7 Aroma Terbaik untuk Mengurangi Stress dan Cemas Berlebih

7 Aroma Terbaik untuk Mengurangi Stress dan Cemas Berlebih
ISTOCK

Ulangi: tarik nafas dalam-dalam.

Ada banyak penyebab kita merasa tertekan: kerjaan menumpuk, kondisi keuangan yang sepertinya selalu memprihatinkan, tuntutan untuk selalu fit dan kurus, sampai Instagram (disebut sebagai media sosial terburuk untuk kesehatan mental). Alhasil, kurang produktif, konsentrasi terganggu, baperan, sakit kepala, dan sulit tidur karena masih terbayang-bayang postingan seseorang yang "terlihat selalu bahagia, sehat, suka yoga, kurus, temannya banyak, selalu makan di tempat gaul, dan sangat-modis-seperti-tanpa-usaha". Satu hal: kamu tidak sendiri. Ada banyak orang yang mengalami hal yang sama. Dan ada beberapa cara untuk membebaskan atau paling tidak meringankan bebanmu akibat tekanan media sosial. Paling gampang adalah detoks Instagram satu kali seminggu dan cara mudah lainnya: membeli minyak aromaterapi yang bisa membuat tubuh rileks dan pikiranmu tenang. 

Berikut ada tujuh aroma minyak esensial yang jitu untuk menghilangkan stress. Saran WOOP: Pikirkan yang baik dan positif saat menikmati aromanya; rumput tetangga selalu lebih hijau, tapi bukan berarti lebih sehat dan asli. Siapa tahu itu rumput artifisial! 

1. LAVENDER

Aroma lavender sering kita temukan di berbagai produk pengharum ruangan. Alasannya karena aroma bunga ini memang bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik dan menenangkan, juga meningkatkan konsentrasi, dan menghilangkan insomnia.

2. CINNAMON 

Cinnamon atau kayu manis ini memiliki khasiat anti inflamasi yang baik untuk tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menenangkan otot dan persendian setelah menjalankan aktivitas yang berat. Untuk yang sering mengantuk, minyak aroma ini bisa mengurangi rasa ngantuk. Juga memberikan dorongan energi yang positif, jika kamu sedang merasa lelah, baik mental maupun fisik.

3. CEDARWOOD 

Minyak dengan aroma kayu cedar sangat bagus untuk menghilangkan stress dan ketegangan yang mengganggu tubuh dan memiliki efek menenangkan pikiran. Secara biologis, aroma kayu cedar bisa melepaskan serotonin yang bertanggung jawab untuk menstabilkan suasana hati. Minyak esensial cedarwood juga dapat bertindak sebagai obat penenang alami, karena serotonin diubah menjadi melatonin  yang membantu mengendalikan dan mengatur pola tidur dan membawa perasaan tenang.

4. LEMON 

Buah berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya buahnya saja, minyak dengan aroma lemon bekerja dengan baik untuk menyegarkan dan mengangkat suasana hati. Hal ini dapat memberi manfaat yang baik untuk orang-orang yang menderita stres karena kelelahan, galau karena putus cinta, dan membantu menstimulasi seseorang untuk menerima hal positif dalam kehidupannya.