6 Cemilan Sehat yang Bisa Dikunyah Tiap Hari

6 Cemilan Sehat yang Bisa Dikunyah Tiap Hari
ISTOCK

Kata kunci: lebih sedikit lemak dan gula buatan. 

Waktu baru menunjukkan pukul 10.45 pagi, tapi perut sudah melakukan demonstrasi (bahkan kalau didengarkan baik-baik, sepertinya ada yang pakai mikrofon dan TOA dari dalam). Biasanya, cara yang paling mudah dan cepat adalah meraup apapun yang berkemasan dan diproduksi massal. Namun, seringkali snack tersebut tidak mengandung nilai nutrisi apapun dan tidak berhasil menenangkan demo perut. 

Oleh karena itu, WOOP membuat daftar snack sehat yang bisa kamu coba saat lapar melanda. Namun, bukan berarti makan es krim atau ngemut permen dilarang keras. Hidup cuma sekali, nikmati segalanya tapi dengan porsi dan frekuensi yang masuk akal!

Daripada Potato Chips, Coba Kale Chips

Mungkin memang benar bahwa makan kale chips kepuasannya sama dengan menikmati kriuk kentang goreng, tapi rasanya tetap sama kok dengan lebih sedikit lemak dan starch. Di Indonesia sendiri, kale memang belum terlalu terkenal tapi dari bibitbunga.com diinformasikan bahwa selalu saja yang memesan tanaman sayur ini setiap harinya. Untuk hasil yang sesuai selera, kamu bisa membuat sendiri dengan resep ini.

Daripada Permen, Coba Buah-buahan Kering

Seandainya kamu pernah menggerakkan satu jari dan berani melirik bahan yang tertulis di kemasan permen, dipastikan satu yang terlihat: gula. Terkadang malah ada gula tambahan dalam formula yang berbeda. Seenak-enaknya dan secantik-cantiknya bentuk penampakannya, permen merupakan penjelmaan lain dari gula, tidak begitu banyak nutrisi baik yang bisa diambil oleh tubuh. Buah kering juga terkadang penuh dengan gula, tapi biasanya gula alami (seharusnya sih, begitu) dan mengandung serat, antioksidan, vitamin, dan mineral. 

Daripada Peanut M&M, Coba Buat Trail Mix Sendiri

Kita bisa mengeluarkan argumen: "Kan, M&M juga bisa disebut trail mix? Di dalamnya ada kacang, coklat, rasanya ada manis dan asinnya?" Yep, yep, memang, tapi lagi-lagi coba lihat bahan-bahan yang dicampurkan ke dalamnya (selain kacang dan coklat). Lagi-lagi gula dan puluhan istilah kimia yang biasanya ditemukan juga di dalam permen manis. Daripada mengudap M&M setiap kali lapar, coba ciptakan trail mix sendiri: kacang-kacangan (almond, pistachio, hazelnut, dll), buah-buahan kering, dan hei... satu-dua biji M&M sebagai jackpot

Daripada Fruit/ Nut Bars, Coba Nut Butter Buatan Sendiri

Beberapa granola bar memang sehat, tapi yang paling sehat tetap saja berasal dari yang alami. Membuat nut butter sendiri sebenarnya terbilang mudah, cuma butuh blender super kuat, kesabaran, dan kacang-kacangan, dan sedikit garam. Berikutnya potong apel, pisang, pear, atau wortel dan masukkan ke dalam 1-2 sendok makan nut butter. Yum.