10 Rekomendasi Destinasi Liburan untuk Solo Traveler

10 Rekomendasi Destinasi Liburan untuk Solo Traveler
ISTOCK

It's just me, myself and I. Bahagianya! Inilah destinasi yang kami sarankan untuk kalian solo traveler

Sering, kita membatalkan niat untuk pergi liburan hanya karena nggak ada teman yang memiliki jadwal yang sama. “Liburan sendirian kok kayaknya menyedihkan,” mungkin begitu ujarmu. Sama sekali nggak benar, terlebih jika kamu tahu destinasi yang tepat untuk para solo traveler.

Berikut saran WOOP jika kamu memutuskan untuk berlibur tanpa teman tahun ini.

1. Chili

Orang Indonesia nggak perlu visa untuk kunjungan selama 90 hari ke negara ini. Dengan jangka waktu itu, kamu bisa mengunjungi padang pasir, gunung, dan garis pantai yang panjang bukan kepalang. Entah itu bertualang di Atacama Desert atau Chiloe Island atau Patagonia, pastikan untuk menyempatkan waktu menjelajah Santiago (aman dan gampang dijelajahi). Jika kamu diundang ke asado—sebuah acara barbekyu ala Chili—jangan lupa datang!

2. Swedia

Sangat mudah menjadi solo traveler di negara asal IKEA ini. Wisata kota dan air menjadi satu di sini: wisata kayak, bersepeda untuk eksplorasi kota, mengunjungi harta seni di Moderna Museet dan menikmati kopi di kafe-kafe cantik di sepanjang jalan kota. 

3. Jerman

Terlalu banyak pilihan adalah hal terbaik dari berlibur ke Jerman, terkhusus buat solois. Terlebih, Jerman bisa dibilang adalah salah satu kota paling ramah di Eropa. Di Berlin, kamu bisa menikmati kafe, galeri, klub malam yang menjadi pusat hipster Eropa—dan nggak perlu teman sama sekali. Jika kamu adalah pecinta kereta api, pastikan untuk mengunjungi Düsseldorf, taman bir di Munich atau the restored city, Dresden.

4. Laos

Negara ini memiliki status "cult" di antara single traveler. Sama seperti Vietnam, Laos berubah dari negara konflik menjadi tempat yang aman. Akan tetapi, berbeda dengan Vietnam, Laos berhasil menjaga sebagian besar budaya aslinya dan menjaga lingkungannya, dan menjadi salah satu yang paling bersih di Asia Tenggara. Wajib dikunjungi: perjalanan dengan classic riverboat to Mekang, royal city di Luang Prabang, dan menikmati Vientiane dan berbaur dengan para pelancong internasional lainnya.

5. Islandia

Berpredikat sebagai negara paling aman di seluruh dunia, membuat tempat ini menjadi destinasi paling masuk akal bagi siapapun yang memutuskan untuk liburan sendirian. Entah itu berkeliling di ibukota negara, Reykjavik, berenang di Blue Lagoon atau naik kuda di beberapa area paling terjal di muka bumi.

6. Inggris

Well, jika saja biaya tinggal di London nggak terlalu mahal (transportasi plus hotel), kamu bisa tinggal lama di sana dan menikmati satu demi satu pertunjukan teater (Mamma Mia, Thriller, 99 Steps, Billy Elliot the Musical, dll) di West End atau Shakespeare's Globe. Namun, selain kota tersebut, Cambrigde, Lake District, Cornwall, York bisa menjadi alternatif untuk para solo traveler.

7. Jepang

Setelah beberapa hari berkeliling di Tokyo, Gunung Fuji adalah tujuan berikutnya untuk menikmati kota tua Kyoto. Penginapan, mulai dari ryokan sampai hotel modern sangat dirancang untuk memenuhi kebutuhan solo traveler. Masukkan dalam agendamu untuk wajib dicoba: communal hot spring bath, meditasi di taman Zen, makan di konter sushi restoran—aktivitas paling favorit para turis yang datang solo.

8. New Zealand

Sama seperti yang terlihat dengan sangat majestik di Lord of the Rings, kamu bisa bertualang di hutan, gletser, puncak Alpen Selatan, mencoba bungee jumping, jet boating dan menelusuri si legendaris Milford Track. Saat melakukan itu semua, kamu pasti banyak bertemu dengan orang-orang yang berstatus sama denganmu: solo traveler. Pastikan untuk bertukar sapa dan senyum dengan mereka!

9. Swiss

Negara ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya orang-orang cuek dan nggak terlalu mau tahu urusan orang lain, sehingga membuatnya memang cocok untuk solo traveler. Lengkapi dirimu dengan sebuah hiking boots berkualitas bagus dan sebuah Swiss Rail Pass—yang bisa dipakai untuk setiap kereta, trem, dan perahu. Perjalananmu bisa dimulai dengan mengelilingi Zurich selama beberapa hari, lalu pindah ke selatan menuju Lake Geneva untuk menikmati bistro, kehidupan malam, dan museum Montreux dan Lausanne sebelum akhirnya berakhir di Ticino, area yang berbahasa Itali.

10. Vietnam

Entah ingin mengeksplorasi pasar Ben Thanh di Ho Chi Minh atau Dong Xuan di Hanoi, pastinya kamu akan merasakan kehidupan yang sangat berwarna dan aman di Vietnam. Jangan lupa untuk bergabung dan mempraktekkan tai chi dengan ratusan orang di danau Hoan Kiem, lalu menikmati pegunungan di sekitar Central Highlands (disarankan untuk menjajal trek dengan orang lokal). Terakhir, bersantai di Phu Quoc Island untuk menikmati gaya hidup anak pantai.