Banner

Rutinitas Perempuan yang Tanpa Sadar Buat Wajah Terlihat Tua

Rutinitas Perempuan yang Tanpa Sadar Buat Wajah Terlihat Tua
istock

Beberapa hal ini menjadi faktor wajahmu cepat menua lho. Pasti kamu tidak akan menyangkanya.

Proses penuaan kulit bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya intensitas pekerjaan. Contoh, aktivitas di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari ataupun di dalam ruangan. Selain itu, hal lainnya seperti tertawa, sedih, emosi, juga memiliki pengaruh terhadap penuaan dini. 

Seperti yang dilansir dari boldsky.comDr. Anjali Matho dalam bukunya yang berjudul 'The Skincare Bible- Your no-nonsense Guide to Great Skin' menjelaskan bahwa ada dua tipe gelombang sinar matahari yang berbahaya bagi kulit, UV A dan UV B. Dua sinar ultrviolet ini memiliki dampaknya masing-masing bagi kulit apabila tidak dilindungi oleh sunscreen maupun sunblock.

“UV A memiliki dampak hingga ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan penuaan pada wajah dan merubah pigmen kulit. sedangkan UV B memiliki dampak pada lapisan kulit epidermis yang mampu menyebabkan kulit menjadi kemerahan atau sunburn,” ujar Dr. Matho.

Agar wajah tidak cepat menua, Woop sudah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.

1. Lupa pakai sunblock hanya pelembap

img

Saat kamu disibukkan dengan aktivitas di luar ruangan, memakai sunblock adalah wajib hukumnya. Beberapa perempuan suka lupa pakai sunblock hanya pelembap biasa. Jika jarang menggunakan sunblock maka gelombang sinar matahari akan langsung mengenai kulit bagian luar dan sinar UV A akan masuk ke bagian dalam kulit penyebab penuaan. Bahkan kanker kulit bisa menghantuimu. Jadi jangan pernah keluar ruangan tanpa memakai sunblock ya!

2. Stres

img

Stres adalah salah satu faktor yang mempercepat terjadinya penuaan. Menurut Dr. Matho, “Pikiran yang berat akan menimbulkan stres dan menjadi faktor utama munculnya penuaan dini seperti garis halus, keriput, hingga flek hitam pada wajah.”

3. Jarang mengonsumsi sayur dan buah

img

Buah dan sayur merupakan dua jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan asupan tambahan yang nantinya akan didistribusikan ke setiap anggota tubuh lainnya. Salah satunya jaringan kulit yang akan mendapat nutrisi serta vitamin. Pola makanan yang sehat juga akan membuat wajah lebih cerah dan membuat kulit mengencang. 

4. Pola tidur tidak teratur

img

Hati-hati, tidur yang tidak teratur tak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga penampilan. Kurang atau kebanyakan tidur juga akan memperparah kulit wajahmu. Kulit wajah bekerja dua kali lebih optimal saat malam hari. Ketika jam tidur kamu bermasalah maka kulit wajah akan sulit menebak kapan jam tidur kamu selanjutnya. Ini membuat kulit tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Selanjutnya: Ingin memiliki hubungan yang bahagia dengan pasanganmu? Coba tips dari Woop yuk.