Eitsss... Tunggu DuluPertimbangkan Hal Ini Sebelum Menyewa Gaun Pengantin

Eitsss... Tunggu DuluPertimbangkan Hal Ini Sebelum Menyewa Gaun Pengantin
ISTOCK

Jangan sampai menyesal.

Dilamar—bahagia sih, tapi muncul perasaan galau baru: menentukan apakah sebaiknya membeli atau meminjam gaun pengantin. Pastinya, tidak bisa diragukan dari segi harga, rental lebih murah (sehingga dana bisa dialokasikan untuk menambahkan cendol ke dalam menu prasmanan). Akan tetapi, jangan hanya faktor itu yang menyebabkanmu memutuskan untuk meminjam baju bersejarah tersebut. Ini beberapa hal penting yang juga akan membantu apakah sebaiknya membeli atau meminjam. 

1. Ketersediaan

Meminjam bukanlah pilihan utama mayoritas calon mempelai, sehingga tidak terlalu populer, akibatnya pilihan model pun menjadi terbatas. Jika kamu memiliki deskripsi "gaun pengantin impian" yang sudah kamu desain sejak kelas 2 SD, ada kemungkinan susah menemukannya di jasa rental. 

2. Harga

Yep, seperti yang sudah disinggung di atas, biaya rental akan cenderung lebih murah dibandingkan membeli sendiri; bahkan mungkin bisa mendapatkan gaun rancangan desainer dengan harga miring. Yah, ini memang menjadi daya tarik terbesar jika akhirnya kamu memutuskan untuk meminjam gaun. 

3. Dijahit Lagi

(Harus sujud) Syukur kamu panjatkan jika saat mampir ke jasa rental dan menemukan gaun yang sesuai dengan ukuranmu. Namun, yang lebih sering terjadi adalah gaun tersebut butuh sentuhan tangan penjahit lagi, dialterasi. Sayangnya, belum tentu pemilik rental mengijinkanmu mengutak-atiknya. 

4. Waktu Terbatas

Sama seperti hal lain yang dipinjam: ada batas waktunya. (Kembalikan buku temanmu yang sudah kamu pinjam setahun yang lalu itu!) Begitu disewa, harus dikembalikan secepatnya, dalam waktu 48 jam. Untuk yang mendadak menikah, ini mungkin adalah solusi yang sempurna. 

5. Biaya Tambahan