7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruang Tamu Tidak Nyaman dan Aneh

7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruang Tamu Tidak Nyaman dan Aneh
ISTOCK

Cat putih tidak selalu pilihan yang tepat.

Dengan keberadaan media sosial kemungkinan besar kamu memiliki cukup banyak pengetahuan, tips dan trik tentang mendekorasi rumah. Namun, ruang tamu yang bergaya dan nyaman juga tergantung pada banyak detail, yang seringkali terlewatkan oleh kita—padahal kesalahannya tepat di depan mata! Untungnya, kekeliruan ini bisa diperbaiki dengan cepat dan mudah. Berikut beberapa kesalahan yang sering kita lakukan—dan luput dari perhatian—saat menata ruang tamu. 

1. Pintu masuk penuh dengan ini-itu

Seringkali pemilik rumah melakukan ini: meletakkan sebuah tanaman besar tepat di dekat pintu sehingga proses masuk ke dalam rumah melibatkan dorong-mendorong, geser-menggeser. Jadi, pastikan lokasi di sekitar pintu masuk rumah bersih, rapi, dan bebas dari gangguan; ini juga membuat para tamu merasa disambut dengan tangan terbuka. 

2. Tidak ada ruang kosong

Saking banyaknya barang kesayangan yang diletakkan di ruang tamu, hanya tersisa 10 cm untuk bergerak. Ingat aturan ini: seharusnya ada ruang kosong sekitar satu meter di sekitar ruangan untuk memastikan kamu bisa bergerak dan berpindah tanpa harus memecahkan gelas atau merayap di dinding. 

3. Furnitur langsung menyentuh lantai

Sofa, meja, atau kursi yang langsung menyentuh lantai, bisa membuat ruang tamu terlihat aneh dan mengganggu distribusi energi baik. Oleh karena itu, pilihlah furnitur yang memiliki kaki agar ruangan terasa lebih terbuka. 

4. Posisi karpet "nanggung"

Karpet memang bisa mentransformasi sebuah ruang tamu. Hanya perhatikan bagaimana memposisikannya dengan tepat; hanya ada dua pilihan: meletakkan seluruh kaki kursi di dalam karpet atau di luar karpet sekaligus (jangan terlalu jauh, ujung kaki sofa harusnya masih menyentuh ujung karpet). Pilih salah satu. Lalu, jangan biarkan ujung karpet mencapai jalur jalan agar tidak ada yang tersandung! 

5. Proporsi galeri foto yang tidak seimbang