Punya Kamar Tidur yang Kecil? Ini 7 Tips Agar Kamar Terlihat Lebih Luas

7 Tips Bikin Kamar Tidur Kecil Terlihat Luas
(homedecorbliss.com)

Memiliki kamar kecil kerap membuat sesak ketika tak diatur dengan baik. Yuk, intip tips agar kamar tidur kecil terlihat lebih luas!

Memiliki kamar tidur dengan ukuran yang kecil kerap menjadikan seseorang merasa kurang nyaman, terlebih dengan orang-orang yang mengidap fobia terhadap ruangan kecil. Kamar tidur yang kecil akan membuat mu merasa sesak dan kurang akan ruang kosong.

Dalam permasalahan ini, banyak orang yang melakukan dekorasi ulang terhadap kamar kecil mereka. Dekorasi ulang ini tentunya perlu memperhatikan sejumlah aspek guna membuat kamar kecil terlihat lebih luas dan memiliki banyak ruang kosong di dalamnya.

Untuk itu, berikut adalah 7 tips untuk membuat kamar tidur yang kecil terlihat lebih luas dengan melakukan cara-cara berikut.

Tips Membuat Kamar Tidur Kecil Terlihat Luas

1. Warna Dinding yang Terang

Gunakan warna dinding yang terang (cocolapinedesign.com)
Gunakan warna dinding yang terang (cocolapinedesign.com)

Menggunakan warna yang terang nyatanya akan membuat sebuah kamar tidur terlihat jauh lebih besar dan luas dibandingkan dengan menggunakan warna yang cenderung gelap. Hal tersebut disebabkan oleh warna gelap yang akan menyerap cahaya lampu sehingga ruangan akan terlihat kecil.

Kamu bisa mengecat kamar tidur mu yang kecil dengan menggunakan warna putih (paling direkomendasikan) dan atau warna terang lainnya.

2. Cat Langit-langit dengan Warna Gelap

Cat langkit-langit dengan warna gelap (decoist.com)
Cat langkit-langit dengan warna gelap (decoist.com)

Cara lain untuk membuat kamar tidur yang kecil terlihat lebih luas adalah dengan mengecat langkit-langit pada ruangan dengan warna yang gelap.

Dengan menggunakan warna yang gelap pada langit-langit, maka mata manusia akan bermain dengan ilusi dan memberikan kesan yang luas, sekalipun kamu memiliki langit-langit yang sedang atau tidak tinggi.

Kamu bisa mendekorasikan langit-langit kamar mu dengan gambar langit di malam hari.

3. Gantungkan Cermin Besar di Dinding Kamar

Cermin yang besar (thediyplaybook.com)
Cermin yang besar (thediyplaybook.com)

Cermin merupakan salah satu dekorasi yang wajib dimiliki oleh tiap kamar, terlebih untuk kamu yang memiliki kamar tidur yang cenderung kecil.

Cermin diketahui memiliki fungsi untuk melihat refleksi diri kita ketika kita ingin mengatahui bagaimana penampilan kita. Tak hanya itu, menempatkan cermin besar di dinding kamar yang kecil dipercaya dapat membuat kamar terlihat lebih luas.

Dengan adanya cermin besar yang memantulkan refleksi ruang pada kamar, maka mata akan terperangkap dalam ilusi dan melihat kamar kecil yang kamu miliki terlihat lebih besar dibandingkan aslinya.

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Paling Populer Untuk Dekorasi Rumahmu

4. Gunakan Furnitur yang Berkaki

Gunakan furnitur berkaki (naturalbedcompany.co.uk)
Gunakan furnitur berkaki (naturalbedcompany.co.uk)

Jenis furnitur yang memiliki kaki, seperti meja atau kursi, akan membuat kamar terlihat memiliki banyak ruang kosong. Kamu bisa menghindari furnitur yang berat di dalam kamar agar kamar terlihat lebih luas dan besar.

Gunakan furnitur yang pendek dibandingkan furnitur yang tinggi agar kamar tidak terlihat sempit.

5. Gunakan Kasur yang Pendek

Gunakan kasur yang pendek (pinterest.com)
Gunakan kasur yang pendek (pinterest.com)

Untuk membuat kamar kecil terlihat luas, kamu bisa menggunakan tempat tidur yang pendek. Kamu bisa menggunakan rak tempat tidur yang pendek dan berkaki, atau kamu bisa menempatkan kasur langsung di lantai.

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruang Tamu Tidak Nyaman dan Aneh

6. Gunakan Lampu Gantung atau Dinding

Lampu gantung (pinterest.com)
Lampu gantung (pinterest.com)

Cara lain untuk membuat kamar tidur yang kecil terlihat luas adalah dengan menggunkan lampu gantung. Menggunakan lampu gantung atau lampu dinding akan lebih meminimalisir ruang kosong dibandingkan menggunakan lampu yang berkaki.

Hal tersebut disebabkan adanya ilusi yang diberikan pada cahaya lampu yang memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Lampu dinding yang dapat diatur panjangnya akan lebih memudahkan kamu ketika hendak membaca di malam hari.

7. Gunakan Rak Gantung

Rak gantung (pinterest.com)
Rak gantung (pinterest.com)

Tips terakhir untuk membuat kamar tidur kecil terlihat luas adalah dengan menggunakan penyimpanan rak gantung. Dinding yang kosong dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Selain rak gantung, kamu juga bisa menggunakan built-in storage, seperti salah satunya adalah built-in storage sebagai rak tempat tidur.

Selanjutnya: