10 Rekomendasi Film Tentang Psikologi dan Kesehatan Mental

10 Rekomendasi Film Tentang Psikologi dan Kesehatan Mental
The Perks of Being Wallflower

Isu tentang psikologi dan kesehatan mental kini sering diangkat dalam sebuah film. Ini dia beberapa film terkait yang harus kamu lihat!

Joker sukses menjadi perbincangan karena konsepnya yang tak biasa sebagai comic-book movie, dengan mengangkat sudut pandang kehidupan seorang villain. 

Memerankan karakter Arthur Flek atau Joker, Joaquin Phoenix harus berakting sebagai pria dengan gangguan mental yang mendapat perlakuan tak adil dari penduduk kota Gotham. Yup, karakter Joker yang dikenal jahat, justru meraih banyak simpati berkat latar belakang karakternya yang penuh kesedihan.

Mengangkat isu mental illnessnyatanya Joker bukan film pertama yang membicarakan masalah tersebut. Jika kamu tertarik mendalami kesehatan mental lebih jauh, beberapa film berikut ini bisa menjadi pilihan.

Rekomendasi film tentang kesehatan mental

1. Melancholia (2011)

Disutradarai oleh Lars von Trier, Melancholia (2011) adalah film drama fiksi ilmiah yang bercerita tentang dua kakak-beradik, Justine (Kirsten Dunst) dan Claire (Charlotte Gainsbourg), sesaat sebelum planet bernama Melancholia menghantam bumi.

Terdiri dari dua bagian, film ini berfokus pada penyakit mental yang diderita kedua karakter utamanya dan respon mereka menghadapi kehancuran dunia yang sudah di depan mata.

Di bagian pertama, kita diajak untuk mengenal Justine lewat resepsi pernikahannya. Walau baru menikah, bukan berarti depresi yang dialaminya hilang begitu saja. Kesedihan dan kesendirian tetap dialami Justine meski di masa-masa bahagianya sekali pun.

Bagian kedua bercerita mengenai Claire dan gangguan kecemasannya (anxiety disorder). Seiring planet Melancholia semakin mendekat dengan bumi, Claire diserang kepanikan karena memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. 

Menariknya, kedua pendekatan inilah yang menjadi kunci kesuksesan Melancholia dalam menangkap dan menggambarkan keragaman jenis penyakit mental. 

  • Director: Lars von Trier
  • Writer: Lars von Trier
  • Stars: Kirsten Dunst, Charlotte Gainsbourg, Kiefer Sutherland
  • Rating: 7.2/10

2. Silver Linings Playbook (2012)

Disutradarai oleh David O. Russell, film yang diangkat dari novel berjudul serupa karangan Matthew Quick, Silver Linings Playbook (2012) sebetulnya punya alur sejenis layaknya film yang berada dalam koridor komedi romantis (romcom).

Dalam film diceritakan Pat (Bradley Cooper), seorang pria dengan gangguan bipolar baru saja kembali ke rumah orang tuanya setelah dibebaskan dari rumah sakit jiwa. Sang istri meninggalkannya, setelah Pat menghajar selingkuhan istrinya hingga babak belur. 

Pat pun berusaha merebut hati sang istri kembali dengan bantuan teman barunya Tiffany (Jennifer Lawrence), seorang janda yang menderita gangguan serupa setelah kehilangan suaminya.

Pat mungkin bukan representasi umum tentang seseorang yang hidup dengan gangguan bipolar. Namun, film ini menampilkan kehidupan seseorang yang berurusan dengan penyakit mental dan orang-orang di sekitarnya dengan cukup baik.

Menariknya, meski film ini menggaris bawahi kondisikedua tokoh utama yang dipenuhi kesedihan, menontonnya justru membuat kita terhibur.

  • Director: David O. Russell
  • Writers: David O. Russell (screenplay), Matthew Quick (novel)
  • Stars: Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Robert De Niro
  • Rating: 7.7/10

Baca juga: Merinding! 7 Film Horor Korea Selatan Paling Menakutkan

3. Inside Out (2015)

Film animasi produksi Pixar ini berkisah tentang berbagai emosi yang mengontrol otak Riley, seorang anak kecil berusia 11 tahun yang baru saja pindah ke San Francisco.

Otak Riley digambarkan sebagai ‘kantor’ tempat lima emosi dasar manusia—Joy, Sadness, Fear, Disgust, dan Anger—bekerja.

Riley kesulitan beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, namun Joy ingin Riley selalu bahagia dan nggak memperbolehkan Sadness untuk mengontrol otak Riley. Namun, dengan gak memperbolehkan Riley merasakan kesedihan, Joy perlahan ‘membunuh’ kepribadian Riley, dan kantor tempat para emosi bekerja pun hancur perlahan.

Inside Out (2015) memberi pengertian bahwa segala bentuk emosi penting untuk dirasakan, termasuk kesedihan dan rasa sakit. Hal tersebut menjadi krusial dalam pembentukan kepribadian dan kesehatan mental manusia, terutama remaja.

  • Directors: Pete Docter, Ronnie Del Carmen (co-director)
  • Writers: Pete Docter (original story by), Ronnie Del Carmen (original story by)
  • Stars: Amy Poehler, Bill Hader, Lewis Black
  • Rating: 8.1/10

4. The Perks of Being Wallflower (2012)

Diangkat dari novel berjudul sama, The Perks of Being Wallflower (2012) bercerita mengenai kehidupan masa sekolah Charlie (Logan Lerman), pemuda canggung yang mudah cemas dan selalu terisolasi dari kegiatan sosial.

Charlie yang dihantui oleh trauma di masa lalu mulai bangkit ketika berteman dengan sekelompok senior yang karismatik, yaitu Sam (Emma Watson) dan Patrick (Ezra Miller). Namun sayang, perasaan suka cita di hatinya nggak berlangsung lama, ketika satu per satu konflik datang kembali ke hidupnya.