Kenapa Wajah Perempuan Terkadang Lebih Tua dari Umur Aslinya?

Kenapa Wajah Perempuan Terkadang Lebih Tua dari Umur Aslinya?
istock

Wajah bukan lagi menjadi tolak ukur usia seseorang 

Apakah kamu sadar mengapa generasi Z yang memiliki kelahiran 2000-an keatas memiliki wajah, suara, dan tingkah laku yang bisa dikatakan ‘di atas’ usia mereka? Dilansir dari laman boldsky.com, ada dua jenis umur yaituChronological Age (umur kamu saat ini) dan Biological Age (faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya perubahan tubuh secara nyata).

Namun hal ini tidak hanya terjadi pada generasi milenial, perempuan berusia 30-40 tahun juga banyak yang mengalami hal serupa. Ini disebabkan oleh Biological Age. Lalu hal apa yang mendorong timbulnya Biological Age sehingga membuat wajah terlihat lebih tua dari umur aslinya? Berikut beberapa faktor penyebabnya.

1. Fast food

img

Pernah mendengar pepatah ‘kamu adalah apa yang kamu makan?’. Makanan merupakan sumber utama untuk kamu bisa bertahan hidup. Makanan juga memiliki peranannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan tubuh, seperti zat besi, vitamin, mineral, lemak, dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun ada satu jenis makanan yang tidak memiliki kandungan tersebut bahkan cenderung merugikan tubuh yang mengonsumsinya, yaitu fast food. So, jika kamu tidak ingin cepat menua jangan terlalu sering mengonsumsi fast food ya!

2. Jarang berolahraga

img

Orang yang rajin berolahraga setidaknya 30 menit sehari mampu membentuk sistem pertahanan tubuh secara alami sehingga virus dan bakteri sulit bersarang pada tubuh. Selain itu, secara otomatis sel-sel baru pada tubuh akan terbentuk dan menciptakan jaringan otot yang baru dan membuat penampilan kamu berubah secara fisik.

Berbeda jika kamu jarang berolahraga, yang terjadi adalah badan mudah lelah dan memperlambat jaringan sel dalam tubuh. Akibatnya akan menimbulkan garis halus dan kerutan yang cukup serius.

3. Perokok aktif