30 Lagu Korea Terbaik Untuk Patah Hati dan Galau

30 Lagu Korea Terbaik Untuk Patah Hati dan Galau
20 Lagu Korea yang Pas didengarkan Saat Patah Hati dan Galau

Sedang merasakan galau, patah hati, dan kesedihan yang mendalam? Yuk, luapkan emosi dan sedihmu dengan mendengarkan 30 lagu Korea ini.

Apa yang lakukan saat sedang sedih dan patah hati? Selain menangis, kita juga sering sekali mendengarkan lagu-lagu yang pas untuk mengungkapkan perasaan dan isi hati. Benar? Dengan mendengarkan lagu sedih justru malah menjadi obat kesedihan kita. Perasaan dan emosi yang tidak bisa ditebak, kadang sedih, senang dan bimbang datang secara acak dan bergantian mengisi hati dan pikiran.

Berbagai jenis lagu ada di dunia ini, dari lagu berbahasa Indonesia, Inggris dan bahasa lainnya bisa menjadi ‘obat’ kegalauanmu. Namun, bukan hanya lagu Indonesia dan Inggris saja yang bisa kamu dengarkan tapi lagu Korea pun bisa menjadi pilihan terbaik saat patah hati.

Korea Selatan tidak hanya dengan serial dramanya saja, tapi juga terkenal dengan industri musiknya. K-Pop saat ini telah menunjukkan 'kekuatan'nya hingga ke kancah internasional. Bicara tentang K-Pop mungkin yang terlintas adalah boyband atau girlband dengan koreografi enerjik. Namun ternyata lebih dari itu, lagu-lagu mereka juga menawarkan emosi lain yaitu suara jeritan patah hati.

Jika kamu kebetulan sedang merasakan patah hati, nikmatilah lagu-lagu sedih Korea terbaik yang Woop pilihkan untukmu…

Lagu-Lagu Korea Terbaik

Taeyeon - Time Lapse

Lagu sedih Korea yang pertama dari Taeyon. Salah satu personil SNSD—atau Girls Generation—ini memiliki satu lagu sedih yang benar-benar pas untuk kamu dengarkan saat patah hati. Yep, Taeyoen memang sangat cocok membawakan lagu-lagu sedih dengan suara khasnya. Salah satu buktinya adalah lagu berjudul ‘Time Lapse’ yang menggambarkan tentang luka dan ungkapan hatinya.

Urban Zakapa - I Don't Love You

Lagu sedih Korea selanjutnya dari Urban Zakapa. Tidak pernah salah mendengarkan lagu-lagu dari Urban Zakapa. Selain bisa didengarkan saat jatuh cinta, ternyata bisa juga didengarkan saat patah hati. Seperti salah satu lagu sedih yang berjudul ‘I Don’t Love You’ yang bercerita tentang saat seseorang berpura-pura mencintai pasangannya, yang nantinya akan berujung menyakitkan.

Red Velvet - One Of These Nights

Selanjutnya, lagu kpop sedih ini dinyanyikan Red Velvet. Meskipun memiliki kesan yang ceria disetiap penampilannya, ternyata Red Velvet memiliki satu lagu mellow dengan makna yang sangat dalam. ‘One Of These Night’ merupakan salah satu lagu mellow yang bisa bikin kamu nangis, lho. Red Velvet mengatakan bahwa lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang berpisah--kehilangan dan kesedihan. Jadi kalau kamu lagi mencari lagu kpop sedih, coba dengarkan lagu ini.

IU feat. Oh Hyuk - Can’t Love You Anymore

Lagu kpop sedih berikutnya dari IU. Tak lengkap membicarakan lagu ballad Korea tanpa menyebut nama IU. Ia merilis sebuah lagu duet bersama Oh Hyuk yang sangat mengena di hati fans. Lagu tersebut berjudul 'Can't Love You Anymore' Lagu ini bercerita tentang dua orang yang sadar bahwa mereka udah nggak lagi saling cinta dan akhirnya saling ungkapkan perasaan masing-masing.

Jonghyun ‘SHINee’ - End Of A Day

Lagu balad Korea dari mendiang Jonghyun ini mengisahkan tentang betapa lelah dan tertekan selama hidupnya. Lagu 'End Of A Day' sendiri terinspirasi dari anjing kesayangannya bernama Roo. Mendengar lagu sedih Korea ini akan membuat air matamu jatuh mengingat kenangan akan Jonghyun dan beratnya hidup.

Baca: Rekomendasi Film Korea yang Mampu Menguras Air Mata

Girl’s Day – I miss You

Oke lanjut lagi, lagu ballad korea ini adalah 'I Miss You' dari grup Girl's Day, yang menceritakan tentang patah hati. Banyak orang yang patah hati dan mencoba untuk tetap terlihat kuat. Dengarkan lagu ini buat kamu yang tidak mau patah hati sendirian.

SHINee - Tell Me What To Do

Mana suaranya Shawols? Yep, lagu ‘Tell Me What To Do’ yang dijadikan tittle song pada album repackaged ini menceritakan sepasang kekasih yang sudah menjalin hubungan lama dan sedang mengalami masa sulit. Buat kamu yang lagi terpuruk dan tidak tahu harus gimana, coba deh pahami lirik lagu galau korea ini. Siapa tahu kamu menemukan jawaban!

Suzy - I’m in Love with Someone Else

Dalam lagu galau Korea yang ini, Suzy bernyanyi tentang jatuh cinta dengan orang lain meski betapa baik pasangannya tersebut. Ingin jujur tapi takut akan menyakiti hatinya. Hmm..

G-Dragon – Untitled 2014

Siapa yang tidak kenal dengan G-Dragon? Selain di BigBang, G-Dragon juga adalah penyanyi solo dan berhasil meraih popularitasnya lewat lagu ‘Untitled 2014’. Lagu sedih ini menceritakan tentang sebuah penyesalan seseorang karena telah menyakiti orang yang paling dicintainya. Iringan piano yang dimainkan dnegan penuh perasaan akan membuatmu larut dalam lagu korea sedih dari G-Dragon.

2NE1 – Goodbye

Meskipun sudah bubar—sejak November 2016—tapi lagu-lagu 2NE1 masih bisa dinikmati selamanya. Salah satu lagu korea sedih yang paling diingat adalah lagu ‘Goodbye’, di mana para personel mengucapkan perpisahan kepada para penggemar dengan merilis single terakhir ini. Selain sebagai salam perpisahan kepada Blackjack—sebutan untuk penggemar 2NE1—lagu 'Goodbye' berisi pesan yang ditujukan untuk Minzy yang telah lebih dulu hengkang. Lagu ini pas banget buat kamu yang baru saja putus cinta.

Onew 'SHINee' and Rocoberry - Lullaby

Meskipun lagu korea sedih ini bukan menceritakan sebuah perpisahan, namun melodi yang sedih dan harmonisasi yang indah membuat hati terenyuh saat diputar. Irama yang menenangkan dengan petikan gitar akustik cocok didengarkan ketika malam hari. Liriknya bercerita tentang sepasang kekasih yang mengingatkan untuk tidur dengan nyenyak walaupun merasakan kesepian karena menjalani LDR.

NCT U – Timeless

Salah satu sub-unit dari boy group NTC ini punya lagu sedih yang harus kamu dengarkan. Yep, NCT U merilis lagu sedih ‘Timeless’ yaitu menceritakan seseorang yang bermimpi buruk untuk bersatu kembali dengan kekasihnya di masa lalu setelah putus.

Day 6 - Congratulations

Baru menjalani putus cinta, namun sang mantan sudah menemukan tambatan hati yang lain? Para pria di Day 6 membuat lagu sedih ini untuk mewakili curhatan hatimu, yang ingin mengatakan “Selamat move on!” buat sang mantan.

Tablo feat. Taeyang - Eyes Nose Lips

Selanjutnya kita ada lagu korea sedih dari Taeyang. Memang susah melupakan mantan jika setiap saat kamu selalu ingat akan wajah mereka. Apalagi kalau sang mantan malah sering menelepon, seolah masih ingin bersama dengan dirimu. Kalau sudah begini kamu jadi bertanya-tanya, “Maunya apa, sih?”

Eric Nam - Honestly

Siapa yang sudah mendengar lagu korea sedih ini? Yep, siapa sangka lagu dengan irama cepat--dan bisa membuatmu bergoyang--ini ternyata memiliki lirik yang cukup menyayat hati. Lagu 'Honestly' milik Eric Nam ini berkisah tentang perasaan bingung antara masih peduli tapi sudah tidak cinta lagi.

CNBLUE – Domino

Siapa yang rindu dengan grup band CNBLUE? Meskipun para Boice—sebutan untuk fans CNBLUE—sedang ditinggal wajib militer (wamil) oleh para personel CNBLUE, tapi lagu-lagunya masih bisa kamu dengarkan. Nah, untuk kamu yang sedang patah hati, CNBLUE punya satu lagu yang pas untukmu; Domino. Dengan lirik “My love is gone, Just let it go”, lagu ‘Domino’ ini menceritakan tentang perlunya perpisahan dalam sebuah hubungan yang membuat kedua belah pihak pada akhirnya akan lebih bahagia.

iKon– Goodbye Road

Boyband yang belakangan ini banyak dibicarakan oleh banyak orang juga punya lagu patah hati lho. iKON yang baru saja ditinggal leader-nya; B.I, memiliki satu lagu 'menyentuh' yang bisa kamu dengarkan saat patah hati. Yep, 'Goodbye Road' menjadi lagu tentang perpisahan yang disampaikan lebih dalam dan emosional tanpa aransemen mendayu-dayu. Benar-benar lagu korea yang sedih.

Lee Hi – Breathe

Nah, yang ini lagu ballad Korea favorit Woop. Yep, lagu dengan irama ballad ini memang sangat menyentuh di hati. Lagu ciptaan mendiang Jonghyun ‘SHINee’ ini memang memiliki makna yang dalam. 'Breathe' adalah lagu untuk menguatkan dan menenangkan orang lain, serta mengembalikan kepercayaan orang lain bahwa ada obat untuk segala jenis luka.

Baca: 12 Situs Nonton Drama Korea Terlengkap

Jonghyun ‘SHINee’ feat Taeyeon ‘SNSD’ – Lonely

Satu lagu lagi datang dari Jonghyun ‘SHINee’. Yep, meski dia sudah tiada di dunia ini, lagu-lagu Jonghyun masih membekas di hati para penggemarnya. Seperti lagu sedih yang berjudul ‘Lonely’. Lagu ini bercerita tentang rasa kesepian tanpa—atau jauh—dari seseorang yang dicintai. I miss you, Jonghyun! 

BTOB - Missing You

Meskipun BTOB sedang tidak aktif, karena beberapa personilnya sedang menjalankan wajib militer (wamil) tapi kita tidak akan pernah lupa dengan mereka. Apalagi jika kita sedang patah hati dan galau. Ada satu lagu dari BTOB yang bisa dijadikan 'lagu kebangsaan' saat galau. Yep, lagu sedih yang berjudul 'Missing You' ini berkisah tentang kerinduan seseorang kepada sang kekasih yang telah lama meninggalkannya. Berhari-hari dan bertahun-tahun berlalu tapi dia masih mengingat semua hal dengan jelas tentang sang mantan. Keinginannya hanya satu, yaitu bertemu dan kembali bersama walaupun mungkin akan berakhir dengan perpisahan lagi. Duh!

BTS – The Truth Untold

Mana suaranya Army? Fyi, lagu BTS dari album 'Love Yourself: Tear' ini sebenarnya terinspirasi dari cerita La Citta Di Smeraldo, Italia. Di mana lagu ini berisi penyesalan seorang pria yang tidak berani mengungkapkan perasaan cintanya karena dia merasa dirinya buruk rupa. Sehingga pada akhirnya sang pujaan hati tersebut meninggal dunia dan menyisakan luka paling dalam. Lagu sedih yang ditulis oleh RM dan Steve Aoki ini mengusung kampanye untuk mencintai diri sendiri yang menjadi tema utama album dari BTS. Selain makna lagu yang dalam, ‘The Truth Untold’ juga memiliki alunan musik yang cukup menyayat hati.

Shinhwa - Hurts

Boyband yang dibentuk pada tahun 1998 itu kembali pada tahun 2012 setelah vakum selama 4 tahun. Kembalinya boyband lawas ini juga menghadirkan lagu yang cukup menyedihkan yang bertajuk "Hurts". Lagu sedih ini menceritakan tentang kesadaran bahwa terkadang melepaskan seseorang untuk pergi merupakan satu-satunya pilihan yang kita miliki, memang terasa menyakitkan namun hal tersebut tak dapat dihindari.

Big Bang - Haru Haru

Boyband satu ini merupakan boyband asal Korea yang namanya sudah tidak asing. Salah satu lagu sedih yang dinyanyikannya sangat menyentuh hingga membuat para pendengarnya menangis. Ya, lagu Korea sedih bertajuk "Haru Haru" ini mengisahkan tentang perpisahan dalam sebuah hubungan spesial. Video klip dari lagu ini juga disajikan dengan cukup menyedihkan.

Davichi - It's Okay, It's Love

Lagu galau Korea satu ini nyatanya merupakan sebuah soundtrack dari film Korea dengan tajuk yang sama dengan lagunya. Lirik lagu ini sendiri menceritakan tentang mencintai seseorang tanpa memikirkan hal lainnya. Lagu ini juga dapat diinterpretasikan bahwa cinta itu berharga dan tidak memandang seberapa besar penderitaan yang akan ditimbulkan dari cinta itu sendiri.

BEAST - Take Care of My Girlfriend (Say No)

Lagu galau Korea satu ini menceritakan tentang seorang lelaki yang meminta seorang teman yang juga merupakan pacar baru dari mantannya untuk menjaga sang mantan kekasihnya. Dalam judulnya, dapat dikatakan bahwa mantan kekasih dari perempuan itu masih belum bisa berpaling darinya yang kini merupakan pacar baru temannya.

Jisun - What Should I Do

Lagu ballad Korea dari salah satu soundtrak K-Drama yang terkenal, yakni "Boys Before Flowers" itu memberikan sentuhan yang cukup menyedihkan di dalam melodi sekaligus lirik lagunya. Lagu satu ini menceritakan tentang seseorang yang putus dari pacarnya. Dirinya kerap menanyakan tentang apa yang harus ia lakukan terkait dengan perpusahannya itu.

G-Dragon - That XX

G-Dragon yang merupakan penyanyi asal Korea yang juga merupakan salah satu dari anggota grup Big Bang itu memiliki sebuah lagu sedih yang cukup membuatmu menangis dikala patah hati. Lagu sedih Korea yang bertajuk "That XX" itu menceritakan tentang betapa butanya cinta dapat membuat seseorang menghiraukan hal lain.

Baek Ji-young - Don't Forget

Baek Ji-young atau kerap dikenal dengan nama Baek Z Young itu merilis sebuah lagu yang juga dijadikan sebagai soundtrack dari K-Drama bertajuk "IRIS". Lagu ini mengisahkan tentang mengenang sebuah hubungan di masa lalu.

VIXX LR - Beautiful Liar

Grup duo yang dibentuk pada tahun 2015 silam itu merilis sebuah lagu yang cukup menyedihkan untuk didengar saat kamu sedang galau, yakni "Beautiful Liar". Lagu ini mengisahkan tentang kesengsaraan yang dialami saat tengah memikirkan untuk merelakan seseorang untuk pergi dari kehidupan kita. Dalam liriknya, Leo dan Ravi selaku penyanyi memberikan gambaran kebohongan dan kebenaran yang kita katakan kepada diri kita, atau lebih tepatnya sebuah konflik dalam diri.

INFINITE - Paradise

Seperti lirik yang diberikan di dalam lagu ini, boyband yang dibentuk pada tahun 2015 itu mencoba untuk mengisahkan waktu yang dihabiskan bersama seorang perempuan. Kisah tersebut dilambangkan dengan surga di dalam dunia, dan tanpa adanya sosok perempuan tersebut, dunia terasa tidak memiliki 'surga' itu lagi.

Selamat mendengarkan!

Selanjutnya: