Hati-hati Bumil, Hindari Skin Care yang Mengandung 6 Bahan Ini

Hati-hati Bumil, Hindari Skin Care yang Mengandung 6 Bahan Ini
iStock
Hati-hati Bumil, Hindari Skin Care yang Mengandung 6 Bahan Ini

Bukan tidak boleh menggunakan skin care saat hamil, namun perlu menghindari bahan-bahan ini ya yang bisa berbahaya buat kandungan.

Sebagai seorang perempuan tentunya menjaga penampilan merupakan hal penting, termasuk saat kamu sedang hamil. Meskipun banyak aturan baru yang harus dijalankan, kamu akan mulai beradaptasi dengan itu semua. Tujuannya adalah untuk keselamatan sang buah hati.

Selain pola makan dan gaya hidup yang harus mulai diubah. Ternyata kandungan bahan dalam produk perawatan kulit yang kamu pakai juga harus mulai diperhatikan. Karena 'racun' yang terformulasi dengan produk perawatan kulit yang kamu pakai bisa mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Sebelum semuanya terlambat, ada baiknya untuk menghindari bahan-bahan berikut ini: 

  • Retinoid

Jika kamu menggunakan produk anti ageing pasti bahan ini tidak asing ditelingamu. Yep, retinol. Retinol termasuk dalam golongan turunan vitamin A, seperti retinoic acid, retinyl palmitate, retinaldehyde, adapalene, tretinoid, tazarotene, dan isotretinoin ini biasanya berisiko menyebabkan kelainan pada janin, serta racun liver. 

  • Benzoyl Peroxide

Memilikii fungsi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, namun bahan ini sebaiknya mulai dihindari. Karena formulanya dapat menyebabkan kerusakan janin yang cukup serius .

  • Salicylic Acid

Menjadi bahan yang banyak digunakan dalam skincare ternyata membuat salicylic acid juga tidak baik untuk perempuan yang sedang hamil. Menggunakan produk salicylic acid oral saat trimester ketiga berisiko menyebabkan pendarahan janin. 

  • Hydroquinone

Siapa yang sedang menggunakan produk pencerah wajah? Biasanya, kita akan menemukan kandungan hydroquinone sebagai bahan utamanya. Namun ternyata bahan ini tidak baik untuk kesehatan, karena berisiko mengontaminasi aliran darah.

  • Chemical Sunscreens

Memang menggunakan tabir surya itu wajib hukumnya. Apalagi paparan sinar matahari bisa merusak kulit. Akan tetapi, kamu harus pintar memilih produk tabir surya. Carilah produk tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang aman untuk digunakan. 

  • Minyak Esensial

Bagi perempuan hamil, minyak esensial sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual, mengurangi insomnia dan bisa memberikan efek relaksasi. Meski mengandung banyak manfaat, kamu tetap harus berhati-hati sebab terdapat beberapa aroma minyak esensial yang dinilai tidak aman untuk janin, apalagi bila memiliki konsentrat yang tinggi.

Selanjutnya: Woop juga punya rekomendasi lipstik merah nih buat kamu yang berani tampil standout...