6 Musisi Wanita dengan Nominasi Grammy Awards Terbanyak dalam Sejarah

6 Musisi Wanita dengan Nominasi Terbanyak di Grammy
Beyonce (glamour.com)

Merayakan keberhasilan musisi wanita mendobrak ketimpangan di Grammy Awards 2020. Ini dia sederet wanita dengan nominasi Grammy terbanyak.

Sejak awal bergulirnya Grammy Awards pada tahun 1959, kita akan menemukan kurangnya keragaman historis pada setiap nominasi. Hal itu mungkin terbilang wajar, terutama mengingat bahwa 84 kategori penghargaan ditentukan berdasarkan genre, bukan gender.

Menariknya, tahun ini ketimpangan gender dalam Grammy seolah terhapuskan, karena musisi wanita tampak mendominasi nominasi di setiap kategori. Meski begitu, belum banyak wanita yang mampu melampaui keberhasilan musisi laki-laki dalam sejarah Grammy.

Baca juga: Lizzo Hingga Billie Eilish, Musisi Wanita Dominasi Nominasi Grammy Awards 2020

Menurut laporan bulan Februari 2019 oleh Statista, musisi pria yang paling banyak dinominasikan sepanjang masa adalah Quincy Jones dengan 80 nominasi, Paul McCartney dengan 78 nominasi, serta Jay Z dengan 77 nominasi. Sementara itu, Beyoncé adalah satu-satunya wanita yang bisa bersaing dengan para musisi pria dengan 70 nominasi.

Untuk merayakan Grammy Awards tahun ini yang didominasi wanita, melansir dari Vogue, ini dia enam artis wanita yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah Grammy.

Musisi Wanita dengan Nominasi Grammy Awards Terbanyak dalam Sejarah

Beyonce

Nominasi: 70

Kemenangan: 23

Beyonce (vogue.com)
Beyonce (vogue.com)

Prestasi Beyonce di industri musik sepertinya tak perlu diragukan lagi, ia bahkan telah menjual lebih dari 118 juta copy rekaman sampai saat ini. Setelah mencetak dua lagu hit nomor satu pada tahun 1999 bersama Destiny's Child (Bills, Bills, Bills, dan Say My Name), Bey kemudian memilih bersolo karir pada tahun 2003 dengan merilis album debutnya, Dangerously in Love. 

Dolly Parton

Nominasi: 49

Kemenangan: 8

Dolly Parton (vogue.com)
Dolly Parton (vogue.com)

Ratu musik country ini debut di tangga lagu pada tahun 1977 dengan album debutnya, Here You Come Again, dan memenangkan Grammy pertamanya pada tahun 1979. Dua lagunya, Jolene dan I Will Always Love You, bahkan telah menjadi bagian Grammy Hall of Fame. Tak hanya itu, ia juga mendapat Penghargaan Lifetime Achievement Award pada 2011. 

Emmylou Harris

Nominasi: 47

Kemenangan: 13

Emmylou Harris (vogue.com)
Emmylou Harris (vogue.com)

Karier penyanyi sekaligus penulis lagu country satu ini telah merentang 50 tahun, mempertahankan eksistensinya dalam genre musik yang sering didominasi pria. Dia berkolaborasi dengan orang-orang seperti Bob Dylan dan Gram Parsons, dan mendapatkan Grammy pertamanya pada tahun 1976 untuk kategori Best Country Vocal Performanc di lagu Elite Hotel. Pada tahun 2018, dia diberi juga mendapatkan Penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award.

Barbra Streisand

Nominasi: 46

Kemenangan: 8

Barbra Streisand (vogue.com)
Barbra Streisand (vogue.com)

Selama enam dekade kariernya, wanita satu ini telah mengantongi banyak penghargaan. Dia bahkan satu-satunya wanita yang mampu menjadi pemenang setiap ajang penghargaan bergengsi, yaitu Emmy, Grammy, Oscar dan Tony. Ia pertama kali mendapat penghargaan Grammy Awards pada tahun 1963 untuk debutnya, The Barbra Streisand Album. Kerennya lagi, ia bahkan telah masuk ke Grammy Hall of Fame sebanyak empat kali.

Aretha Franklin

Nominasi: 44

Kemenangan: 18

Aretha Franklin (vogue.com)
Aretha Franklin (vogue.com)

Cover Aretha untuk lagu Respect milik Otis Redding pada tahun 1967, berhasil mengangkat namanya dan mengamankan Grammy pertamanya. Dia memiliki lima rekaman di Grammy Hall of Fame, yaitu Respect, Chain of Fools, Amazing Grace, A Natural Woman (You Make Me Feel Like), dan I Never Loved A Man The Way I Love You.

Tak hanya itu, Aretha Franklin juga dikenal sebagai seorang dermawan dan aktivis yang luar biasa, banyak lagunya yang memicu perubahan sosial, termasuk Respect, yang menjadi lagu hak-hak sipil.

Alison Krauss

Nominasi: 42

Kemenangan: 27

Alisson Krauss (vogue.com)
Alison Krauss (vogue.com)

Penyanyi bluegrass-country yang juga anggota band Union Station ini telah berkecimpung di industri musik selama 35 tahun. Selama itu pula, ia telah memenangkan 27 nominasi, yang menjadikannya musisi wanita dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah Grammy.

Nah, itu tadi sederet musisi wanita dengan nominasi terbanyak selama perhelatan Grammy Awards. Adakah favoritmu di antaranya?

Selanjutnya: BTS kembali mengukir sejarah sebagai Kpop grup, karena mereka sukses mengalahkan nama-nama besar di ajang American Music Awards 2019.

Loading Facebook Comment ...