Ketahui Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Benar

Ketahui Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Benar
ISTIMEWA

Perhatian: bentuk telapak kaki sangat menentukan! 

Solusi tahun baru: memiliki gaya hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan mulai berkomitmen untuk sering berolahraga, entah itu dengan bergabung menjadi anggota sebuah gym atau berlari di sekitar kompleks rumah. That’s splendid. Namun, permasalahan berikutnya adalah bagaimana memilih sepatu yang benar. Dengan banyaknya pilihan di toko sepatu, terkadang bukan membantu, tapi membuat bingung!

Berikut cara memilih sepatu yang cocok dengan rutinitas dan bentuk badanmu.

  • Running shoes vs cross-trainers

Pilih running shoesjika aktivitas olahragamu sebagian besar berupa jogging atau jalan, karena sepatu jenis ini didesain untuk gerakan dari tumit sampai ke ujung jempol kaki. Hindari membeli walking shoes untuk aktivitas ini karena running shoes mengakomodasi lebih banyak jenis kaki dan lebih tahan lama.

Pilih cross-trainers: jika rutinitasmu termasuk erobik, angkat beban, kickboxing atau semua olahraga di atas permukaan keras yang melibatkan berbagai gerakan.

  • Kenali jenis telapak kaki

Cedera lutut, tumit, dan arthritis dini adalah beberapa masalah yang bisa timbul akibat mengenakan sepatu yang salah. Sebaliknya, sepatu dirancang untuk meminimalisasi kemungkinan terkena cedera kaki, meningkatkan struktur badan dan performa. Untuk menentukan jenis kaki, minta bantuan seorang podiatris atau bisa dilihat dari jejak di sol sepatu yang sudah terpakai. Pola pemakaian yang terdapat di sol sepatumu menunjukkan dimana kamu memberikan tekanan saat berjala:

1. Bagian atas, tepi luar tercetak jelas 

Kamu adalah seorang supinator (atau underpronator). Kaki seorang supinator cenderung memiliki lengkungan yang tinggi dan bergulung ke luar.

Kamu butuh: cushioning sneakers untuk shock absorption.

2. Seimbang, netral; atas-bawah sama-sama tercetak jelas

Kamu memiliki kaki netral dan memiliki kecepatan rata-rata dengan pembagian penumpuan berat badan yang seimbang di sepanjang telapak kaki.

HALAMAN
12