9 Cara Efektif Meredakan Stress

9 Cara Efektif Meredakan Stress
ISTOCK

Tidur, makan, tidur, makan.

Deadline yang makin dikejar waktu, jerawat yang muncul tiba-tiba, atau cinta yang ditolak, itu bisa menjadi salah satu alasan kenapa kamu stress. Tidak berakhir di situ, stress lalu menjadi penyebab banyak hal, mulai dari pusing, tidak bisa tidur, susah makan, sampai susah buang air besar. Untungnya, stress bisa diatasi dan disembuhkan. Beberapa di antaranya: 

1. Mendengarkan Musik

Kalau kamu memang benar-benar sedang penuh tekanan, cobalah beristirahat dan mendengarkan musik. Mendengarkan musik memiliki efek positif untuk otak dan tubuh, bisa menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, yaitu hormon yang berhubungan dengan stress.

2. Bercerita kepada Teman

Cara lain adalah dengan berbicara kepada teman yang bisa dipercaya dan menceritakan apa yang kamu alami. Inilah gunanya memiliki teman baik dan lingkungan yang sehat. 

3. Berbicara kepada Diri Sendiri

Jika curhat kepada teman bukan opsi atau tidak menyelesaikan masalah, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri. Selidiki lebih dalam alasan di balik kondisimu dan pertimbangkan jalan keluar. Mungkin jika orang lain mendengar, mereka bisa berpikiran ada yang salah dengan dirimu. Namun, yang terpenting adalah menemukan jalan keluar, dan akhirnya bisa kembali tersenyum.

4. Makan yang Benar

Ternyata tingkat stress dan diet yang tepat hubungannya tak terpisahkan. Saat sedang mengalami tekanan, kita sering lupa makan. Belum lagi, lebih memilih makanan yang manis. Memang lebih gampang mengatakan daripada melakukan, tapi cobalah untuk menghindari (atau paling tidak mengurangi) asupan si manis dan beralih ke "si manis lain" seperti sayuran dan buah-buahan. Ataupun mau mengemil, coklat hitam saja. Ikan juga menjadi pilihan tepat karena banyak mengandung asam lemak omega-3 dan telah terbukti mengurangi gejala stres.

5. Tertawa