Banner

5 Kota di Indonesia yang Paling Aman untuk Traveler Perempuan

5 Kota di Indonesia yang Aman untuk Traveler Perempuan
SHUTTERSTOCK

Woop hanya ingin bilang: Jangan takut untuk melakukan solo traveling!

Apakah kamu sering membatalkan niat pergi liburan hanya karena tidak ada teman yang memiliki jadwal yang sama denganmu? Yep, hal itu sering sekali terjadi. Padahal liburan sendirian tetap bisa menyenangkan kok. Selain bisa belajar banyak hal baru, kamu juga bisa menikmati liburan sepenuhnya tanpa tergantung kepada orang lain. Plus, bisa membuka pandangan kita terhadap dunia lebih luas, meningkatkan level independen kita, dan membuat kita terhubung kembali dengan inner self kita. Namun saat merencanakan traveling sendirian sebagai seorang perempuan, masalah keamanan harus jadi pertimbangan utama. Jangan sampai kita terjebak di tempat yang penuh dengan orang-orang ‘jahat’. Tentunya, pemilihan destinasi juga sangat berpengaruh terhadap ekspedisi ‘solo’ kamu lhoBut no worries, berikut adalah lima kota di Indonesia yang bisa kamu kunjungi dengan rasa aman…

Malang, Jawa Timur

img

I love Malang! Yep, kota sejuk yang terletak di provinsi Jawa Timur ini pernah menjadi tujuan wisata favorit para turis dari Eropa lho. Jadi tak heran jika Malang dijuluki sebagai Paris of East Java dan kota Wisata. Kota terbesar kedua setelah Surabaya ini memiliki fasilitas pariwisata yang cukup lengkap. Selain itu, berbagai tempat wisata ada di kota Apel ini. Mulai dari wisata sejarah seperti Candi, museum, air terjun, taman rekreasi, sampai wisata pantai yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Biaya liburan di Malang juga relatif murah, karena kota ini merupakan kota pelajar. Sehingga harga-harganya pun disesuaikan dengan kemampuan mereka. Karena aman dan murah, maka Malang merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk kamu yang suka berpetualang sendirian.

Solo, Jawa Tengah

img

Ingin melihat masyarakatnya yang masih memelihara kearifan lokal dalam kesehariannya, tak heran kalau kota Solo ini dikenal aman untuk yang ingin traveling sendirian, khususnya untuk perempuan. Memiliki sarana transportasi yang lengkap, Solo menjadi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi saat ingin berlibur sendirian. Beragam tempat wisata budaya dan wisata alam ditawarkan untuk kamu yang ingin mengeksplore keindahan kota Solo lebih dalam.

Yogyakarta

img

Menjadi salah satu kota favoritnya para backpacker! Karena memang sangat aman dan nyaman untuk pergi sendirian ke kota ini, ditambah masyarakatnya juga sangat ramah. Jadi, tak perlu khawatir, ingin liburan sendirian ke kota ini. Selain bisa menikmati suasana kota Yogyakarta yang tidak pernah ‘mati’, kamu pun bisa menemui berbagai tempat wisata menarik untuk di eksplore. Satu lagi, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Yogyakarta yang rasanya membuat kita ingin selalu balik lagi.

Makassar, Sulawesi Selatan

img

Kota ini memang tujuan yang tepat jika kamu berniat untuk berwisata kuliner. Ditambah, kota ini juga memiliki keindahan alamnya juga menarik banyak wisatawan. Sehingga Makassar juga dikenal sebagai kota yang aman dan nyaman bagi para solo traveler. Hal ini dikarenakan Makassar memiliki fasilitas transportasi dan akomodasi yang memadai. Bahkan, area-area wisatanya pun cenderung ramai. Apakah kamu tahu bahwa hampir setiap tahun, kota Makassar selalu masuk dalam daftar kota teraman dan ternyaman di Indonesia lho.

Bengkulu

img

Meski jarang terdengar namanya sebagai destinasi wisata, Bengkulu harus masuk ke dalam list liburanmu. Apalagi untuk kamu yang ingin traveling sendirian. Berada di urutan kedua setelah kota Serang sebagai kota teraman dalam penelitian Indeks Kota Islami, ternyata Bengkulu punya pesona alam yang sungguh indah untuk dinikmati. Jadi sayang jika kita tidak mengeksplore kota ini.

Selanjutnya: Jangan pernah mengonsumsi air putih sehabis makan semangkat. Loh kenapa ya