Ini 5 Makanan Yang Bisa Membuat Anabul Kamu Sakit atau Bahkan Mati!

5 Makanan Yang Bisa Membuat Anabul Kamu Mati
5 Makanan Yang Bisa Membuat Anabul Kamu Mati

Hati-hati, deretan makanan ini bisa membuat anabul kesayangan kamu sakit atau bisa sampai mati mendadak.

WOOP.ID - Pasti kamu suka gemas dengan kucing kesayangan kamu dan ingin selalu bermain atau menyentuhnya. Enggak hanya menghibur, kucing peliharaan juga bisa membantu menghilangkan stres lho.

Nah, supaya anabul kesayangan kamu selalu aktif, pasti harus diberi makanan atau minuman yang bergizi. Tapi sayangnya, enggak semua makanan boleh diberikan kepada kucing peliharaan kesayangan kamu. Karena sistem pencernaannya sensitif dan berbeda dengan manusia, membuatnya lebih rentan terkena penyakit.

Pasti kamu enggak ingin kucing kesayangan kamu jadi sakit atau sampai mati mendadak karena makanan yang enggak tepat kan? Nah, berikut beberapa makanan yang enggak boleh diberikan ke anabul kamu!

5 Makanan Yang Bisa Membuat Anabul Kamu Sakit atau Bahkan Mati Mendadak

1. Kopi, Teh dan Cokelat

makanan kucing - Kopi, Teh dan Cokelat
makanan kucing - Kopi, Teh dan Cokelat

Rasa kopi, teh dan cokelat pada lidah manusia memang teraesa enak dan dapat memberikan efek yang menenangkan. Tetapi, jangan pernah kamu coba berikan makanan dan minuman ini ke kucing kamu.

Baca: 9 Daftar Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Ketiga bahan makanan ini mengandung kafein dan theobromine yang bisa memicu diare, tekanan darah abnormal, hingga bisa keracunan fatal pada kucing kesayangan kamu.

2. Susu dan Yoghurt

makanan kucing - Susu dan Yoghurt
makanan kucing - Susu dan Yoghurt

Kamu juga harus berhati-hati kalau memberi produk olahan susu sapi kepada kucing kamu. Karena kucing itu karnivora, lambung kucing enggak akan bisa toleran dengan laktosa, jadi dapat membuatnya gangguan pencernaan seperti muntah dan diare.

Bila ingin aman, kamu bisa berikan susu khusus kucing atau susu formula bayi yang diseduh dengan air suam-suam kuku.

3. Telur Mentah

Makanan kucing - telur mentah
Makanan kucing - telur mentah

Makanan ini memang memiliki gizi yang tinggi, namun harus dihindari ke kucing apalagi telur yang mentah. Karena ada kalanya menjadi sarang bakteri Salmonella. Jangan lupa jauhkan juga putih telur dari menu makanan kucing peliharaan kamu, karena putih telur mengandung protein avidin yang bisa mengikat vitamin B7.

Baca: Inilah 5 Makanan yang Ternyata Bisa Ganggu Waktu Tidurmu

Kalau tubuh kucing kekurangan vitamin B, ia akan kejang-kejang dan mengalami kerusakan pada jaringan otak. Anabul kesayangan kamu bisa terkena penyakit parah seperti Pankreatitis.

4. Roti dan Ragi

makanan kucing - Roti dan Ragi
makanan kucing - Roti dan Ragi

Kadang kucing bisa memakan roti dengan aman, tapi kamu harus perhatikan kalau roti itu enggak mengandung nilai gizi bagi mereka dan hampir enggak mengandung lemak atau protein. Jadi baiknya enggak mengganti pola makan makanan kucing normal.

Roti dan ragi enggak aman untuk kucing, karena pada saat setelah dimakan adonan ini bisa mengembang di perut kucing dan bisa menyebabkan masalah pencernaan yang berbahaya.

5. Ikan Mentah & Tuna

makanan kucing - Ikan Mentah & Tuna
makanan kucing - Ikan Mentah & Tuna

Rata-rata memang kucing pasti suka ikan tuna dan ikan mentah, ikan ini sesekali bsia menjadi makanan anabul kesayangan kamu. Tapi jangan sering-sering atau bahkan jangan sama sekali berikan makanan yang mengandung tuna atau mentah.

Karena ikan ini memiliki nutrisi yang kurang untuk kucing kamu agar tetap sehat dan terlalu banyak tuna juga menyebabkan keracunan merkuri. 

Nah, berikut adalah beberapa makanan manusia yang enggak boleh dikonsumsi oleh kucingpeliharaan kamu. Hati-hati ya, jangan sampe anabul kesayangan kamu sakit karena kecerobohan kecil.

Baca: Sebuah Toko Diboikot Pelanggan Gara-gara Larang Kucing Masuk