Banner

10 Cara Ampuh dan Mudah Membaca Karakter Seseorang

10 Cara Ampuh dan Mudah Membaca Karakter Seseorang
Cara Mengetahui Karakter Seseorang

Dalam kehidupan sosial, tentu perlu memiliki skill membaca karakter seseorang. Inilah cara mudah membacanya.

Di tengah kehidupan bermasyarakat, tentunya perlu untuk kita mengetahui karakter seseorang agar mengetahui cara terbaik untuk menghadapinya. Jika kita nggak bisa membaca karakter seseorang, bisa dipastikan komunikasi yang berlangsung dengannya nggak akan berjalan dengan baik dan lancar.

Ada berbagai metode untuk mengetahui karakteristik seseorang. Namun, untuk hanya sekedar berkomunikasi untuk kebutuhan sosial, kamu nggak perlu mempelajari cara membaca karaker seseorang dengan metode yang membutuhkan pelajaran khusus.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membaca karakteristik seseorang.

1. Berjabat Tangan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membaca karakter seseorang yang baru kamu kenal adalah dengan jabatan tangannya. Jabatan tangan yang kuat menandakan seseorang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan ekspresif. Sedangkan seseorang dengan jabatan tangan yang lemah menandakan kepercayaan dirinya yang kurang dan menunjukkan bahwa dirinya selalu mencari jalan yang mudah untuk melakukan segala sesuatu.

2. Tatapan Mata

Jika lawan bicaramu selalu mempertahankan kontak matanya menandakan jika orang tersebut adalah sosok yang agresif. Namun, jika kontak matanya bertahan selama 60% dari lamanya percakapan, berarti dia adalah sosok yang menyenangkan, ramah, dan mudah dipercaya. Jika lawan bicaramu kurang adanya kontak mata, artinya dia adalah orang yang kurang kemauan dan kontrol diri.

3. Cara Berjalan

Kamu juga bisa membaca karakter seseorang dari cara jalannya. Gaya berjalan cepat dengan menumpukan berat badan kedepan menunjukkan orang yang produktif dan berfikir logis, namun dingin dan haus akan persaingan. Cara jalan yang berjinjit dengan mata mengarah ke bawah berarti orang tersebut sopan dan introvert.

Gaya menumpukan berat pada kaki, berarti orang tersebut lebih tertarik pada orang lain ketimbang pekerjaannya, lebih fokus ke kehidupan pribadinya ketimbang karir, dan apabila menjadi bagian dari satu kelompok, maka orang ini akan mudah teralihkan. Dan yang terakhir, jika orang tersebut berjalan dengan dada ke arah depan, bahu kebelakang, dan kepala tegak menunjukkan orang dengan kepribadian menyenangkan, berkarisma dan supel, walaupun ada kencendrungan untuk merebut perhatian yang nggak ditujukan kepadanya.

Membaca Karakter Seseorang
Membaca Karakter Seseorang

4. Cara Berkomunikasi

Dengan komunikasi, kamu juga dapat melihat karakter seseorang. Jika seseorang senang membicarakan diri sendiri, ada kemungkinan orang tersebut memiliki karakter keras kepala, egois, dan sulit berbagi. Namun, jika seseorang lebih senang mendengarkan obrolan orang lain, kemungkinan orang tersebut memiliki sifat ramah, rendah diri, dan mudah berbagi.

5. Kondisi Wajah

Seseorang dengan garis-garis dalam di dahi mengisyaratkan orang yang sering berfikir berlebihan dan mudah khawatir. Garis kerut di sudut mata menandakan seseorang yang mudah tersenyum. Rahang dan dagu yang dirapatkan menandakan ketegangan. Dan bibir yang ditekuk memperlihatkan kemarahan dan kekecewaan.

Baca Juga: 5 Alasan Introvert Jadi Karyawan Terbaik