5 Langkah Mudah Membuat Ripped Jeans

5 Langkah Mudah Membuat Ripped Jeans
ISTOCK

Saatnya berkarya. 

Ripped jeans bukanlah tren baru, gaya ini datang dan pergi sejak tahun 1980an, tapi akhir-akhir ini sedang menikmati kembali masa keemasannya. Ripped jeans (sebenarnya) bisa dianggap sebagai fine art. Pasalnya, jika bentuknya benar akan terlihat keren, tapi salah potong satu titik saja akan terlihat seperti Donnie Wahlberg saat Hangin' Tough Tur bersama New Kids on The Block akhir tahun 80an. Jadi, mengetahui persis bagaimana memotong, menggosok, dan merobeknya sangatlah penting. 

Namun, jujur saja rasanya seperti menelan buah kedondong saat membeli ripped jeans: trendi sih, tapi penampakannya seperti jeans yang seharusnya sudah dibuang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan aktivitas prakarya sedikit dan membuat ripped jeans sendiri. Selain hemat, kamu juga bisa menentukan dimana rusak dan bolongnya: kaki, dengkul, paha, atau pantat, terserah! 

1. Pilih Jeans

Langkah utama pastinya memilih jenis jeans yang ingin kamu "rusak". Tight and skinny, boyfriend style, warna hitam, putih, biru, dsb? Sebaiknya, uji coba dulu dengan menggunakan sepasang jeans yang tidak dipakai atau membuatmu bilang "meh". 

Ingin jeans terlihat bulukan? Cuci beberapa kali dengan air panas dan sedikit pemutih sebelum proses ini dimulai. Jika tidak, ikuti langkah selanjutnya. 

2. Siapkan Peralatan Tempur

Untuk membuat jeans terkesan robek alami, ada baiknya untuk menggosoknya dengan kuat terlebih dulu sebelum mulai membuat lubang. Kamu perlu: ampelas atau alat pembersih cat, steel wool, dan batu apung. Untuk lubang-lubangnya, gunakan gunting kecil super tajam atau cutter. Hanya saran, berdayakan kertas kardus atau potong kayu kecil dan letakkan di bagian dalam kaki jeans supaya bagian tersebut tidak rusak—kecuali itu memang yang diidamkan.

3. Tandai Jeans

Gunakan pena, kapur, atau safety-pin untuk menandai titik-titik yang ingin kamu robek atau acak-acak. Penggaris mungkin ada gunanya untuk menentukan seberapa besar/ lebar robekan. Lakukan ini dalam posisi berdiri.

4. Mulai Menggosok