5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik Dunia--Ada dari Indonesia

5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik Dunia--Ada dari Indonesia
Dok. Agoda
5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik Dunia--Ada dari Indonesia

Selamatkan bumi dengan menginap di hotel ramah lingkungan terbaik! Salah satunya ada di Indonesia lho. Sudah pernah coba belum?

Selain transportasi, akomodasi menjadi hal terpenting yang harus dicari saat merencanakan liburan. Yep, banyak hotel yang bisa kita pilih—sesuai dengan keinginan—di tempat kita berlibur. Biasanya, salah satu yang kita cari dari hotel adalah kenyamanan dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Namun, karena terlalu mengedepankan kenyamanan dan kemewahannya, banyak hotel yang sering melupakan alam dan bumi yang harus dijaga. Untungnya, ada beberapa hotel yang sekarang juga memikirkan lingkungan, baik dalam melestarikan sumber daya alam atau mengurangi penggunaan AC di dalam kamar. Nah, jika kamu mencari hotel yang ikut berpartisipasi dalam menjaga bumi, Woop punya rekomendasi lima hotel ramah lingkungan terbaik di dunia:

  • Mumbo Island, Malawi

Salah satu hotel ramah lingkungan terbaik di dunia berada di tepi Taman Nasional Danau Malawi di Pulau Mumbo, Malawi. Meski ramah lingkungan, fasilitas yang ditawarkan tetap lengkap. Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti diving, hiking, dan snorkeling. Jangan lupa juga menikmati makanan dan koktail yang lezat sambal bersantai di bungalow.

  • Jack’s Camp, Botswana
View this post on Instagram

Little PEACE of heaven ✨🐪 📷: @theblondeabroad #TheWildCollective

A post shared by THE WILD COLLECTIVE (@thewild.collective) on

Jika kamu ingin liburan ke Botswana, jangan lupa untuk memilih Jack’s camp sebagai tempat menginapmu. Dengan menginap di sana, kamu ikut serta menyumbang ke Makgadikgad-Nxai Pans Conservation Initiative yaitu sebuah konservasi yang membantu satwa liar. Satu lagi yang perlu kamu tahu bahwa di penginapan ini tidak ada wifi. Jadi bye-bye media sosial!

Baca: Rekomendasi Hotel di Bandung yang Nyaman untuk Keluarga

  • Six Senses Yao Noi, Thailand
View this post on Instagram

I really enjoy Friday Night !! #tgif #sixsenseyaonoi #relax #thailand

A post shared by SixSensesYaoNoi (@sixsenseyaonoi) on

Salah satu negara dekat dengan Indonesia, Thailand ternyata memiliki hotel ramah lingkungan yang mewah lho. Six Senses Yao Noi adalah hotel yang menciptakan pasokan air sendiri melalui proses osmosis terbalik yang diisi ke dalam botol kaca. Hasil penjualan air tersebut disumbangkan ke dua sekolah terdekat dan kepada masyarakat yang kurang beruntung yang tidak memiliki akses air minum bersih. Selain itu, restoran yang berada di Six Senses hotel juga menanam sayurannya sendiri untuk pasokan bahan makanan.

  • Greenhost Boutique Hotel, Yogyakarta

Di Indonesia juga memiliki hotel dengan konsep ramah lingkungan. Terletak di kota Yogyakarta, Greenhost Boutique Hotel menawarkan konsep hijau yang membuat para pengunjungnya betah berada di sana. Ketika masuk ke hotel ini, mata anda akan tertuju pada tanaman organik seperti selada, bayam, mint, kemangi, dan beberapa sayuran lain yang ditanam disekeliling bangunan, bahkan anda bisa mencicipi olahan makanan yang berbahan dasar tanaman organik dari kebun ini. Selain itu, Greenhost Boutique Hotel juga menyediakan Creative Farm yang terletak di rooftop, anda bisa bercocok tanam disana dengan bantuan petugas hotel.

  • Soneva Fushi, Maldives

Sebagai salah satu negara kepulauan yang Indah, Maldiev menawarkan liburan yang pasti tidak akan pernah kamu lupakan. Selain itu, Maldiev juga memiliki satu hotel yang ramah lingkungan bernama Soneva Fushi yang terletak di pulau pribadi, Baa Atoll yaitu suatu Cagar Biosfer Dunia UNESCO. Tempat ini juga merupakan tempat konservasi penyu yang terancam punah lho. Meskipun terbilang mewah, tapi hotel ini juga menjadi pembangkit tenaga surya terbesar di pulau-pulau sekelilingnya.