6 Destinasi Liburan Luar Negeri Termurah untuk Dikunjungi Tahun Depan

6 Destinasi Liburan Luar Negeri Termurah untuk Dikunjungi Tahun Depan
ISTOCK

Untuk mereka yang bukan jutawan. 

Ingin liburan ke luar negeri tahun ini, tapi ke tempat yang tidak menguras habis uang di rekening bank yang sudah kamu tabung bertahun-tahun? Bisa. Ada kok, tujuan wisata yang bisa didatangi dengan biaya murah—meskipun definisi murah itu sangat subjektif—di tahun 2018. Berikut beberapa di antaranya. 

1. NIKARAGUA 

Beberapa tahun belakangan ini negara di Amerika Tengah ini semakin daun, berkat arsitektur kolonialnya di pusat kota Granada, situasi damai (salah satu negara dengan kondisi teraman di Amerika Tengah menurut Global Peace Index), dan pastinya objek wisata alam (gunung, danau, pantai) yang membuatnya menjadi destinasi liburan yang cocok untuk semua orang. 

2. NEPAL

Indietraveler menempatkan negara ini di posisi ketiga negara dalam daftar "amazingly cheap place you should travel to in 2018". Pastinya salah satu tujuan utama turis adalah Himalaya. Perusahan tur memang menyediakan jasa trek, tapi karena harganya biasanya mahal, Indietravel mengatakan bahwa sangat mungkin untuk melakukannya sendiri dengan biaya di bawah $30 per hari (jika kamu bersedia tidur dan makan di rumah teh di sepanjang jalur trekking). Namun bagi yang tidak terlalu antusias naik gunung, ada hal lain yang bisa dilakukan termasuk bersafari di hutan, kayaking di sekitar danau Phewa, dan mengunjungi berbagai kuil di Kathmandu. 

3. TALLINN, ESTONIA

Dari sekian negara di dunia ini, ibukota Estonia ini menjadi tujuan nomor satu yang direkomendasikan oleh Lonely planet. Jika tahun 2018 nanti kamu masih aktif di Instagram, negara Eropa Timur ini wajib menjadi masuk ke dalam bucket list. Biaya penginapannya sangat terjangkau, dan kamu bisa menikmati (dan memotret) pemandangan Laut Baltik, kota tua, dan deretan truk makanan (dijamin murah)—dan semua objek ini cantik sehingga dijamin memperindah Instagrammu. 

4. SRI LANKA

Menurut Jessica Bisesto, senior editor TravelPirates, kepada Reader's Digestnegara kepulauan ini menyajikan segala hal bagi wisatawan dengan harga miring. Cuacanya hangat (isi kopermu pun bisa lebih ringan), pemandangan super duper bagus, hotel dan Airbnbs super duper murah; bahkan hotel bintang tiga hanya $13 per malam. Belum lama makanan yang sama sekali tidak akan merampok kantongmu (cukup $9 untuk tiga kali makan). "Sri Lanka kurang dijelajahi dibandingkan negara-negara tetangganya, sepertii India dan Thailand, tapi ini berarti pengalaman yang didapat oleh pengunjung akan lebih otentik," kata Bisesto. 

5. PUEBLA, MEKSIKO