Banner

6 Kesalahan yang Bisa Membuat Pengeluaran Kamu Bengkak Saat Liburan

6 Kesalahan yang Bisa Membuat Pengeluaran Kamu Bengkak Saat Liburan
ISTOCK

Siapa yang sedang merencanakan liburan? Berapa besar anggaran yang akan kamu keluarkan di tempat liburanmu? Jika tidak ingin boros, ada baiknya untuk membaca artikel ini dengan seksama. Wajib!

Woop ingin tanya: pernah merasa tagihan kartu kredit membengkak atau uang yang dikeluarkan saat liburan tidak sesuai dengan anggaran yang sudah kamu bikin? Sepertinya semua orang pernah merasakan hal ini. Biasanya, hal ini terjadi karena “lapar mata”. Membeli barang yang sebenarnya tidak perlu atau mencoba tempat mahal (yang sebenarnya tidak masuk dalam itinerary liburan). Huh. Boros! Saat semuanya sudah terjadi hanya penyesalan yang datang. Maka dari itu, sebelum semuanya terjadi (lagi) kepada kamu, cobalah untuk memperhatikan hal-hal berikut supaya tidak boros saat liburan:

Datang ke Restoran Mahal

Ngaku! Siapa yang sering melakukannya? Yep. Mencoba semua makanan ditempat liburan memang wajib hukumnya, tapi kamu tetap harus memilih restoran mana yang sesuai dengan kantong/anggaran pengeluaranmu. Luangkan waktu mencari jajan lokal murah dan enak yang ada disana. Mengumpulkan informasi tentang tempat makan tanpa menghabiskan anggaranmu.

Tukar Uang di Bandara

Sering dilupakan saat kita ingin berlibur keluar negeri. Menukarkan uang di bandara negara tujuan adalah hal yang salah. Sebab menukarkan uang yang dilakukan di bandara ternyata biayanya lebih mahal dibandingkan menukar uang di money changer di luar bandara. Itulah kenapa kamu sangat disarankan untuk menukar uang lebih dahulu sebelum berangkat ke bandara. Dengan begitu, tidak perlu ada biaya berlebih yang keluar yang bisa membuat anggaran perjalanan liburan membengkak.

Kelebihan Bagasi Pesawat

Membeli oleh-oleh atau barang favorit memang tidak ada salahnya. Namun, pikirkanlah berat koper yang akan kamu bawa pulang. Kesalahan ini akan berdampak pada membengkaknya anggaran perjalananmu, karena harus membayar bagasi.

Terlalu Sering Melakukan Tarik Tunai

Besaran biaya administrasi saat kamu melakukan tarik tunai di luar negeri adalah sekitar 25 ribu. Bisa hitung ‘kan, berapa besar uang yang dikeluarkan kalau kamu sering melakukan tarik tunai di luar negeri? Sekali aja sudah Rp25 ribu, apalagi tiga kali, sudah Rp75 ribu yang akan kamu keluarkan. Boros!

Tidak Membawa Botol Air Minum

Perlu kamu ketahui bahwa harga air mineral ditempat wisata itu mahal. Karena ini hal yang sepele, tapi dengan membawa botol air dari hotel atau mengisinya terlebih dahulu dapat membuat anggaran perjalananmu tidak membengkak. Alangkah baiknya untuk membawa botol minum kemanapun tujuan liburannya.

Menyewa Mobil

Berlibur berarti akan menjelajahi tempat asing. Yep, biasanya banyak dari kamu yang memutuskan untuk menyewa mobil. Namun, harga yang ditawarkan penyewaan mobil itu bisa sangat mahal. Daripada membuang-buang uang, cobalah untuk menggunakan transportasi umum yang ada disana.

Selanjutnya: anggaran yang banyak kamu keluarkan akan membuat uang tabunganmu habis dan cicilan kartu kredit membengkak. Sebelum semua itu terjadi, ketahuilah bahwa ini yang akan terjadi jika kamu selalu mencicil pembayaran kartu kreditmu.