8 Cara Memastikan Sneakers Putihmu Tetap... Putih

8 Cara Memastikan Sneakers Putihmu Tetap... Putih
ISTOCK

Bukan kuning, atau abu-abu.

Ah, sepatu putihmu sepertinya (uhuk) butuh sedikit sentuhan air, atau paling tidak olesan alat pembersih. Pasalnya, warnanya itu lebih mengarah ke abu-abu (bahkan biru?) dibandingkan putih. Well, bisa dimengerti karena kamu memakainya hampir setiap hari mulai dari ke Starbucks, kantor, sampai ke pasar tradisional untuk membeli alpukat murah. Akan tetapi, satu hal yang membuat penasaran: seleb, blogger, dan setiap orang yang memiliki profesi mirip terlihat selalu (yah, paling tidak di Instagram mereka) bisa mempertahankan kesucian nan putih white sneakers mereka. Bagaimana bisa? Berikut beberapa trik untuk membuat sneakers putihmu seperti baru dibeli.   

1. GUNAKAN PASTA GIGI

Pasta gigi ternyata tidak hanya berfungsi membersihkan gigi, tapi juga sepatumu terutama bagian depan dan sol karet. Caranya: aplikasikan pasta gigi di bagian tersebut, gosok dengan sikat gigi dan bersihkan dengan air atau lap lembap. Untuk lebih efektif, tambahkan sedikit gula ke dalam pasta gigi atau gunakan whitening toothpaste.   

2. BERSIHKAN TALI SEPATU DENGAN AIR HANGAT

Teman, meski sepatumu seputih pembalut baru, tapi jika tali sepatunya setidak jelas status percintaanmu, tidak ada gunanya. Eits, jangan dimasukkan ke dalam mesin cuci (seberapa besar pun godaannya), melainkan bersihkan dengan tangan dengan menggunakan campuran air hangat dan sabun, atau baking soda, lalu angin-anginkan. Solusi lebih tepat, beli yang baru. Uh-uh.  

3. MANFAATKAN TEKNOLOGI: PEMUTIH 

Maksudnya adalah produk pemutih seperti Kiwi Whitener yang bisa membantu menyulap sepatu kembali ke warna semula. Lagu bagaimana dengan pemutih pakaian, bolehkah digunakan untuk white sneakers? Tentu saja, tetapi harus diencerkan terlebih dulu. Mayoritas panduan perawatan sepatu menyarankan untuk mencampurkannya dengan rasio 1:5—satu pemutih lima air; lebih dari itu sepatumu akan berisiko berubah menjadi mahluk kekuningan aneh. Celupkan sikat gigi ke campuran pemutih dan gosok dengan lembut. Bilas dengan air hangat ketika sudah selesai.  

4. PRAKTIKKAN RESEP LAMA: DETERJEN 

Ini cara lama tapi bubuk deterjen juga efektif membersihkan white sneakers, terutama yang terbuat dari kulit. Kamu hanya perlu mencampurkan deterjen dengan air hangat dan gosok sepatu dengan sikat pembersih atau sikat gigi.   

5. OLESKAN CUKA UNTUK NODA SETITIK