5 Hal yang Membuat Tamumu Merinding dan Langsung Pamit

5 Hal yang Membuat Tamumu Merinding dan Langsung Pamit
iSTOCK

Bukan hantu, tapi kondisi toiletmu. Tips penting menjelang lebaran.

Tidak peduli seberapa sering kamu mengintip Pinterest dan mengaplikasikannya ke sekitar dapur, kamar atau apartemenmu—tidak ada rumah yang sempurna. Oleh karena masih bernafas, ada saja yang terjadi di dalam hidup sehingga membereskan ruang tamu, yah... tahun depan saja, ya! Memang sih, satu-dua bulu kucing atau satu-dua gelas kotor, tidak akan membuat tamu di rumah kabur. Namun, sejujurnya ada beberapa hal yang niscaya akan membuat mereka buru-buru memesan taksi online begitu menjejakkan kaki di rumahmu. Oh, seandainya karena terlalu sibuk di kantor dan lupa dengan waktu, sebentar lagi Lebaran lho—jadi kamu sangat butuh membereskan rumah supaya tamu betah! 

1. SAMPAH DAN DEBU DI MANA-MANA 

Pepatah ini sangat tua dan mungkin sudah kehilangan kekuatannya, tapi memang: buanglah sampah pada tempatnya. Barangkali ini akan cukup problematik untuk para orangtua baru yang masih kelimpungan dan kecepatannya masih perlu dilatih dalam membereskan popok-popok bekas, tapi pindai dengan ketajaman mata elang sebelum menerima tamu hari itu. Jangan sampai ada "tanda mata" di sela-sela kursi atau di atas meja makan. Termasuk, bersihkan debu dari berbagai sudut rumah—terutama dari ratusan bingkai foto yang selama setahun ini tidak pernah disentuh. 

2. KAMAR MANDI KURANG BERSIH

Yikes, yikes, yikes. Hampir 100% tamumu akan menggunakan kamar mandi. Bisa dibayangkan wajah bergidik, kerenyit hidung dan durasi mereka di dalamnya (mungkin tidak sampai satu menit) jika kondisi kamar mandimu lebih parah daripada toilet di stasiun bus. Perlu diketahui, kebersihan toilet adalah indikator paling ampuh untuk mengetahui apakah tuan rumah peduli dengan aspek higienis atau sebaliknya. Setelah dari kamar mandi, bisa jadi mereka menolak apa pun yang kamu sajikan lho, dan langsung pamitan! Selamat, kamu memecahkan rekor 'tuan rumah dengan tamu paling tidak betah'. 

3. BULU-BULU HEWAN PELIHARAAN MENUTUPI SELURUH KURSI DAN MEJA

Begitu tamumu menyadari bahwa bulu-bulu yang menutup rata seluruh permukaan sofa tersebut bukanlah bagian dari dekorasi, alias faux fur throw blanket—dijamin dia akan histeris (mungkin tidak teriak kencang, tapi pasti di dalam hatinya 'sial, apaan ini?'). Sebelum tamumu berdatangan, lap semua furniturmu dan jauhkan si kucing manis dan si anjing lucu dari permukaannya. Paling tidak untuk hari itu. 

4. FOTO-FOTO INTIM DI BERBAGAI SUDUT RUMAH

Maaf, karena memberitahukan kabar yang agak bikin ngilu: tapi apa yang terjadi di dalam kamar tidurmu (atau kamar hotel) sebaiknya tetap dikhususkan untuk berdomisili di sana. Sekian. 

5. SEMUANYA SAMA