6 Musisi Wanita dengan Nominasi Grammy Awards Terbanyak dalam Sejarah

6 Musisi Wanita dengan Nominasi Terbanyak di Grammy
Beyonce (glamour.com)

Merayakan keberhasilan musisi wanita mendobrak ketimpangan di Grammy Awards 2020. Ini dia sederet wanita dengan nominasi Grammy terbanyak.

Sejak awal bergulirnya Grammy Awards pada tahun 1959, kita akan menemukan kurangnya keragaman historis pada setiap nominasi. Hal itu mungkin terbilang wajar, terutama mengingat bahwa 84 kategori penghargaan ditentukan berdasarkan genre, bukan gender.

Menariknya, tahun ini ketimpangan gender dalam Grammy seolah terhapuskan, karena musisi wanita tampak mendominasi nominasi di setiap kategori. Meski begitu, belum banyak wanita yang mampu melampaui keberhasilan musisi laki-laki dalam sejarah Grammy.

Baca juga: Lizzo Hingga Billie Eilish, Musisi Wanita Dominasi Nominasi Grammy Awards 2020

Menurut laporan bulan Februari 2019 oleh Statista, musisi pria yang paling banyak dinominasikan sepanjang masa adalah Quincy Jones dengan 80 nominasi, Paul McCartney dengan 78 nominasi, serta Jay Z dengan 77 nominasi. Sementara itu, Beyoncé adalah satu-satunya wanita yang bisa bersaing dengan para musisi pria dengan 70 nominasi.

Untuk merayakan Grammy Awards tahun ini yang didominasi wanita, melansir dari Vogue, ini dia enam artis wanita yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah Grammy.

Musisi Wanita dengan Nominasi Grammy Awards Terbanyak dalam Sejarah

Beyonce

Nominasi: 70

Kemenangan: 23

Beyonce (vogue.com)
Beyonce (vogue.com)

Prestasi Beyonce di industri musik sepertinya tak perlu diragukan lagi, ia bahkan telah menjual lebih dari 118 juta copy rekaman sampai saat ini. Setelah mencetak dua lagu hit nomor satu pada tahun 1999 bersama Destiny's Child (Bills, Bills, Bills, dan Say My Name), Bey kemudian memilih bersolo karir pada tahun 2003 dengan merilis album debutnya, Dangerously in Love. 

Dolly Parton

Nominasi: 49

Kemenangan: 8

Dolly Parton (vogue.com)
Dolly Parton (vogue.com)