5 Jenis Sarapan yang Akan Membuat Pagimu Lebih Baik

5 Jenis Sarapan yang Akan Membuat Pagimu Lebih Baik
ISTOCK

Termasuk kuning telur. 

Apa yang pertama kali kamu pikirkan begitu bangun tidur di pagi hari? Apapun itu... pasti membutuhkan energi yang tidak sedikit. Oleh karenanya, sebelum memulai segala aktivitas ada baiknya untuk mengisi perut alias sarapan. Terima atau tidak, sarapan masih dianggap sebagai the most important meal of the day. Biasanya untuk yang sarapan saat tiba di kantor, pilihannya adalah bubur ayam, nasi uduk, ketoprak, lontong sayur. No judging here. Namun, sebaiknya jika kamu punya waktu (misalnya Sabtu pagi seperti ini) tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sarapan yang lebih sehat dan tidak kalah enaknya dari bubur ayammenu yang penuh dengan nutrisi penting yang membuatmu puas dan kenyang sepanjang pagi. 

SMOOTHIE 

Orange juice biasanya dianggap sebagai menu wajib sarapan. Namun, sebuah studi menemukan bahwa buah ini mengandung konsentrasi fruktosa yang tinggi sekitar 45,5 gram per liter, sangat sedikit bedanya jika dibandingkan soda (50 gram per liter). Oleh karena itu, coba menggantinya dengan smoothie, tapi bukan sembarang smoothie. Pastikan memasukkan bahan yang memang sehat, buah atau sayuran hijau. Misalnya, guava (sumber anti inflamasi dan antioksidan, mengurangi gula darah dan kolesterol, baik untuk usus). Atau pisang, bayam, berries, green tea. Ingin smoothie yang lebih berwarna-warni? Tambahkan buah naga yang mengandung antioksidan yang baik untuk kulit.

OAT 

Tak jarang kita buru-buru dan hanya punya waktu 2 menit untuk sarapan. Dan logikanya energy atau cereal bar merupakan pilihan pastoh sehat kan, ya? Sayangnya jika kamu melihat bahan-bahannya, biasanya makanan ini penuh dengan gula dan bahan lain yang sama sekali tidak bisa dieja dan dibaca. Jadi harus bagaimana? Jawabannya: Oatbisa disiapkan dan disantap dalam waktu super cepat. Cukup masukkan air mendidih dan campur. Punya waktu satu menit lagi? Tambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering.

TELUR DAN SAYUR

Telur memang sehat (kaya dengan protein dan omega-3) sehingga tepat menjadi menu sarapan (terutama untuk mereka yang melakukan olahraga pagi), tapi yang harus diperhatikan adalah metode memasaknya. Telur yang digoreng selalu enak, tapi sayangnya tidak begitu baik untuk dikonsumsi tiap hari. Jika kamu sedang mencari untuk mengurangi konsumsi minyak dan lemak, maka masak telur di oven atau lebih gampang lagi, rebus. Ohya, apakah kamu termasuk orang yang membuang bagian kuningnya karena takut level kolesterolnya? Well, suprise, suprise: hanya mengkonsumsi bagian putih telur saja tidak cukup sehat, dan kita akan melewatkan sebagian besar vitamin dan mineral yang ditawarkan oleh telur. Di dalam kuning telur terdapat choline, vitamin D, B, dan A, zat besi, seleniumnutrisi yang sedikit sekali ditemukan di bagian putihnya. Jadi, sudah tahu kan sekarang bagian mana yang sebenarnya harus dimakan? Lalu kombinasikan dengan sayuran, seperti bayam, jamur, kale, seaweed, atau potongan alpukat di atasnya.

YOGURT

Yogurt, enak dan mengandung banyak probiotik yang bagus untuk kesehatan pencernaan idealuntuk dinikmati pagi hari agar "panggilan alam" lancar. Namun, ternyata kita harus hati-hati memilih yogurt, karena tidak semua produk susu diciptakan dengan metode yang sama. Misalnya, yogurt biasa diproduksi dari sapi yang diternakkan secara biasa pula, dan mayoritas hewan ini tidak sehat dibesarkandiberi antibiotik, tambahan hormon, steroid, dan mengkonsumsi makanan yang disemprot dengan herbisida dan pestisida. Dan ngerinya, sebagian besar yogurt terbuat dari susu sapi jenis. Padahal dengan memakannya bisa menyebabkan puber dini, antibiotic resistance, dan masalah hormonal. Jadi, pilihlah grass-fed yogurt dengan kandungan gula rendah dan menyediakan bakteri sehat untuk pencernaan, kalsium, omega-3, potassium, dan vitamin penting lainnya (tidak perlu memilih fat free yogurt!)

LATTE