Mari Elka Pangestu Resmi Ditunjuk Menjadi Direktur Bank Dunia

Mari Elka Pangestu Ditunjuk Menjadi Direktur Bank Dunia
Mari Elka Pangestu (feb.ui.ac.id)

Mari Elka Pangestu akan mewakili Indonesia di Bank Dunia dengan memegang posisi sebagai Direktur Pelaksana. Simak berita lengkapnya.

Sosok perempuan inspiratif kembali muncul dari Indonesia. Mari Elka Pangestu telah resmi ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia untuk Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan, pada Jumat (10/1).

"Nyonya Pangestu bergabung dengan kami berkat keahlian kebijakan dan manajemennya yang luar biasa," ucap David Malpass, Presiden Kelompok Bank Dunia, seperti dikutip dari rilis yang dipublikasikan di www.worldbank.org.

Menurut David, pengalaman Mari sebagai menteri senior, ekonom, peneliti ternama, serta pengalaman dan keterlibatannya dalam forum internasional, akan memainkan peran penting untuk mendukung program pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan di Bank Dunia.

Mari Elka Pangestu (dewimagezine.com)
Mari Elka Pangestu (dewimagezine.com)

Baca juga: Biografi Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar yang Tercapai

Presiden Joko Widodo mencalonkan Mari Elka Pangestu sebagai tokoh utama Bank Dunia pada Oktober 2019, karena keahliannya yang luar biasa di sektor ekonomi dan dianggap sebagai sosok yang mahir dengan kualifikasi standar internasional.

Mari telah menjabat sebagai menteri dalam dua periode. Pada tahun 2004, ia dilantik sebagai Menteri Perdagangan di kabinet presiden SBY hingga 2011, dan kemudian diangkat sebagai Menteri Pariwisata presiden Jokowi pada 2011-2014.

Melansir dari Tempo, saat ini Mari memegang kendali sebagai Ketua Dewan Pengawas International Food Policy Research Institute (IFPRI) di Washington D.C., dan juga aktif sebagai Penasihat Komisi Global untuk Geopolitik Transformasi Energi International Renewable Energy Agency (IRENA) di Abu Dhabi.

Nantinya, Mari ditugaskan untuk mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global Bank Dunia, kelompok penelitian dan data, dan fungsi hubungan eksternal dan perusahaan. Penunjukannya akan berlaku pada 1 Maret 2020.

Selanjutnya: Perempuan asal Asia Selatan, Melissa Roy sukses mencetak sejarah usai sukses mengelilingi seluruh negara di dunia.

Loading Facebook Comment ...