Arti Kode Berpakaian yang Biasanya Ditulis dengan Huruf Kecil di Undangan

Memahami Arti Dress Code Pada Undangan
ISTOCK

Kode ini biasanya bikin pusing. Daripada emosi, baca ini untuk mengerti apa sebenarnya arti semua kode berpakaian itu. 

Seringkali kita menerima undangan dan di bagian bawahnya tertulis "dress code: business casual." Demi apapun, bagaimana mungkin bisnis bisa sekalian kasual? Siapapun yang menemukan istilah ini, harusnya dilarang berbisnis. Selain itu, lain waktu menerima undangan pesta dan tertulis: "dress code: festive." Apa maksudnya? Berdandan seperti layaknya menghadiri festival-festival karnaval? Lengkap dengan rumbai-rumbai dan makeup heboh? 

DRESS CODE: COCKTAIL

daihatsu banner

Bukan, bukan berarti berpakaian dengan warna-warna cocktail—meskipun pasti enak dilihat mata. Untuk laki-laki ini artinya dark suit dengan dasi. Sementara perempuan diminta untuk memakai gaun pendek (supaya lebih bebas dan siap untuk berpesta). Jika ragu, pilih LBD dan padu padankan dengan perhiasaan yang mentereng dan feminin. 

DRESS CODE: FESTIVE

Menjawab pertanyaan tadi, kode ini sebenarnya sedikit sama dengan cocktal. Bedanya, ada sedikit sentuhan festive, seperti sparky sequin dress atau red satin skirt. Soalnya, undangan seperti ini biasanya mulai berdatangan saat masa... libur telah tiba!

DRESS CODE: BUSINESS FORMAL

Biasanya kode berpakaian ini berlaku untuk sebuah konferensi atau makan siang dengan klien. Artinya, kamu sebaiknya memakai sesuatu yang resmi, seperti pantsuit atau tailored dress (untuk perempuan) dan kemeja dan dasi (untuk pria).

DRESS CODE: BUSINESS CASUAL

Ini biasanya kode penting untuk mereka yang bekerja di korporasi. Untuk perempuan, artinya celana bahan dan blazer, atau pencil skirt dan kemeja atau formal blouse. Pria, kemeja, celana bahan, atau kaus berkerah. Pastinya: dilarang memakai jeans atau sneakers. 

DRESS CODE: CASUAL

Terjemahannya: apapun yang kasual, termasuk jeans dan sneakers. Arti lainnya: jika kamu terlalu berdandan atau terlalu rapi, kamu akan merasa saltum (salah kostum) dan bisa jadi diperhatikan oleh semua mata dan membuatmu tidak nyaman. So, keep it casual, yeah?

DRESS CODE: BLACK TIE

Untuk pria kode ini sangat jelas: pakai tuxedo. Namun, bagi perempuan interpretasinya bisa bercabang. Secara teknis kita memang bisa memakai apapun, mulai dari gaun panjang sampai cocktail dress. Cara terbaik untuk tidak salah pilih baju adalah membayangkan apa akan dipakai oleh tuan rumah. Pernikahan mewah? Berarti, pakai gaun. Di sisi lain, jika ini adalah acara kantor yang berkode black tie, pilih LBD dengan statement jewelry. 

Baca juga: Susunan Acara Pernikahan Lengkap dari Akad Hingga Resepsi

Shop From Our Partner Cathaofficial.com