9 Trik Membuat Sneaker Putihmu Berkilau Lagi

9 Trik Membuat Sneaker Putihmu Berkilau Lagi
ISTOCK

Nyaris seperti baru.

Kita berpikir bahwa siapapun yang berhasil, selalu, menjaga sneakers putihnya kinclong tanpa noda adalah penyihir. "Ah, mustahil punya sepatu seputih itu, padahal bukan sepatu baru, kalau bukan keturunan Juwita!" begitu kata si Sirik. 

Well, sirik sih, boleh, ya. Wajar banget. Namun, alih-alih menyalurkan energi tersebut untuk nyinyir, lebih baik gunakan untuk membersihkan sepatu putihmu yang sudah berumur lebih dari satu tahun itu. Yep, ada caranya untuk mempertahankan kemurnian white sneakers

  • Gunakan kutek putih untuk menutupi goresan

Sesederhana itu. Jika melihat goresan atau noda kecil di sneakers putihmu yang masih bau toko, cukup oleskan cat kuku putihmu di atasmu. Tada! 

  • Gunakan lap, penghapus ajaib, atau vinegar untuk menghilangkan noda

Ada banyak alat mungil di luar sana yang bisa membantu kita. Ada yang namanya penghapus ajaib, tapi jika kamu tidak memiliki benda seperti ini, ada cara lain. Ambil lap, dan celupkan di dalam vinegar. Gosok dengan lembut untuk menghapus noda tersebut. Voilà!

  • Jangan pernah masukkan sepatu putih ke dalam mesin cuci

Ini aturan yang harus dipegang dan diingat selama kamu hidup. Bahkan jika dicuci dengan gentle cycle, mesin cuci terlalu kasar dan jungkir balik untuk sepatu putih. Tetaplah setia mencucinya dengan tangan. 

  • Gunakan sikat gigi lama 

Untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Temannya adalah air hangat dan sabun lembut, lalu gosok dengan hati-hati. 

  • Bersihkan tali sepatu dengan air hangat

Kamu mungkin tergoda untuk melemparkan begitu saja tali sepatu tersebut di... mesin cuci—tapi tahan dulu. Hal lain yang sebenarnya bisa dilakukan adalah mencuci mereka dengan tangan di dalam air hangat dan sabut dan kemudian biarkan mengering.

  • Setelah bersih gunakan tisu

Sepatu putih kesayanganmu mungkin terasa lembab setelah dibersihkan. Untuk mengeringkannya lebih cepat, masukkan gumpalan tisu kertas ke dalam sepatu. Tisu akan meresap cairan yang berlebihan dan membantu sepatu kering lebih cepat. 

  • Gunakan shampoo lembut untuk membersihkan minyak

Seberapa hebat pun kamu berusaha melindungi keputihannya (menutupinya dengan plastik setiap keluar rumah), akan tiba saatnya yang tidak diinginkan terjadi: satu biji kentang goreng jatuh tepat di atas sneaker putihmu (oops). Saat tiba di rumah, gunakan shampoo paling lembut yang kamu punya, air hangat, dan sikat gigi atau lap untuk menghapus noda minyak. Harusnya sih, langsung kinclong kembali!

  • Selalu simpan di dalam ruangan agar tidak terpapar matahari secara langsung

Jangan tinggalkan sneakers putihmu di luar. Panas yang mereka rasakan sudah lebih dari cukup saat kamu berjalan di luar rumah, terlebih sinar UV bisa membuat sepatu pudar dan warna yang tidak rata. Perlakukan mereka dengan baik, dan simpan di tempat yang sejuk, gelap ketika tidak dipakai.

  • Gunakan pemutih (hanya ada aturannya)