6 Makanan yang Harus dihindari Saat Musim Hujan

6 Makanan yang Harus dihindari Saat Musim Hujan
ISTOCK

Eh, gorengan. 

Selain bermalas-malasan, apasih yang paling sering dilakukan oleh kamu? Yep, makan. Biasanya, ada saja keinginan untuk makan saat hujan datang. Apalagi makanan yang berkuah dan gorengan. Tidak bisa ditolak! Padahal, saat musim hujan kita tidak bisa menyantap makanan sembarangan lho. Karena perubahan suhu dari panas ke dingin bisa membuat kesehatan terganggu. Untuk itu, kita memerlukan banyak asupan makanan yang lebih sehat. Nah, agar tetap sehat selama musim hujan, berikut ada 6 makanan yang harus kamu hindari:

Minuman Bersoda

Perhatian-perhatian: minuman bersoda bisa mengurangi mineral dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda juga bisa mengurangi aktivitas enzim yang dapat melemahkan sistem percernaan kamu. Alih-alih meminum segelas coke, lebih baik kamu membawa botol air putih atau teh hangat. 

Produk Susu

Produk susu pilihan bisa dengan cepat kadarluasa saat cuaca lembap. Tanggal kadarluasa dapat mempengaruhi nilai gizi. Jadi, pastikan untuk memeriksa kembali produk-produk berbasis susu sebelum mengkonsumsinya. 

Gorengan 

Ah, tidak akan bisa menolaknya. Namun, saat musim hujan, sistem pencernaan kita menjadi melambat yang secara alami membuat gorengan kurang ideal untuk dikonsumsi. Sehingga, bisa menyebabkan perut buncit dan kembung. 

Seafood

Serius? Musim hujan adalah musim perkembangbiakan untuk udang dan ikan. Jadi yang terbaik adalah harus menghindari seafood selama musim hujan. Sebagai penggantinya, cobalah untuk mengonsumsi ayam dan daging kambing. Tapi jika kamu tetap ingin mengonsumsi ikan, pastikan memilih ikan yang segar dan memasaknya dengan benar. 

Sayuran

Tenang! Bukan bermaksud untuk menyuruhmu berhenti makan sayur atau makanan sehat. Tapi sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, kubis sebaiknya kamu hindari. Karena berkaitan dengan cuaca selama musim hujan yang lebih lembap, sehingga memicu tumbuhnya kuman di permukaan daun pada sayuran berdaun hijau. Apalagi jika kamu tidak mencucinya dengan bersih akan terkena diare dan penyakit perut lainnya yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. 

Jus Buah

Jus buah yang dijual dipinggir jalan adalah tempat yang sempurna untuk menjadi tuan rumah pesta lalat dan nyamuk. Selain itu, es yang digunakan dalam jus buah ini mungkin akan membawa kuman dan bakteri. 

Selanjutnya: Jika kamu adalah orang yang mengikuti tren, perhatikan tren makanan sehat di 2019 ini. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com