Banner

5 Cara Murah Agar Wajah Bebas Jerawat

5 Cara Murah Agar Wajah Bebas Jerawat
iStock

Kamu sering jerawatan? Yuk jaga kulit bebas jerawat dengan lima cara yang tak akan membuat kantongmu ‘jebol’.

Jerawat di wajah sering membuat perempuan merasa tak percaya diri. Apa kamu salah satu yang sering bermasalah dengan bintik merah membandel itu? Jika iya, mungkin kamu kurang memperhatikan kebiasaan sepele di rumah, seperti jarang mengganti seprai hingga tidur tengkurap.

Tidak perlu langsung pergi ke klinik kecantikan dan menghabiskan banyak uang untuk menghempaskan jerawat. Kamu bisa melakukan lima cara ‘murah’ agar wajah bebas dari jerawat.

  • Selalu Cuci Tangan

img

Meski sudah menggunakan berbagai produk mahal penghilang jerawat tapi masih ada saja yang tersisa? Mungkin karena kamu jarang cuci tangan. Bagian tangan terutama ujung jari sangat banyak terpapar bakteri. Bisa jadi hal tersebut yang merupakan penyebab utama timbulnya jerawat. Cara terbaik agar bakteri tidak menyebar ke wajahmu dengan mencuci tangan secara teratur dan sebisa mungkin tak terlalu sering menyentuh wajah menggunakan ujung jarimu.

  • Mengganti Sarung Bantal Tiap Minggu

img

Yap, mengganti seprai secara rutin juga menjadi cara ‘murah’ agar wajahmu bebas dari jerawat. Tak hanya seprai, sebaiknya ganti sarung bantal setiap minggu. Sarung bantal yang lama tak diganti bisa menyebabkan kotoran menumpuk. Kotoran tersebut bisa berasal dari minyak dan bakteri wajah atau rambutmu. Coba menggantinya seminggu sekali untuk merasakan perubahan.

  • Jangan Tidur Tengkurap

img

Posisi tidur rupanya juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah termasuk munculnya jerawat. Pastikan kamu selalu tidur telentang atau miring (tidak tengkurap). Dengan cara ini, kamu tak akan membenamkan wajahmu ke bantal atau menempel langsung pada seprai. Tidur tengkurap tak hanya bisa menyebabkan jerawat tapi juga menimbulkan kerutan.

  • Perawatan Jerawat dengan Garam

img

Salah satu obat jerawat yang murah dan tidak menghabiskan biaya dengan menggunakan garam, seperti disarankan ahli. Garam laut bisa digunakan di wajah untuk mengatasi jerawat yang meradang. Oleskan garam selama 10 menit lalu bilas. Sifat garam membantu meredakan peradangan karena memiliki ’sifat’ antibakteri.

  • Yoga

img

Bagaimana yoga bisa membantu kulit bebas dari jerawat? Banyak ahli bahkan selebriti merasakan manfaat yoga yang luar biasa buat kulit. Jika kamu seorang pemula maka lakukan pose ‘downward dog’ selama lima menit setiap hari. Ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit awet muda. 

Selanjutnya: Ini yang wajib kamu tahu sebelum pakai dry shampoo. Jangan asal!