Rambut Beruban? Mungkin Kamu Keseringan Naik Ojek

Rambut Beruban? Mungkin Kamu Keseringan Naik Ojek
iStock

Kamu sering berpergian menggunakan ojek online atau motor? Hati-hati rambut cepat beruban.

Rambut yang mulai ‘memutih’ bisa menjadi perhatian banyak orang dari berbagai kelompok umur. Ada saat ketika uban terjadi hanya setelah usia tertentu tapi itu dulu. Sekarang remaja saja sudah menderita masalah rambut beruban. Mengapa rambut berubah padahal usia masih sangat muda? Berikut beberapa alasan untuk menjelaskan hal ini:

  • Keseringan Naik Ojek atau Motor

img

Kamu sering beraktivitas menggunakan motor? Jika iya, bisa jadi ini penyebab rambut beruban. Bukan masalah motornya melainkan polusi udara yang langsung ‘menyerang’ rambut saat berpergian naik motor. Lingkungan ‘beracun’ dapat menyebabkan rambut berubah menjadi abu-abu lebih cepat. Polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

  • Stres

img

Jika kamu sering stres ada kemungkinan rambutmu lebih mudah beruban. Stres mempercepat kepadatan genetik dan akibatnya mengubah warna rambut. Cobalah untuk mengelola stres kalau ingin warna rambut tetap terjaga.

  • Merokok

img

Punya kebiasaan merokok? Jelas saja membuat rambutmu cepat beruban. Kamu bahkan bisa cepat beruban bahkan jika kamu hanya perokok pasif. Paparan asap rokok dapat berdampak pada warna rambut. 

Sesuai penelitian yang dipublikasikan pada 2013, orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih cepat untuk beruban. Ini menjadi salah satu faktor mengapa kamu harus berhenti merokok.

  • Perubahan hormonal

img

Perubahan hormon menjadi salah satu penyebab rambutmu berubah menjadi abu-abu. Rambut bisa kehilangan tekstur, kerapatan, dan warnanya seiring waktu karena perubahan hormon. Proses ini umumnya dimulai ketika kamu berusia 30 dan mulai menyaksikan perbedaan mencolok terhadap warna rambutmu.

  • Kurang Nutrisi
HALAMAN
12