Awas, Ini Kebiasaan Sepele yang Bisa Jadi Penyebab Jerawat

Awas, Ini Kebiasaan Sepele yang Bisa Jadi Penyebab Jerawat
ISTOCK

Ada kebiasaan sehari-hari yang tanpa kamu sadari bisa menyebabkan jerawat lho, apa saja sih?

Beberapa perempuan sering mengeluh jika wajahnya berjerawat. Padahal rajin mencuci muka, menggunakan skin care, sampai menggunakan obat jerawat dengan kualitas terbaik. Tapi perlu kamu ketahui bahwa penyebab jerawat bukan hanya dari faktor produk perawatan yang kamu gunakan. Bisa jadi karena kebiasaan buruk yang selalu kamu lakukan setiap hari. Berikut kebiasaan sepele yang bisa menjadi penyebab jerawat.

  • Menyentuh wajah dengan tangan kotor

img

Ini adalah penyebab jerawat yang paling sering dilakukan banyak orang. Bakteri serta berbagai kotoran yang menempel di tanganmu dapat menempel kulit dan menyumbat pori-pori. Nah, hal inilah yang membuat kulitmu jadi rentan berjerawat. Selain itu, benda-benda yang menempel di wajahmu seperti handphone, alat make-up, bahkan keringat pun dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Untuk menghindarinya, gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. Gunting selalu kukumu dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin membersihkannya. Bersihkan juga benda-benda yang sering Anda gunakan sehari-hari seperti handphone, alat makeup, handuk, serta lap wajah secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat membuat wajah kamu semakin berjerawat.

  • Rambut yang kotor

img

Ketika kamu jarang keramas, rambut bisa bau dan lepek sehingga banyak kotoran yang bisa menempel ke wajah. Akibatnya kulitmu jadi rentan berjerawat. Sebaiknya cucilah rambut secara rutin dan hindari penggunaan rambut pada area dahi.

  • Mencuci muka menggunakan eksfoliasi (scrub)

img

Exfoliasi memang perlu dilakukan secara teratur sekitar satu sampai tiga kali seminggu. Tapi ingat, jangan berlebihan ya...

Sembarangan menggosok scrub atau exfoliant dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, peradangan, bahkan infeksi. Semua ini merusak kemampuan kulit kamu untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

  • Sering menggonta-ganti produk perawatan

img

HALAMAN
12