7 Makanan Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir

7 Makanan Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir
ISTOCK

Mulai dari kentang, melon, sampai sandwich.

Di dalam hati: "Pokoknya gue harus melakukan ini sebelum mati." Sedikit seram pernyataannya, tapi pasti kita pernah berjanji seperti itu ke diri sendiri; entah itu harus traveling kemana, harus mencoba kegiatan ekstrim yang bikin jantung copot, atau harus berkencan dengan siapa. Padahal, kalau dipikir-pikir, sesuatu yang harus kita LAKUKAN sebelum kematian menjemput adalah: mengunjungi dokter dan mengecek kesehatan. 

Namun, untuk menghibur diri, satu lagi hal yang perlu ditambahkan dari daftar "harus dilakukan sebelum maut menjemput": mencoba makanan termahal di dunia.* Beberapanya adalah ini:

*syarat dan ketentuan berlaku: jika punya duit lebih, sedang iseng, cuma itu yang tersedia, atau salah pesan.

1. La Bonnotte Potatoes

Minta maaf sebelumnya kepada yang sedang diet karbo, tapi kentang satu ini istimewa. Namanya La Bonnotte, berwarna kuning, berbentuk kecil, bercita rasa asin, berasal dari pulau kecil bernama Noirmoutier di Perancis, dan disebut-sebut sebagai kentang termahal di dunia. Kentang La Bonnotte ini hanya tumbuh di tanah pesisir yang kaya mineral, dan memiliki tekstur yang mudah rapuh sehingga harus dirawat dengan sangat hati-hati. Saking rapuhnya, kentang ini dijual seharga 6-7 juta Rupiah per kilogram.

2. La Esmeralda Especial Coffee

Panggilan untuk pencinta kopi dan sedikit bosan dengan rasa kopi Americano, sepertinya kamu wajib mencoba Esmeralda Especial. Terdengar mirip dengan tokoh soap opera, kopi ini berasal dari salah satu negara di Amerika Tengah, Panama. Konon sangat wangi, ada rasa prosecco, sedikit jahe, myere lemon, champagne, melati, bergamot, dan orange blossom. Harga: ratusan dollar AS per pon. 

3. Da-Hong Pao Tea

Satu ini untuk pecinta teh: Da Hong Pao, yang artinya jubah besar merahIni adalah teh oolong yang tumbuh di tanah yang berbatu dan kaya mineral di Pegunungan Wuyi, China. Menurut legenda, ibu dari kaisar dinasti Ming disembuhkan dari sakitnya berkat teh ini, dan bahwa kaisar tersebut kemudian mengirimkan jubah merahnya untuk melindungi empat semak belukar tempat asal teh ini. Tanaman teh ini menjadi sangat langka, sehingga sisanya kemudian diasuransikan senilai 100 juta Yuan dan dilarang dicabut. Produksi teh terakhir dari tahun 2006 disimpan di National Palace Museum. 

4. Pule Cheese

Keju Pule ini berasal dari Serbia, berwarna putih dan dibuat dari susu keledai Balkan yang hampir punah. Rasanya? Untuk harga 14 jutaan Rupiah per kilogram, harusnya jauuuh lebih enak daripada camembert atau mozarella biasa.