Pertama Kali ke Bali? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Hindari Untuk Dilakukan

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari Untuk Dilakukan Saat di Bali
Panduan di Bali

Tahukah kamu bahwa kamu tidak bisa masuk ke dalam pura saat sedang datang bulan? Yuk, simak hal lainnya yang harus dihindari saat ke Bali!

Baru-baru ini, nama salah satu pulau di Indonesia tersorot oleh dunia lantaran adanya sebuah kasus yang menyangkut warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Indonesia dengan cara ilegal. Dalam kasus tersebut, seorang perempuan bernama Kristen Gray diketahui memegang visa yang sudah expired dan tinggal di Bali selama kurang lebih satu tahun.

Menganggap Bali merupakan sebuah daerah di Indonesia yang terbilang bebas, justru Bali memiliki sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat sedang berada di pulau Dewata tersebut. Tak hanya kasus Kristen Gray, namun ada banyak kasus warga negara asing yang meresahkan warga lokal Bali.

Meski tak semua hal yang tak dapat dilakukan di Bali bersifat meresahkan, nampaknya kamu juga harus memperhatikan hal-hal yang perlu kamu hindari secara umum saat berkunjung.

Untuk itu, berikut Woop telah rangkum ke dalam 5 hal yang perlu kamu perhatikan dan perlu kamu hindari ketika datang ke island of gods ini.

5 Hal yang Harus Dihindari Saat di Bali

1. Jangan Gunakan Pakaian yang Tebal

Gunakan Baju yang Menyerap Keringat
Gunakan Baju yang Menyerap Keringat

Bali merupakan sebuah pulau di negara tropis, yang sepanjang tahunnya cenderung bercuaca cerah. Untuk itu, kamu nggak perlu bawa pakaian dengan bahan yang tipis saat berkunjung ke Bali. Gunakan kaos yang tipis dan menyerap keringat agar aktivitas kamu selama di Bali tak terganggu!

2. Jangan Makan di Restoran Cepat Saji

Tak sedikit orang yang cenderung memilih untuk memakan makanan cepat saji lantaran rasanya yang sama dengan daerah asal mereka, namun hal tersebut nyatanya harus kamu hindari untuk kamu lakukan.

Saat berkunjung ke Bali, kamu dianjurkan untuk berkunjung ke tempat makan lokal seperti warung makan yang terletak di pinggir jalan. Tak hanya harganya yang mungkin lebih terjangkau dibandingkan oleh restoran cepat saji, namun kamu juga akan mencoba makanan dengan rasa yang mungkin belum pernah kamu cicipi sebelumnya.

3. Hindari Memakai Kacamata Saat Berkunjung ke Pura Uluwatu

Untuk kamu yang baru pertama kali ke Bali, kamu pasti akan mengunjungi pura-pura di Bali, salah satunya yang paling terkenal adalah pura Uluwatu. Di sini, kamu akan melihat penampilan dari tari kecak yang merupakan tari tradisional khas Bali.

Selain melihat tari kecak dan penampilan tebing yang memukau, di area pura ini kamu akan banyak menjumpai monyet yang berkeliaran. Kamu tidak dianjurkan untuk menyangkutkan kacamata di kepala mu karena monyet-monyet yang berkeliaran tersebut tak segan-segan mengambil barang yang menyangkut di tubuh mu tersebut.

Selain itu, kamu juga dilarang keras untuk mengunjungi pura bila kamu sedang haid atau datang bulan, karena pura yang bersifat suci.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Anti Mainstream di Bali yang Wajib Didatangi

4. Jangan Naik Taksi

Hindari Naik Taksi
Hindari Naik Taksi

Tidak seperti di berbagai kota atau daerah yang ada di Indonesia, di Bali, kamu akan jarang bahkan mustahil menemukan taksi yang menggunakan argometer sebagai tarif pembayarannya.

Sebagian besar taksi cenderung mematokkan tarif dengan harga yang bisa dibilang tak masuk akal. Untuk itu, kamu bisa berjalan kaki bila jarak tak terlalu jauh atau saat ini, kamu bisa menggunakan taksi online atau ojek online.

Perlu diperhatikan bahwa ada sejumlah area yang melarang keras untuk memesan taksi online, salah satunya adalah Canggu.

5. Miliki Asuransi Travel

Asuransi Perjalanan
Asuransi Perjalanan

Kecelakaan bisa menimpa siapa pun dan di mana pun, tak terkecuali di Bali. Kamu bisa memiliki asuransi perjalanan saat pergi ke Bali, yang mana asuransi tersebut berguna ketika kecelakaan seperti dari berselancar, naik motor, atau bahkan digigit anjing pun bisa diatasi.

Nah, itu lah 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat berkunjung ke Bali. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: