7 Tanaman 'Ajaib' yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak

7 Tanaman Ajaib yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak
ISTOCK

Apakah kamu sering mengalami sulit tidur? Jika iya, ada cara untuk membuat kamu tidur nyenyak dengan meletakkan tanaman-tanaman ini di kamar kamu.

Banyak orang yang menganggap tidur adalah hal yang sepele. Padahal, tidur yang nyenyak memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sehingga kita pun harus menjaga kualitas tidur. Ada banyak cara untuk membuat tidurmu nyenyak, salah satunya dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman dan asri. Bagaimana caranya? Yep, biasanya banyak dari kita yang menggunakan tanaman hias untuk mendapatkannya. Yang perlu kita ketahui, ada beberapa jenis tanaman yang bisa membawa efek menenangkan agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

LAVENDER

img

Yep, banyak orang menggunakan lavender sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Selain itu, lavender juga memiliki aroma yang menenangkan, dan mampu mengurangi kecemasan dan insomnia. Sebuah penelitian di University of Southampton, Inggris menunjukkan orang yang tidur sambil mencium aroma lavender memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Peneliti menemukan bukti bahwa lavender meningkatkan gelombang lambat pada otak saat tidur. Artinya, tidur jadi lelap dengan detak jantung yang melambat dan otot merileks. Saat bangun pun kamu cenderung jadi lebih bersemangat dan produktif.

LIDAH BUAYA

img

Tanaman ini menjad tanaman super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain bisa dijadikan makanan, minuman, dan obat, lidah buaya ternyata dapat membantu melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Karena lidah buaya dapat mengeluarkan oksigen di malam hari dan juga dikenal sebagai antiradang yang juga dapat menghilangkan bahan kimia yang mencemari udara kamar.

SANSEVIERIA/LIDAH MERTUA

img

Tidak hanya lidah buaya saja, sansevieria/lidah mertua mampu mengeluarkan oksigen di malam hari. Secara bersamaan tumbuhan ini juga mengambil karbon dioksida dari kamar dan menyaring senyawa jahat dari udara termasuk formalin dan benzena. Dengan kata lain, tanaman untuk kamar ini mampu membersihkan udara sehingga tidur kamu tidak akan terganggu dengan berbagai bau-bauan yang tercium. Tanaman ini juga sangat ideal untuk orang-orang yang memiliki alergi berat, dan asma.