Suka Koleksi Buku? Ini 7 Ide Rak Buku Minimalis yang Bikin Kamu Lebih Gemar Baca!

7 Ide Rak Buku Ini Dijamin Bikin Rumah Aesthetic!
Ide Rak Buku yang Ideal

Memiliki rak buku yang ideal tentu menjadi sebuah mimpi bagi kamu para kutu buku. Nih, 7 daftar ide rak buku yang bikin kamu rajin baca!

Menjadi seseorang yang gemar dalam mengoleksi buku nampaknya pasti membutuhkan sebuah rak buku yang menarik juga mampu dalam menampung koleksi buku yang dimiliki. Hal tersebut kerap menjadi sebuah masalah bila kamu termasuk orang yang kurang terorganisir.

Banyak produk rak buku yang dijual melalui toko online maupun offline. Hal tersebut nampaknya akan membantu kamu dalam mengorganisir buku-buku kamu guna menghindari buku-buku yang terselip.

Terkait hal tersebut, berikut Woop berikan 7 ide rak buku yang cocok untuk kamu miliki guna menempatkan buku secara rapih dan membuat kamu rajin membaca buku serta menambah nilai estetika di rumah. Yuk, simak ide-idenya!

7 Ide Rak Buku Ini Dijamin Bikin Rumah Kamu Aesthetic

1. Gunakan Rak Berdiri

Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Berdiri
Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Berdiri

Rak buku satu ini cocok untuk kamu yang memiliki ruangan yang tidak terlalu luas namun memiliki buku yang lumayan banyak. Kamu bisa memiliki sebuah rak buku berdiri yang ramping, namun mampu menampung buku dengan rapih. Kamu juga dapat meletakkan sejumlah dekorasi, seperti vas bunga di atas rak berdiri tersebut demi menghasilkan rak buku yang ideal dan aesthetic.

2. Manfaatkan Lorong

Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Lorong
Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Lorong

Lorong rumah biasanya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan sepatu bagi para pengoleksi sepatu. Kamu juga bisa menggunakan lorong sebagai tempat penyimpanan koleksi buku kamu. Mengubah lorong menjadi tempat penyimpanan buku dapat kamu lakukan dengan menggunakan rak dinding melayang yang tentu akan meminimalis lorong kamu.

3. Urutkan Buku

Ide Rak Buku yang Ideal - Urutkan Buku Berdasarkan Genre
Ide Rak Buku yang Ideal - Urutkan Buku Berdasarkan Genre

Jika kamu memiliki genre buku yang bervariatif, cara memberikan label kepada rak buku kamu akan memudahkan kamu dalam menyimpan serta mencari buku. Kamu bisa mengaturnya sesuai urutan alfabet ataupun sesuai genre. Hal tersebut akan membuat kamu lebih sering membaca buku lantaran kemudahan yang kamu dapatkan sebagai hasil dari pengurutan buku di rak buku.

Baca juga : Ini 5 Rekomendasi Desain Rumah Minimalis Versi Pinterest!

4. Gunakan Rak Buku Serbaguna

Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Buku Serbaguna
Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Buku Serbaguna

Rak buku serbaguna sangat berguna untuk kamu yang menginginkan tempat penyimpanan yang multi-fungsi. Kamu dapat mendapatkan sebuah rak buku meja dua lantai yang bisa menyimpan buku kamu dengan rapih di samping tempat tidur kamu. Di atas raknya, kamu dapat meletakkan barang-barang kecil seperti kunci, dan lainnya.

5. Pasang Rak Buku di Balik Pintu

Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Buku di Balik Pintu
Ide Rak Buku yang Ideal - Rak Buku di Balik Pintu

Kamu mungkin kerap melihat rak buku yang nyatanya merupakan sebuah pintu rahasia untuk masuk ke dalam sebuah ruangan yang tertutup. Hal tersebut juga kamu bisa terapkan guna meminimalisir ruangan di rumah. Tak hanya dapat memberikan rak buku yang ideal, kamu juga dapat memiliki ruangan tersembunyi tanpa sepengetahuan para tamu.

6. Rak Buku Bawah Tangga

Rak Buku yang Ideal - Rak Bawah Tangga
Rak Buku yang Ideal - Rak Bawah Tangga

Salah satu ide rak buku ini dapat kamu terapkan jika kamu memiliki rumah yang tingkat. Kamu dapat memanfaatkan ruang bawah tangga yang kosong dengan membuat sebuah rak buku. Kamu juga bisa melengkapi dengan laci penyimpanan barang di bawah rak buku tersebut guna meminimalisir tempat penyimpanan di rumah.

7. Buat Desain Rak Buku yang Unik

Ide Rak Buku yang Ideal - Custom Rak Buku
Ide Rak Buku yang Ideal - Custom Rak Buku