Kamu Sering Mood Swing Saat Menstruasi? Coba Cara Ini Yuk!

Kamu Sering Mood Swing Saat Menstruasi? Coba Cara Ini Yuk!
ISTOCK

Mood swing saat menstruasi cukup mengganggu aktivitasmu? Cari tahu yuk gimana mengatasinya.

Menstruasi bisa menjadi musuh besar bagi para perempuan. Pasalnya banyak perempuan yang mengalami gejolak emosi tak menentu dan kadang tanpa alasan jelas. Bisa tiba-tiba kesal tapi lima menit kemudian bahagia. Mood swing juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana sih mengatasi mood swing dan apa saja penyebabnya?

Salah satu yang menjadi penyebab mood swing adalah ketidakseimbangan hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati. Ini pun tergantung pada banyak faktor berbeda.

Mood swing saat menstruasi terkait dengan naik-turunnya kadar hormon estrogen di sepanjang sicles menstruasi. Estrogen mulai naik secara perlahan setelah menstruasi terakhir kamu selesai kemudian mencapai puncaknya dua minggu  mendekati jadwal haid kamu selanjutnya. Setelah itu, kadar estrogen dalam tubuh mulai menurun tajam sebelum mulai naik perlahan dan turun lagi menjelang siklus baru dimulai. Naik dan turunnya kadar hormon ini jugalah yang menyebabkan gejala PMS lainnya.

img

PMS dapat menyebabkan gejolak perubahan suasana hati yang tidak terkendali pada beberapa perempuan, mulai dari menangis sampai ledakan amarah serta kegelisahan, lalu kembali ke keadaan emosional yang stabil. Semua ini bisa terjadi dalam satu hari. Gejala PMS emosional yang paling umum adalah Mudah marah, depresi, menangis, sangat sensitif, gampang gugup dan comas. Walaupun mood swing dapat hilang dengan sendirinya, terkadang hal itu dapat mempengaruhi aktivitas kamu seharian, pasti nggak enak banget kan?

Simak yuk tips dari Woop untuk mengatasi mood swing kamu saat menstruasi

Gaya hidup sehat merupakan langkah awal untuk menangani PMS, termasuk mood swings yang sering dialami oleh perempuan. Bagi banyak perempuan, mengelola gaya hidup dapat mengurangi gejala PMS, seperti:

  • Mengatasi Stres

Stres dapat membuat gejala PMS semakin parah. Kamu bisa mencoba teknik-teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk membantu kamu mengendalikan mood swings saat menstruasi.

  • Minum Banyak Cairan

Seperti air atau jus, hindari minum soda, alkohol, ataupun kafein selam sedang haid. Hal ini akan membantu mengurangi rasa kembung, retensi cairan, dan gejala lainnya.

  • Sering Makan Camilan

Cobalah untuk menyempatkan diri ngemil setiap jeda 3 jam. Woop sarankan kamu ngemil cokelat saat menstruasi karena di dalam cokelat terkandung zat phenetylamine yang berfungsi untuk menghasilkan hormon endorfin di dalam tubuh. Endorfin sendiri merupakan hormon yang membuat seseorang merasa bahagia seperti saat sedang jatuh cinta lho.

  • Makan yang seimbang