Tuai Kontroversi, Medali Emas Atlet Senam Malaysia Ditarik Panitia SEA Games

Medali Emas Senam Ritmik Malaysia Ditarik dari SEA Games
Izzah Amzan (asione.com)

Kabar menyedihkan harus diterima atlet senam Malaysia, karena medali emas yang diperolehnya di SEA Games 2019 harus ditarik kembali.

Kontroversi terkait medali emas milik Malaysia terus berlanjut. Kabarnya, medali dari cabang senam ritmik tersebut telah ditarik kembali oleh penyelenggara SEA Games 2019. Apa penyebabnya?

Pesenam ritmik asal Malaysia, Izzah Amzan sepertinya harus menghapus senyuman kemenangannya saat berpose dengan dua medali emas. Pasalnya, salah satu dari dua medali itu terpaksa ditarik kembali oleh panitia.

Izzah yang berusia 19 tahun, memperoleh dua medali emas untuk cabang bola dan pita pada pertandingan senam ritmik. Namun sayangnya, medali dari cabang pita yang dimenangkannya bersama rekan setim, Koi Sie Yan, terpaksa dilucuti akibat timbul kontroversi.

Izzah Amzan dan Sie Yan (indosport.com)
Izzah Amzan dan Sie Yan (indosport.com)

Izzah dan Sie Yan dinyatakan sebagai pemenang saat dewan juri memperdebatkan penilaian yang bias usai pertandingan. Sehari kemudian setelah penyerahan medali selesai, pesenam malang tersebut harus rela terdegradasi ke tempat kedua dengan medali perak.

Dalam penyataan resmi panitia, Izzah kabarnya seharusnya dianugerahi medali perak sejak awal oleh delegasi teknis.

Keputusan dibalik penarikan medali itu masih belum diketahui, namun pihak delegasi teknis memilih untuk mengikuti aturan dari badan dunia (FIG), sesuai dengan prosedur tie-break.

Pihak pemerintah Malaysia yang diwakili Datuk Megat Zulkarnain Omardin, kabarnya akan melayangkan protes terkait keputusan tersebut. Semoga saja permasalahan tersebut bisa lekas selesai dan tak merugikan banyak pihak.

Selanjutnya: Atlet sepak bola asal Amerika Serikat, Megan Rapinoe, kembali meraih kesuksesan. Kali ini, ia berhasil membawa pulang trofi Ballon d'Or.

Loading Facebook Comment ...