan cucunya yang bernama Hyeji yang tinggal di pedesaan di mana tiba-tiba cucunya hilang di pasar karena kerumunan orang. Lalu 12 tahun kemudian, Hyeji kembali setelah kejadian pahit dan buruk yang menimpanya dan akan mempengaruhi keseluruhan ceritanya. Kisah emosional dari dua orang ini dijamin akan membuat air mata kamu meleleh, apalagi saat harus melihat sang nenek yang kesakitan.

8. THE PREPARATION (2017)

The Preparation menceritakan tentang seorang ibu yang sakit parah dan sedang mempersiapkan putranya yang berusia 30 tahun dengan keterbelakangan mental cara bagaimana bertahan hidup tanpa seorang ibu. Walaupun terkesan low budget dan sederhana, tapi film ini justru dinobatkan sebagai film paling mengharukan. 

9. MY BRILLIANT LIFE (2014)

Pasangan muda, keduanya berusia 17 tahun, mengetahui bahwa mereka akan memiliki bayi. Pasangan itu merasa tidak nyaman dan dengan jantung mereka berdetak lebih cepat dari sebelumnya, mereka menunggu kelahiran anak pertama mereka.

Akhirnya mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang tampan. Bayi mereka diberi nama A-Reum dan pasangan itu mengetahui bahwa ia menderita sindrom Progeria, cacat genetik langka yang akan menyebabkan bayi mereka menunjukkan penuaan lanjut sejak usia dini.

A-Reum tumbuh menjadi anak laki-laki berusia 17 tahun yang suka membaca dan menulis. Dia memiliki pikiran 17 tahun, tapi dia terlihat seperti orang tua yang layu. Dia menjadi tertarik pada seorang gadis seusianya.

10. HOPE (2013)

Pada suatu pagi yang hujan, So-Won (Lee Re) kecil berangkat ke sekolah, yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Ayahnya bekerja di pabrik lokal dan ibunya menjalankan toko alat tulis sederhana di bawah rumah mereka. So-Won seharusnya berjalan ke sekolah dengan temannya, tetapi temannya membuangnya karena sekelompok teman prianya. So-Won tidak berhasil sampai ke sekolah.

Beberapa jam kemudian, ayah So-Won Dong-Hoon (Sol Kyung-Gu) menerima panggilan telepon dari polisi. So-Won sekarang dirawat di rumah sakit setelah diserang secara seksual secara brutal.

Film ini sulit untuk ditonton dari awal hingga akhir, emosi kamu pasti akan berubah dari kesedihan menjadi kemarahan.

11. SALUT D’AMOUR (2015)

Film ini adalah hubungan romantis antara pasangan tua, Sung-Chil (Park Geun-Hyung) dan Geum-Nim (Youn Yuh-Jung) dan kisah keluarga dan tetangga mereka.

Sung-Chil bekerja di Toko Jang-Soo yang dimiliki oleh Jang-Soo (Cho Jin-Woong). Sung-Chil keras kepala dan memiliki temperamen buruk, tetapi dia berubah setelah bertemu Geum-Nim (Youn Yuh-Jung). Geun-Nim menjalankan toko bunga dan putrinya Min-Jung (Han Ji-Min) tidak suka pertemuannya dengan Sung-Chil.

12. BE WITH YOU (2018)

Woo-Jin (So Ji-Sub) merawat putranya Ji-Ho (Kim Ji-Hwan) sendirian setelah istrinya Soo-A (Son Ye-Jin) meninggal. Sebelum dia meninggal, dia berjanji akan kembali pada hari hujan satu tahun kemudian.

Satu tahun kemudian, Soo-A muncul lagi, tapi dia tidak ingat apa-apa.

13. A MOMENT TO REMEMBER (2004)

Perancang busana berusia 27 tahun Soo-Jin (Son Ye-Jin) pergi ke toko serba ada untuk membeli coke, tetapi secara tidak sengaja meninggalkannya di konter. Mengingat coke, Soo-Jin berjalan kembali ke toko dan melihat seorang pria (Jung Woo-Sung) berjalan keluar dari toko dengan sekaleng coke. Soo-Jin, percaya minuman itu miliknya, mengambilnya dari tangan pria itu dan meneguk minuman itu dalam satu tegukan.

Kemudian di bus, Soo-Jin ingat bahwa dia juga meninggalkan dompetnya di toko serba ada. Ketika kembali untuk mengambil dompetnya, petugas menyerahkan dompet dan kaleng coke yang ditinggalkannya.

Suatu hari, saat mensurvei lokasi konstruksi yang menjadi tanggung jawab ayahnya, Soo-Jin melihat pria yang sama yang dia yakini mengambil minumannya. Nama pria itu adalah Chul-Soo dan dia adalah mandor di lokasi konstruksi. Soo-Jin mulai jatuh cinta pada Chul-Soo dan mulai merayunya. Sebuah hubungan berkembang dan Soo-Jin dan Chul-Soo akhirnya menikah.

Hidup tampak hebat bagi pasangan itu, tetapi kelupaan Soo-Jin memburuk dan dia segera mengetahui bahwa dia adalah bentuk Alzheimer yang langka.

14. HARMONY (2010)

Moon Ok (Na Moon-Hee) adalah seorang profesor musik di sebuah universitas, tetapi sekarang berada di hukuman mati karena melakukan kejahatan yang disebabkan oleh pelecehan suami dan ibu mertuanya. Di penjara dia bertemu dengan seorang wanita muda bernama Jeong-hye (Kim Yunjin) yang membunuh suaminya karena kekerasan fisik.

Pada saat penangkapannya, Jeong-hye sedang hamil dan bayinya akhirnya lahir di penjara. Sekarang 18 bulan kemudian, bayi Jeong-hye harus diserahkan untuk diadopsi. Untuk menghabiskan satu hari dengan bayinya di luar penjara, Jeong-hye membentuk kelompok paduan suara penjara. Moon Ok menjadi konduktor untuk paduan suara ini.

Para napi dan petugas lapas pun langsung terkesima dengan musik yang diproduseri grup ini. "Harmony" menyajikan drama manusia unik yang berlatar dunia penjara wanita.

15. HEARTY PAWS (2006) 

Chan-yi yang berusia 11 tahun merawat adik perempuannya yang cantik, So-yi, sendirian sejak ibu mereka meninggalkan mereka untuk menemukan masa depannya sendiri. Meskipun situasi putus asa mereka ditinggalkan oleh keluarga dan tetangga, anak-anak ini mencoba yang terbaik untuk melanjutkan hidup.

Suatu hari, seekor anak anjing kecil bergabung dengan keluarga kecil ini saat Chan-yi mencurinya dari kandang pasangan tua sebagai hadiah ulang tahun saudara perempuannya. Sangat pintar, anjing ini, yang bernama “Ma-eum”, membalas cinta yang diterima dari keluarga barunya dengan kesetiaan yang besar dan sepertinya kebahagiaan mereka akan berlanjut selamanya… hanya sampai sebuah kecelakaan tiba-tiba membawa mereka ke dalam kehancuran.

Baca: 10 Drakor Populer Tahun 2022 Yang Harus Kamu Tonton!

Baca: 10 Film Romantis Tersedih yang Bisa Buat Kamu Menangis

Baca: Rekomendasi Film & Drama Korea yang Tayang Februari 2022