Fashion Show Busana Muslim Hingga Talk Show, Ini Kemeriahan MUFFEST 2020!

Fashion Show Hingga Talk Show, Kemeriahan MUFFEST 2020
Aji Suropati Fashion Show (MUFFEST 2020)

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, Indonesia bersiap menjadi kiblat fashion muslim dunia lewat ajang MUFFEST 2020.

Pagelaran fashion show yang menampilkan ragam fashion modest dan muslim, persembahan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo, Muslim Fashion Festival 2020 (MUFFEST), resmi dibuka pada Kamis (20/02).

MUFFEST 2020 dilaksanakan selama empat hari mulai 20 - 23 Februari 2020, di Jakarta Convention Center, dengan mengusung tema “Fashionable People for Sustainable Planet”. Tema ini ingin menekankan pada kiprah para desainer untuk semakin peduli pada fashion yang yang ramah lingkungan.

Walaupun hal tersebut tidak mudah karena masih banyak produk yang berbahan kimia, namun para desainer terus berupaya untuk meningkatkan penggunaan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Acara ini menghadirkan 117 desainer ternama tanah air, 400 exhibitors serta diramaikan dengan ragam acara pendukung seperti talkshow, seminar, exhibition retail (B2C) dan lain-lain.

Aji Suropati Fashion Show Opening
Aji Suropati Fashion Show Opening

Baca juga: MUFFEST 2020 Mengusung Konsep Sustainable Fashion

Opening Show dari Sederet Desainer Ternama

Sementara itu, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma, dalam sambutan pembukanya kembali menegaskan peran industri fashion melalui MUFFEST sebagai medium untuk melakukan kampanye ramah lingkungan. “Semakin hari semakin banyak desainer yang membatasi atau mengurangi sampah hasil industri seperti kain sisa, sampah pewarnaan bahan, dan lain-lain. Hal ini merupakan komitmen para pelaku industri untuk semakin ramah lingkungan demi masa depan yang lebih baik,” terang Ali.

View this post on Instagram

A post shared by Muslim Fashion Festival (@muslimfashionfestival) on

Acara pembukaan kali ini juga diramaikan dengan fashion dari beberapa desainer yang ambil bagian pada MUFFEST 2020 seperti Olivia Soesanto, Dyah Ayu Wulansari, Cut Eriva, Aji Suropati, Aninda Nazmi, Ray Anjas, Lania Rakhmawati, dan lain-lain. Gelaran fashion show perdana ini sukses menyita perhatian para pengunjung yang memadati ruangan acara pembukaan.

Talk Show dengan Summer Albarcha

Keseruan MUFFEST hari kedua semakin terasa bagi para pengunjung dengan acara Talkshow Stay in ‘Faith’shion, yang menghadirkan Summer Albarcha, selebgram fashion asal St. Louis, USA. Talkshow ini dipadati ratusan perempuan pecinta fashion yang ingin bertemu langsung dengan Summer Albarcha, yang hadir bersama selebriti Indonesia, Dewi Sandra dan selebgram Indonesia, Mega Iskanti.

View this post on Instagram

A post shared by Muslim Fashion Festival (@muslimfashionfestival) on

Summer Albarcha pada MUFFEST 2020 ini akan mengenakan koleksi Brooklyn dan Manhattan yang merupakan rangkaian koleksi terbaru dari Dauky. “Fashion merupakan ekspresi dari diri kita, oleh karena itu orang lain akan melihat kita dari apa yang kita kenakan. Kita bisa sebebas-bebasnya berkreasi dengan fashion, mulai dari warna, konsep, dan style, namun kita tetap mengedepankan agama kita,” terang Albarcha.

Modest Young Designer Competition

Di hari ketiga ini MUFFEST juga menampilkan 15 finalis Modest Young Designer Competition (MYDC) yang merupakan ajang unjuk gigi para desainer muda di MUFFEST 2020. Para finalis mendapatkan tantangan dari Asia Pacific Rayon (APR) untuk mengolah bahan menjadi pakaian ready to wear.

View this post on Instagram

A post shared by Muslim Fashion Festival (@muslimfashionfestival) on

Dari sekitar 600 peserta yang mendaftar, terpilih 15 finalis untuk tampil mempresentasikan langsung karyanya di depan juri pada hari ini (22/2) dan akhirnya yang terpilih sebagai pemenang Modest Young Designer Competition 2020 yaitu: Eugene Kharisma asal Jakarta (Juara 1), Widi Widiasari asal Bandung (Juara 2), Jovi Ahmedi asal Palembang (Juara 3), dan Tiffany Araqandi Firdausi asal Surabaya (Juara Favorit).

Closing Show yang Megah