7 Inovasi Teknologi Super Canggih yang Wajib Kamu Tahu

7 Inovasi Teknologi Super Canggih yang Wajib Kamu Tahu
ISTOCK

Salah satunya: manusia menjadi abadi. 

Selain makeup, ada satu topik yang juga menarik dibicarakan saat ini: inovasi teknologi yang akan membuat kepalamu meledak—dalam arti yang harfiah. Dari sekian banyak produk super canggih dan super rumit yang dikerjakan oleh para ilmuwan di dunia, ini beberapa yang perlu kamu tahu. 

1. KOTA MENGAPUNG

Teknologi satu ini berada beberapa level di atas pasar mengapung. Tahun lalu, The Seasteading Institute, sebuah organisasi nirlaba yang memfasilitasi pembangunan komunitas di atas air, diberikan ijin oleh pemerintah French Polynesia untuk mendirikan prototipe sebuah kota mengapung yang berisikan satu lusin bangunan sebelum 2020. Bahkan Institut ini berharap bisa menambahkan ribuan kota mengapung—beberapa dilengkapi dengan arena golf—per 2050. 

2. LOMBA MEMBUAT ROKET DAN KE LUAR ANGKASA

Jika kamu rajin berselancar di media sosial, kemungkinan besar sudah menonton (dan mungkin ternganga-nganga) dengan keberhasilan peluncuran SpaceX, salah satu proyek kesayangan Elon Musk. Tidak mau kalah, Jeff Bezos, CEO Amazon dengan proyek Blue Origins-nya, juga sedang membangun reusable rocket-nya. Destinasinya? Luar angkasa, tapi keduanya juga berambisi untuk menapakkan jejak di Mars dan membuat manusia menjadi spesies interplenatari. Asyik, bisa berlibur ke Venus!

3. PENGEDITAN GEN-IUS

Agak sulit menyebutnya: Crispr, yakni sebuah teknik yang memampukan para ilmuwan mengedit gen dengan murah, cepat dan tepat. Pertama kali digunakan pada DNA manusia di tahun 2013 dan terus berkembang. Tahap berikutnya adalah menggunakannya untuk menyembuhkan penyakit manusia. Di Tiongkok misalnya, para ilmuwan sudah menggunakan teknik editing pada 86 pasien yang menderita kanker dan HIV. Penasaran prosesnya? Yang pasti melibatkan proses mengambil sel-sel imun dari pasien, mengedit DNA mereka, lalu mentranfusinya kembali ke dalam darah pasien. Sederhana, 'kan?

4. MOBIL TERBANG

Film Back to the Future membayangkan tahun 2015 dunia sudah dipenuhi mobil yang berseliweran di langit. Prediksi tersebut sepertinya akan benar-benar menjadi kenyataan pada 2020 (lima tahun lebih lama) dengan Los Angeles, Dallas dan Dubai sedang bekerja keras untuk menciptakan aplikasi taksi dengan moda transport: mobil terbang. Uber pun tidak mau ketinggalan—perusahaan ini bersama Nasa sedang mengerjakan sistem kontrol lalu lintas udara baru. Di London contohnya, Airbus Helicopter akan segera mengujicobakan taksi terbang dan diharapkan akan menjadi bagian dari transportasi resmi per 2023. Namun, untuk sementara rutenya akan tetap sesuai penerbangan komersial biasa—jadi langit belum akan macet. Bulan lalu, sebuah protetipe taksi terbang rakitan Airbus Silicon Valley, Vahana VTOL, diujicobakan... dan berhasil terbang selama kurang dari satu menit, tanpa pilot. 

5. CHIP DI OTAK