5 Makanan Sehat dan Mengenyangkan Ketika Kamu Mengidam Karbo

5 Makanan Sehat dan Mengenyangkan Ketika Kamu Mengidam Karbo
iSTOCK

... Tapi tidak mau berat badan bertambah.  

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa makanan yang super duper enak merupakan sumber karbohidrat—dan terus terang siapa sih, yang mau hidup tanpa nasi putih, pizza, mi instan, dkk? Namun sedihnya, karbohidrat di dalam makanan ini adalah yang bersifat olahan dan terproses (refined/ processed carbs) yang menawarkan kenikmatan dunia minus nutrisi. Akhirnya, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung—dan berat badan. Lantas apa yang bisa dilakukan oleh kita, mahluk fana ini, saat mengidam karbo tapi tetap ingin mempertahankan gaya hidup sehat? Diadaptasi dari buku The Pizza Diet karya chef Pasquale Cozzolino, Insider mendaftarkan alternatif sumber karbo tanpa menambah ekstra kilogram di perut atau pinggang. 

daihatsu banner

1. ROTI GANDUM UTUH

Alasan roti jenis ini lebih superior dari roti putih biasa adalah mengandung tiga bagian penting dari gandum: bran, germ, dan endosperm. Bran adalah bagian terluar dan kaya akan serat. Dan germ, bagian terkecil dari gandum dan kaya akan nutrisi, sementara endosperm adalah inti dari gandum yang mengandung beberapa vitamin dan mineral. Akan tetapi, tidak semua roti gandum utuh memiliki kualitas sama. Perhatikan label dan pastikan tidak ada gula tambahan atau high-fructose corn syrup  atau bahan-bahan penambah rasa lainnya.

2. APEL DAN PISANG

Dua buah super yang akan meredakan gejolak rasa mengidammu. Pisang: mengandung karbo baik (36 gram dalam satu buah) dengan glycemix index rendah, sumber potassium yang berguna untuk mengurangi endapan air berlebih di dalam tubuh. Apel: kaya serat; sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi soluble fiber membentuk lemak di perut lebih lambat. Apel Pink Lady dikabarkan merupakan jenis apel paling sehat dibandingkan saudara-saudaranya. 

3. KACANG HITAM DAN POLONG

Kedua jenis makanan ini adalah sumber protein, serat, dan sejumlah nutrisi penting. Seperti yang dituliskan oleh Insider, satu gelas kacang hitam mengandung 12 gram protein dan 9 gram serat, plus folate, vitamin B, dan tembaga. Sementara tanaman polong seperti lentil, buncis, kapri juga bagus untuk program pengurangan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa "melakukan diet yang memasukkan tumbuhan polong di dalam menu makanan selama empat minggu lebih efektif mengurangi berat badan dibandingkan diet yang sama sekali tidak menyertakannya." 

4. YOGURT

Dan pastikan... mengonsumsi greek yogurt karena yogurt jenis lain biasanya penuh dengan gula dan pemanis buah-buahan. Segelas yogurt akan membuatmu kenyang, ditambah memperlancar pencernaan (kunci penting jika ingin mengurangi berat badan). 

5. QUINOA

Quinoa adalah salah jenis gandum yang paling kaya nutrisi dan paling banyak mengandung protein; plus, lemak sehat tidak jenuh dan vitamin B. Direkomendasikan untuk menyantapnya di pagi hari, karena proteinnya dua kali lebih banyak dan mengandung lebih sedikit gula dibandingkan sereal. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com